Page 5 of 8
Re: WILGA CORO HOMEMADE
Posted: 13 Feb 2012, 13:26
by iwan21
Kalo liat powernya 900 Watt, maka dg Lipo 3 sel, arusnya saat full throtle adalah 900/11,1 = 81.08 Amp
Utk ESC 100 Amp, masih mampu dibebani motor yg arusnya sampe 80 Amp, asal jangn sering2 full throttle
nah yg harus dicari lagi, arus 81.08 Amp itu pake prop berapa ?
mungkin bis acoba hitung pake motocalc, atau kalo ada power meter tentu lebih baik, dg resiko ya haris siap dg ukuran prop macem2 utk nyobanya ( Recommended Propeller: 15 x 8 / 16 x 8 / 16 x 10)
Re: WILGA CORO HOMEMADE
Posted: 13 Feb 2012, 13:40
by topankaltim
iwan21 wrote:Kalo liat powernya 900 Watt, maka dg Lipo 3 sel, arusnya saat full throtle adalah 900/11,1 = 81.08 Amp
Utk ESC 100 Amp, masih mampu dibebani motor yg arusnya sampe 80 Amp, asal jangn sering2 full throttle
nah yg harus dicari lagi, arus 81.08 Amp itu pake prop berapa ?
mungkin bis acoba hitung pake motocalc, atau kalo ada power meter tentu lebih baik, dg resiko ya haris siap dg ukuran prop macem2 utk nyobanya ( Recommended Propeller: 15 x 8 / 16 x 8 / 16 x 10)

Om Suhu Rodji atas pencerahannya
dengan bobot AUW maks sekitar 1500gram dengan batre 2.2A 11.1 V kayaknya tidak perlu full trotle ya Om...saya coba dengan propeler 12X7 APC , trotle 50 % aja Wilga Coro udah berontak untuk minta terbang..sayang roda depan belum jadi..

..
jadi rumus di atas itu udah pasti ya Om? ( watt motor dibagi jumlah sell Lipo dan di dapat kebutuhan Amphere), kalo begitu, tambah jumlah sell jadi tambah kecil kebutuhan amphere ESC, tapi jadi nambah bobot AUW pesawat dan penyesuaian ukuran propeler ...betul kah kesimpulan saya Om???
salam dan

Re: WILGA CORO HOMEMADE
Posted: 13 Feb 2012, 13:58
by iwan21
topankaltim wrote:dengan bobot AUW maks sekitar 1500gram dengan batre 2.2A 11.1 V kayaknya tidak perlu full trotle ya Om...saya coba dengan propeler 12X7 APC , trotle 50 % aja Wilga Coro udah berontak untuk minta terbang..sayang roda depan belum jadi..

..
jadi rumus di atas itu udah pasti ya Om? ( watt motor dibagi jumlah sell Lipo dan di dapat kebutuhan Amphere), kalo begitu, tambah jumlah sell jadi tambah kecil kebutuhan amphere ESC, tapi jadi nambah bobot AUW pesawat dan penyesuaian ukuran propeler ...betul kah kesimpulan saya Om???
salam dan

Kalo pake prop 12x7 thrustnya cukup. malah aman om, motor pasti adem
rumus sebagai patokan, realnya melesetnya gak terlalu banyak
nambah jumlah sel artinya tegangan nambah?, rpm juga akan naik om, tinggal penyesuaian dg ukuran propnya, salah pake prop malah arus akan naik
Re: WILGA CORO HOMEMADE
Posted: 13 Feb 2012, 14:38
by topankaltim
iwan21 wrote:topankaltim wrote:dengan bobot AUW maks sekitar 1500gram dengan batre 2.2A 11.1 V kayaknya tidak perlu full trotle ya Om...saya coba dengan propeler 12X7 APC , trotle 50 % aja Wilga Coro udah berontak untuk minta terbang..sayang roda depan belum jadi..

..
jadi rumus di atas itu udah pasti ya Om? ( watt motor dibagi jumlah sell Lipo dan di dapat kebutuhan Amphere), kalo begitu, tambah jumlah sell jadi tambah kecil kebutuhan amphere ESC, tapi jadi nambah bobot AUW pesawat dan penyesuaian ukuran propeler ...betul kah kesimpulan saya Om???
salam dan

Kalo pake prop 12x7 thrustnya cukup. malah aman om, motor pasti adem
rumus sebagai patokan, realnya melesetnya gak terlalu banyak
nambah jumlah sel artinya tegangan nambah?, rpm juga akan naik om, tinggal penyesuaian dg ukuran propnya, salah pake prop malah arus akan naik

