Page 4 of 5

Re: Rangka tusuk sate, 40 gr

Posted: 23 Mar 2010, 13:34
by iwan21
dion wrote:hebat ni wingloading bisa sampe 7gr / dm² keren banget suhu


utk kelas imoet series saya ngejar sekitar 5 sampe 9 gr/dm2 om, gak kayak si Na**ku yg keberatan heheheheheee

Re: Rangka tusuk sate, 40 gr

Posted: 23 Mar 2010, 13:46
by yagus
iwan21 wrote:
dion wrote:hebat ni wingloading bisa sampe 7gr / dm² keren banget suhu


utk kelas imoet series saya ngejar sekitar 5 sampe 9 gr/dm2 om, gak kayak si Na**ku yg keberatan heheheheheee

nyoba pinjem..penginya ngebutttt trus. ni pesawat mini ato pesawat gede..*Na**ku. :)

Re: Rangka tusuk sate, 40 gr

Posted: 26 May 2010, 10:24
by fajrisalim
iwan21 wrote:
dion wrote:hebat ni wingloading bisa sampe 7gr / dm² keren banget suhu


utk kelas imoet series saya ngejar sekitar 5 sampe 9 gr/dm2 om, gak kayak si Na**ku yg keberatan heheheheheee


memang suhu yang satu ini, tusuk sate aja bisa terbang. btw kalo pesawat dengan WS 1m wingloadingnya berapa suhu? maaf kalo udah pernah ada yang bahas

Re: Rangka tusuk sate, 40 gr

Posted: 26 May 2010, 13:01
by iwan21
Wing loading tergantung jenis pesawat om, utk saya sendiri patokannya sebagai berikut :
1. indoor/micro , wingloading 10 s/d 15 gr/dm2
2. slow flyer/trainer , 20 s/d 25 gr/dm2
3. sport, , 25 s/d 35 gr/dm2

itu angka2 diatas dipake di elektrik aja om, kalu utk engine bisa lebih gede lagi angkanya

Re: Rangka tusuk sate, 40 gr

Posted: 28 May 2010, 10:36
by KBSantoso
iwan21 wrote:Wing loading tergantung jenis pesawat om, utk saya sendiri patokannya sebagai berikut :
1. indoor/micro , wingloading 10 s/d 15 gr/dm2
2. slow flyer/trainer , 20 s/d 25 gr/dm2
3. sport, , 25 s/d 35 gr/dm2

itu angka2 diatas dipake di elektrik aja om, kalu utk engine bisa lebih gede lagi angkanya


Suhu....,
Kalo menghitung wingloading itu = berat pesawat : luas sayap
Pertanyaan saya, luas sayapnya itu dihitung berdasarkan proyeksi vertikal atau luas kulit sayapnya??
Gampangnya begini, penampang airfoil kan biasanya melengkung kita hitung luasnya=span x chord atau span x panjang lengkungan airfoil?
Trus masih bingung juga, luasnya sayap itu permukaan atas dan bawah?? Atau luas permukaan atas saja??

Kemarin iseng2 hitung wingloadingnya pesawat 3D dengan berat 4kg, wingspan 200 cm, dapet wingloadingnya 51gr/dm2. Saya hitungnya dari gambar plan pesawat tersebut. kira-kira betul ga hitungan saya??

Trimakasih...

KBS

Re: Rangka tusuk sate, 40 gr

Posted: 28 May 2010, 10:40
by Syafik
iwan21 wrote:Wing loading tergantung jenis pesawat om, utk saya sendiri patokannya sebagai berikut :
1. indoor/micro , wingloading 10 s/d 15 gr/dm2
2. slow flyer/trainer , 20 s/d 25 gr/dm2
3. sport, , 25 s/d 35 gr/dm2

itu angka2 diatas dipake di elektrik aja om, kalu utk engine bisa lebih gede lagi angkanya

boleh tau untuk mendapatkan angka2 diatas, yg dipake acuannya gimana om apakah dengan ukuran wing atau ukuran fuselage atau perbandingan berat... thanks

Re: Rangka tusuk sate, 40 gr

Posted: 28 May 2010, 12:46
by christoffel
hanya luas proyeksi sayap pada bidang XY saja bro ...

Re: Rangka tusuk sate, 40 gr

Posted: 05 May 2012, 21:57
by adityabizz
om iwan,tusuk sate nya pke motor 1 aja bisa mabur ga ya?

Re: Rangka tusuk sate, 40 gr

Posted: 05 May 2012, 22:27
by iwan21
adityabizz wrote:om iwan,tusuk sate nya pke motor 1 aja bisa mabur ga ya?


ini ada modelnya , buatan om Nomind:

viewtopic.php?f=46&t=10927

Re: Rangka tusuk sate, 40 gr

Posted: 05 May 2012, 22:34
by adityabizz
iwan21 wrote:
adityabizz wrote:om iwan,tusuk sate nya pke motor 1 aja bisa mabur ga ya?


ini ada modelnya , buatan om Nomind:

viewtopic.php?f=46&t=10927

yg punya om nomind pke motor gedhe yak?soalnya saya ada motor imut" juga,ama girboknya,skalian mikro servonya, kali aja bisa jadi kembarannya.... :ngl :ngl