Page 4 of 5

Re: TIP and TRIK gerakan F3A....Mohon Petunjuk

Posted: 23 Apr 2011, 07:59
by cuan88
sahid wrote:wah asyik menyimak...tak terasa kopi jadi dingin... :shy

@ Cuan : Pesawatmu wis ok toh kayaknya setelanya sdh muantaff....tinggal latihan terus :plk

ya ni,berkat bantuan pak satrio & dimas . :thx :thx :thx

Re: TIP and TRIK gerakan F3A....Mohon Petunjuk

Posted: 26 Apr 2011, 21:07
by doditsky
menyimak terus... :mtp :mtp :mtp

Re: TIP and TRIK gerakan F3A....Mohon Petunjuk

Posted: 28 Apr 2011, 22:17
by DIMAS
Kalau pesawat sudah tersetting dengan OK, maka dilanjut dengan latihan terbang.

Latihan pertama :
- Terbang lurus dari kanan ke kiri dan sebaliknya.
- Ketinggian harus tetap, kira-kira ketinggian sudut pandang 60 derajat dari ground level.
- jarak terbang harus tetap.
- Apabila pesawat keluar jalur, lakukan koreksi yg halus dan jangan terlihat gerakan koreksi.
- Gerakan putar / balik arah (di ujung area terbang) harus dengan 1/2 revers, supaya jarak terbang tidak berubah.
- Lakukan ber ulang-ulang, sampai jarak dan ketinggian terbang tidak berubah.

Salam...

Re: TIP and TRIK gerakan F3A....Mohon Petunjuk

Posted: 28 Apr 2011, 22:41
by sahid
Nah INI dia mestinya ini muncul diurutan NO 1...

Ayo Dimas...dilanjut petuahnya......kita ikuti mulai dari yg spt diatas....
:deal

Re: TIP and TRIK gerakan F3A....Mohon Petunjuk

Posted: 28 Apr 2011, 22:53
by kula
DIMAS wrote:Kalau pesawat sudah tersetting dengan OK, maka dilanjut dengan latihan terbang.

Latihan pertama :
- Terbang lurus dari kanan ke kiri dan sebaliknya.
- Ketinggian harus tetap, kira-kira ketinggian sudut pandang 60 derajat dari ground level.
- jarak terbang harus tetap.
- Apabila pesawat keluar jalur, lakukan koreksi yg halus dan jangan terlihat gerakan koreksi.
- Gerakan putar / balik arah (di ujung area terbang) harus dengan 1/2 revers, supaya jarak terbang tidak berubah.
- Lakukan ber ulang-ulang, sampai jarak dan ketinggian terbang tidak berubah.

Salam...


1/2 revers itu spt apa Om ?

Re: TIP and TRIK gerakan F3A....Mohon Petunjuk

Posted: 30 Apr 2011, 07:22
by DIMAS
sahid wrote:Nah INI dia mestinya ini muncul diurutan NO 1...

Ayo Dimas...dilanjut petuahnya......kita ikuti mulai dari yg spt diatas....


Betul juga om Sahid, tapi kalau pesawat belum di setting dengan benar, kalau latihan maneuver jadi susah....
yang disalahin pasti pesawatnya. Betul ga om...
Kita sebut Latihan pertama.
Salam...

Re: TIP and TRIK gerakan F3A....Mohon Petunjuk

Posted: 30 Apr 2011, 07:41
by DIMAS
kula wrote:1/2 revers itu spt apa Om ?


Half reverse cuban 8 ( gerakan ke : 3, di maneuver SPORTSMAN atau ke : 2, di P 011)
- Pesawat naik 45 derajat.
- Pada saat posisi naik (sudut 45 derajat), lakukan roll up 1/2, sehingga pesawat tetap naik dengan posisi inverted.
- Pada posisi inverted, lakukan gerakan loope down.
- Atur lingkaran loope sedemikian rupa sehingga garis keluar gerakan loope sama dengan garis ketika mau naik 44 derajat.
- Jaga supaya pesawat tetap di bidang terbang yang sama, sehingga jarak terbang ga berubah (tambah jauh or tambah dekat)
- Waktu input instruksi elevator, stick jangan ke kanan/kiri, pesawat bisa mengarah ke luar/dalam.

atau

Half cuban 8 ( gerakan ke 12, di maneuver SPORTSMAN ) :
- Entry level (pesawat terbang posisi normal dan lurus) lalu buat gerakan loope.
- Pada saat pesawat sudah melakukan loope di posisi 135 derajat, lakukan roll down 1/2, sehingga posisi pesawat exit normal.
- Pesawat menukik 45 derajat, samapai mendekati garis entry level saat loope.
- Kembalikan posisi pesawat ke posisi level dan usahan keluar (exit) segaris dengan garis pada saat mualai loope.

Selamat mencoba, salam...

Re: TIP and TRIK gerakan F3A....Mohon Petunjuk

Posted: 30 Apr 2011, 09:23
by sahid
Betapa berharganya Ilmu, memahami tulisan memang susah.....alangkah ruginya ketika kita sudah ketemu suhunya secara langsung tetapi tdk mau meminta petuah :flu :flu , tulisan yg susah tersebut ketika dipraktekan dg model (yg digerakan tangan, spt di post suhu dimas di hal.depan) terasa lebih mudah dipahami.... :ide

Masalahbya: tidak semua klub / perkumpulan punya tenaga potensial yg menguasai setting pesawat / heli maupun manuver2 lomba....

inilah penyebabnya perkembangan aeromodelling yg fokus ke prestasi lambat di daerah2... :whoaa :whoaa

walah maaf saya koq malah curhat.....

1, setting dg benar pesawat dan heli....... :tlt
2, baru mulai latihan....

Re: TIP and TRIK gerakan F3A....Mohon Petunjuk

Posted: 16 May 2011, 19:56
by doditsky
menunggu uraian selanjutnya... :yes :yes :yes

Re: TIP and TRIK gerakan F3A....Mohon Petunjuk

Posted: 07 Jan 2012, 09:56
by sony
Sdh sampai dimana nih manufer F3A nya?