esc align trex 450 mati diatas

Diskusi tentang heli elektrik

Moderators: Budiman, irsansaputra

User avatar
Ilpams
Airman
Airman
Posts: 33
Joined: 15 Sep 2010, 22:28

Re: esc align trex 450 mati diatas

Post by Ilpams »

maaf numpang nanya...kalau sy mengukur tortle curve dr guncangan heli...jd kalau heli berguncang agak lambat pada saat hover sy anggap heli kurang rpm...tp kalau heli berguncang cepat atau bergetar sy anggap kelebihan rpm,apakah cara sy udah tepat??dan apakah pinion berpengaruh terhadap panas esc...sy kurang mengerti apa fungsi pinion ada yg 13T,11T...dan pinion yg lainX kalau di ganti2.
User avatar
Budiman
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1263
Joined: 17 Jan 2007, 15:27
Location: bekasi-surabaya
Contact:

Re: esc align trex 450 mati diatas

Post by Budiman »

Kalo Mas Syafik si..pensiun dari kelas 450..wong beliau maen helinya aja lebih lama dari saya ... :shy ....

@ Mas Ilpam,
Kalo heli bergoncang/bergetar artinya pitch main blade out of track ato main blade tidak ballance ato main shaft bengkok, dsb..
Sedangkan jika heli mengangguk-angguk, ini baru dinamakan kekurangan headspeed...:)...

@ Pak budi.santoso
Pak, mohon pencerahan soal jumlah teeth pada pinion dengan ka-ve motor... :thx ..
beliau lebih jeli soal ini..sedangkan saya udah lupa2 ingat ne... :flu

salam,
budiman
User avatar
Syafik
Major General
Major General
Posts: 4021
Joined: 22 Jan 2007, 13:24
Location: Gresik - Surabaya
Contact:

Re: esc align trex 450 mati diatas

Post by Syafik »

andreansyah wrote:
Syafik wrote:itulh seninya rc helicopter, terbang dan setting menjadi satu kesatuan yg saling mendukung tapi sayangnya skrg sudah tidak merasakan nikmatnya terbang heli krn udah gak punya.
yang saya tau helii treex450 hanya punya spek esc 35A, mestinya itu sdh dipertimbangkan pabrikkan sesuai kapsitas arus yg dibutuhkan asalkan setting udah pas pasti hasilkanya mantap.

sekedar ikutan diskusi...

bukan mas syafik masih ono tre 450 antiknya mas

masih nyimpan versi non ccpm om... yang plastik tapi hanya bangkainya (kit aja) buat pajangan
User avatar
budi.santoso
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 506
Joined: 09 Jul 2007, 23:25
Location: Jakarta
Contact:

Re: esc align trex 450 mati diatas

Post by budi.santoso »

Ilpams wrote:maaf numpang nanya...kalau sy mengukur tortle curve dr guncangan heli...jd kalau heli berguncang agak lambat pada saat hover sy anggap heli kurang rpm...tp kalau heli berguncang cepat atau bergetar sy anggap kelebihan rpm,apakah cara sy udah tepat??dan apakah pinion berpengaruh terhadap panas esc...sy kurang mengerti apa fungsi pinion ada yg 13T,11T...dan pinion yg lainX kalau di ganti2.


@ pak Budiman: Loh..koq sy yg didaulat utk menjelaskan nih?
Hmm,, pusing juga nih aku jadinya. Soalnya bukan guru. Tau sih tau tapi kalo guru itu punya bahasa sendiri utk menjabarkannya. Sebab tidak semua org itu bisa jadi guru. Guru itu suatu bakat juga.. Aduuh,, :pyg malah ngelantur niih.

Saya coba bantu ya utk bro Ilpams:
Khususnya utk kata2 yg sy beri warna merah. Saya coba menjabarkan dgn bahasa awam saja ya?
Hubungan pinion dgn panas ESC, bak ibarat bro start sepeda motor lalu mau jalan. Kan hendaknya menggunakan gigi 1 dulu tooh? Naah bagaimana kalo langsung menggunakan gigi 2 atau 3? Motor gak kuat jalan toh? Mati kan? Naah itu berarti beban engine(motor) pada tarikan/putaran awal mendapatkan beban yg sangat berat/besar sekali *)sama yg seperti pak iwan21 katakan di page 2.
Nah..jadi kalo beban motor itu berat maka efeknya ke esc juga bro krn motor akan memerlukan arus yg lebih besar lagi utk menerima beban besar tsb.
Kalo esc tidak sanggup menyuplai arus sesuai dgn permintaan motor ya esc akan otomatis panas bro alias kelebihan beban. Ini sy sebut sebagai point 1.
Begitulah kira2 jabaran sy lewat bahasa awamnya.

