mantabb Om... tinggal motornya nih, perlu up thrust/down thrust (ga tau yg mana) yg jelas klo motor jauh diatas sayap dan posisinya sejajar sayap, bakalan menukik terus. untuk prop di belakang sayap, arah angin dr prop diarahin agak ke atas (seperti foto diatas), tapi untuk prop di depan sayap kaya' naga gini ga ngerti sy....
Vertikal finnya kekecilan om, kurang tinggi kalo gak mau repot supaya penampilan gak berubah, tambahan fin nya bisa pake mica 1 atau 2mm, transparan jadi walopun tinggi gak keliatan
Terima kasih Para sesepuh dan Suhu atas pencerahannya.... PR berlanjut ke: - Up/Down Thrust - Penambahan Vertical Fin (belom tau nih apakah yg ditambah bagian atas Horizontal Fin atau dibawah? efektif mana yach) - Sudut Horizontal Fin sebaiknya gimana yach?? apakah sejajar dengan Main Wing? - saat ini memakai system Flaperon apakah masih patut??
Rencana Minggu mau Maiden jika kira2 sudah OK semua... mohon doannya....
coyo wrote:mantabb Om... tinggal motornya nih, perlu up thrust/down thrust (ga tau yg mana) yg jelas klo motor jauh diatas sayap dan posisinya sejajar sayap, bakalan menukik terus. untuk prop di belakang sayap, arah angin dr prop diarahin agak ke atas (seperti foto diatas), tapi untuk prop di depan sayap kaya' naga gini ga ngerti sy....
kalo pesawar pusher yg model2 dolpin itu butuh down/up thrust ya?? bole tau om kira2 brp derajat up thrustnya?pakai right thrust jg?
Ravenchan wrote::tlt ini naga terbang? buatannya serapi pabrikan. Jangan lupa saat maiden di upload vidio terbangnya.
loh saya kira itu memang buatan pabrik? bikin sendiri toh?
Sulistiyo wrote:1.- Penambahan Vertical Fin (belom tau nih apakah yg ditambah bagian atas Horizontal Fin atau dibawah? efektif mana yach) 2.- Sudut Horizontal Fin sebaiknya gimana yach?? apakah sejajar dengan Main Wing? 3.- saat ini memakai system Flaperon apakah masih patut??
Rencana Minggu mau Maiden jika kira2 sudah OK semua... mohon doannya....
1. Vertical fin nambahnya keatas
2. maksudnya horizontal stabilizer/stabilo kan om?, stabilo itu justru referensi nol nya sumbu pesawat depan belakang, nah utk sayap mengikuti apakah mau dibuan wing incidence nol ( segaris stabilo) atau malah positif , jangan keballik sayap yg dijadiin acuan ya