Om Rodji masukannya..
iya berarti RPM jadi naik ya Om??(jika rumus: kV dikali tegangan sejumlah sell batre=RPM yang di dapat ketika full trotle), tapi kebutuhan ESC jadi tambah mengecil = tambah adem????
benarkah???
salam
Re: WILGA CORO HOMEMADE
Posted: 13 Feb 2012, 14:43
by iwan21
topankaltim wrote:
iya berarti RPM jadi naik ya Om??(jika rumus: kV dikali tegangan sejumlah sell batre=RPM yang di dapat ketika full trotle), tapi kebutuhan ESC jadi tambah mengecil = tambah adem????
benarkah???
salam
asal propnya cocok, iya, intinya rpm naik, ukuran prop dikecilin, supaya arus gak jadi ikut2an naik
Re: WILGA CORO HOMEMADE
Posted: 13 Feb 2012, 14:55
by topankaltim
iwan21 wrote:topankaltim wrote:
iya berarti RPM jadi naik ya Om??(jika rumus: kV dikali tegangan sejumlah sell batre=RPM yang di dapat ketika full trotle), tapi kebutuhan ESC jadi tambah mengecil = tambah adem????
benarkah???
salam
asal propnya cocok, iya, intinya rpm naik, ukuran prop dikecilin, supaya arus gak jadi ikut2an naik

Om Rodji...
eh iya ada pertanyaan menggelitik di benak saya terkait ESC....begini Om ceritanya,
dulu...sebelum ESC sempat masuk ke air karena pesawat masuk sungai...100A di pakai heli 500CMT terbang 5 menit hanya hangat saja..
setelah sempat masuk parit..
di pakai muter 1 menit udah panas, padahal motor sama, batre sama.....
apa yang mungkin terjadi...???
apa ada sebagian komponen ESC ada yang konslet sehingga kemampuannya menurun???? tapi kok masih bisa beroperasi....saya setting ulang masih bisa lancar...
saya takutnya di bungkusnya tertulis 100Amphere, tapi setelah masuk air jadi gak 100 amphere lagi...
ada solusi untuk mengetahui bahwa kapasitas yang mampu dihandle tetap 100 A atau menurun Om???

dan maaf topiknya agak menyimpang
salam
Re: WILGA CORO HOMEMADE
Posted: 13 Feb 2012, 15:04
by iwan21
Utk kasus ESC pernah kecebur air, kemungkinan sih Transistor MOSFET nya ada yg bocor, maka itu kalo dipake sebentar jadi panas, gak seperti aslinya
Cara taunya?, ya mesti diukur sama orang yg ngerti elektronik om..

Re: WILGA CORO HOMEMADE
Posted: 13 Feb 2012, 15:18
by topankaltim
iwan21 wrote:Utk kasus ESC pernah kecebur air, kemungkinan sih Transistor MOSFET nya ada yg bocor, maka itu kalo dipake sebentar jadi panas, gak seperti aslinya
Cara taunya?, ya mesti diukur sama orang yg ngerti elektronik om..


he..he..he...
berarti ada kemungkinan terjadi down grade ya Om???
terus solusi agar bisa balik seperti semua gimana dong Om Rodji...????
mohon bantuannya dan mohon maaf terus merepotkan dengan segudang pertanyaan..
salam
Re: WILGA CORO HOMEMADE
Posted: 13 Feb 2012, 15:23
by iwan21
topankaltim wrote:...
berarti ada kemungkinan terjadi down grade ya Om???
terus solusi agar bisa balik seperti semua gimana dong Om Rodji...????
mohon bantuannya dan mohon maaf terus merepotkan dengan segudang pertanyaan..
salam
iya jadi downgrade kalu mau tetep bisa dipake, tapi bukan jaminan juga gak panas kalo di down grade.
kalu mau balik lagi normal ya mesti diganti mosfetnya, cuman yg jadi masalah, dimana yg jual mosfetnya? , masih lebih mudah itu diistirahat permanen dan ganti baru ESC om
Re: WILGA CORO HOMEMADE
Posted: 13 Feb 2012, 15:38
by topankaltim
iwan21 wrote:topankaltim wrote:...
berarti ada kemungkinan terjadi down grade ya Om???
terus solusi agar bisa balik seperti semua gimana dong Om Rodji...????
mohon bantuannya dan mohon maaf terus merepotkan dengan segudang pertanyaan..
salam
iya jadi downgrade kalu mau tetep bisa dipake, tapi bukan jaminan juga gak panas kalo di down grade.
kalu mau balik lagi normal ya mesti diganti mosfetnya, cuman yg jadi masalah, dimana yg jual mosfetnya? , masih lebih mudah itu diistirahat permanen dan ganti baru ESC om

...nah itu Om..pertanyaan saya selanjutnya....he..he...dimana beli mosfetnya???ada pernah referensi kah di gaero yang sukses ganti mosfet???harganya sebanding tidak dengan jika beli baru dengan hasil perbaikan???? dan perbaikannya di mana??apa bisa solder sendiri dan aman???
dan...jika tetap saya gunakan dengan kondisi sekarang? (dengan cara apa agar tetap aman??) agar panas tidak berlebih dan resiko terbakar), mengingat masih bisa dipakai ....sampai saat sekarang...(timing saya turunkan di 7.5 (low, dan masih bisa diturunkan lagi, membantukah Om???)yang sebelumnya 15 (midle)
Mohon dengan sangat dibantu ya Om..
salam