Untuk kata2 yg sy beri warna biru:
Nah soal kenapa koq perlu adanya 13T, 11T dst-nyaaa ya itu tadi. Fungsinya kalo bro mau custom, merubah dr spek yg sudah ada(bawaan pabrik). Misalnya mau ganti motor, merubah kv-nya dari kv bawaan ke kv yg lebih besar atau ke kv yg kecil. Ini sy sebut point 2.
Yang perlu diingat disini adalah kv disini adalah RPM (jumlah rotasi permenit). Dan satu hal lagi, kalo motor dgn kv rendah berarti torque-nya besar tp RPM rendah. Kalo kv tinggi berarti torque kecil tp RPM tinggi.

Hubungan point 1 dan point 2.
Balik ke intinya, jadii supaya masalah pada point 1 bisa teratasi maka dilakukan point 2 bro.. Yaitu dgn meng-custom(mengganti) pinion motor tersebut dengan harapan memperkecil beban yg harus diterima oleh motor dgn memainkan perbandingan antara jumlah gigi pada pinion dan jumlah gigi pada main gear atau istilah teknisnya disebut Gear Ratio.

Sekian jabaran dari saya. Mudah2an gak ngelantur atau bikin tambah puyeng.. :pis


Salam,
User avatar
Ilpams
Airman
Airman
Posts: 33
Joined: 15 Sep 2010, 22:28

Re: esc align trex 450 mati diatas

Post by Ilpams »

ia Om...sy masih bingung...maklum otak sy kurang encer...hehe,jd maksud Om kalau KV di naikkan (3800 kv) jumlah gigi pinion di kecilin trus kalau KV di rendahkan (3200 kv) jumlah gigi pinion di banyakin,betul ya Om???
sebenarX tingkat panas esc yg standar itu kayak gimana???apakah kalau di pegang terasa panas seperti mie instan yg baru di rebus atau panas suam2 kuku atau hangat???kalau pakai derajat celsius kira2 brp panasX??? :pyg
User avatar
Budiman
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1263
Joined: 17 Jan 2007, 15:27
Location: bekasi-surabaya
Contact:

Re: esc align trex 450 mati diatas

Post by Budiman »

budi.santoso wrote:
Ilpams wrote:maaf numpang nanya...kalau sy mengukur tortle curve dr guncangan heli...jd kalau heli berguncang agak lambat pada saat hover sy anggap heli kurang rpm...tp kalau heli berguncang cepat atau bergetar sy anggap kelebihan rpm,apakah cara sy udah tepat??dan apakah pinion berpengaruh terhadap panas esc...sy kurang mengerti apa fungsi pinion ada yg 13T,11T...dan pinion yg lainX kalau di ganti2.


@ pak Budiman: Loh..koq sy yg didaulat utk menjelaskan nih?
Hmm,, pusing juga nih aku jadinya. Soalnya bukan guru. Tau sih tau tapi kalo guru itu punya bahasa sendiri utk menjabarkannya. Sebab tidak semua org itu bisa jadi guru. Guru itu suatu bakat juga.. Aduuh,, :pyg malah ngelantur niih.

Saya coba bantu ya utk bro Ilpams:
Khususnya utk kata2 yg sy beri warna merah. Saya coba menjabarkan dgn bahasa awam saja ya?
Hubungan pinion dgn panas ESC, bak ibarat bro start sepeda motor lalu mau jalan. Kan hendaknya menggunakan gigi 1 dulu tooh? Naah bagaimana kalo langsung menggunakan gigi 2 atau 3? Motor gak kuat jalan toh? Mati kan? Naah itu berarti beban engine(motor) pada tarikan/putaran awal mendapatkan beban yg sangat berat/besar sekali *)sama yg seperti pak iwan21 katakan di page 2.
Nah..jadi kalo beban motor itu berat maka efeknya ke esc juga bro krn motor akan memerlukan arus yg lebih besar lagi utk menerima beban besar tsb.
Kalo esc tidak sanggup menyuplai arus sesuai dgn permintaan motor ya esc akan otomatis panas bro alias kelebihan beban. Ini sy sebut sebagai point 1.
Begitulah kira2 jabaran sy lewat bahasa awamnya.

Untuk kata2 yg sy beri warna biru:
Nah soal kenapa koq perlu adanya 13T, 11T dst-nyaaa ya itu tadi. Fungsinya kalo bro mau custom, merubah dr spek yg sudah ada(bawaan pabrik). Misalnya mau ganti motor, merubah kv-nya dari kv bawaan ke kv yg lebih besar atau ke kv yg kecil. Ini sy sebut point 2.
Yang perlu diingat disini adalah kv disini adalah RPM (jumlah rotasi permenit). Dan satu hal lagi, kalo motor dgn kv rendah berarti torque-nya besar tp RPM rendah. Kalo kv tinggi berarti torque kecil tp RPM tinggi.

Hubungan point 1 dan point 2.
Balik ke intinya, jadii supaya masalah pada point 1 bisa teratasi maka dilakukan point 2 bro.. Yaitu dgn meng-custom(mengganti) pinion motor tersebut dengan harapan memperkecil beban yg harus diterima oleh motor dgn memainkan perbandingan antara jumlah gigi pada pinion dan jumlah gigi pada main gear atau istilah teknisnya disebut Gear Ratio.

Sekian jabaran dari saya. Mudah2an gak ngelantur atau bikin tambah puyeng.. :pis


Salam,


Bravo,Pak budi.santoso... :thx ....terimakasih...

@Mas Ilpam,
Maksud dari penjelasan Pak budi.santoso adalah sebagai berikut :
motor dengan kv sekian dari pabrik, sudah ditentukan bahwa sekian RPM per voltage (tegangan). Artinya motor akan membutuhkan tegangan sekian volt dari ESC untuk meng-handling load. Sedangkan load ini kadang tidak bisa kita prediksi, sehingga motor yg sudah ditentukan RPM per volt nya, ini malah mengalami kesusahan saat memutar beban di awal2nya yaitu starting time dan seterusnya...Jika motor mengalami masalah dengan hal tersebut,maka motor akan menjadi panas, dan berujungnya adalah ESC juga, kemudian LiPo...tiga komponen ini mengalami overloaded pada saat yg bersamaan.
Oleh karena itu utk menghindari hal tersebut, maka motor diberikan pinion dengan jumlah teeth yg lebih sedikit, sehingga RPM per volt nya ato Kv ini menurun sedikit, namun motor mampu menghasilkan torque yg lebih besar.Sehingga motor , ESC dan LiPo tidak mengalami over loaded (kelebihan beban). Torque dan speed adalah berkebalikan terhadap beban...speed tinggi, torque rendah....torque tinggi, speed rendah....sudah menjadi hukum alam ..

Masalah seberapa panasnya ESC sendiri, ini sangat relatif..saya belum perna ukur..namun pada pengoperasian normal ,ESC tetap akan terus melepas panas...ini adalah normal...ESC yg benar adalah memiliki fasilitas temperature cut-off...namun terkadang fasilitas ini juga tidak berfungsi..sehingga tiba2 ber-asap begitu aja...
ESC dilengkapi plat pendingin yg ber-kisi2, yg kita sebut sebagai heat-sink...heat-sink ini akan melepas panas yg ditimbulkan oleh ESC..oleh karena itu kita harus upayakan :
- heat-sink ini benar2 ter-expose dengan aliran udara dari main blade
- sekali lagi,sudut mekanikal main blade dan throttle ...utamanya throttle, harus memadai dan tertib
- kemudian, gear mesh antara pinion gear dengan main gear.



salam,
budiman
User avatar
Ilpams
Airman
Airman
Posts: 33
Joined: 15 Sep 2010, 22:28

Re: esc align trex 450 mati diatas

Post by Ilpams »

ooooh....ya ngerti skr...hehehe....trims Om. :thx
User avatar
Syafik
Major General
Major General
Posts: 4021
Joined: 22 Jan 2007, 13:24
Location: Gresik - Surabaya
Contact:

Re: esc align trex 450 mati diatas

Post by Syafik »

mantap penjelasan para suhu diatas... jadi pingin lagi :plk :plk
User avatar
budi.santoso
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 506
Joined: 09 Jul 2007, 23:25
Location: Jakarta
Contact:

Re: esc align trex 450 mati diatas

Post by budi.santoso »

Tuuh kaan apa sy bilang,,
Pake bahasa sy bro Ilpams malah tambah bingung tp setelah suhu Budiman jelaskan lagi baru deh dimengertii..
Memang pak Budiman ini guru/suhu, top markotop :plk
User avatar
Ilpams
Airman
Airman
Posts: 33
Joined: 15 Sep 2010, 22:28

Re: esc align trex 450 mati diatas

Post by Ilpams »

hehehe...saya nya aja Om yg agak kurang bs mencerna,padahal penjelasan si Om sudah mendetil...tp maklum lah newbie.... :shy
Locked