prosedur standar, nyalakan tx - colok bat - terbang - landing - cabut batt - matikan tx, gitu ga bisa hafal om? simple koq. kalau prosedur standar yang mestinya udah hafal diluar kepala ini bisa lupa gitu aja, rasa2nya om perlu buat sebuah buku panduan manual sebelum dan sesudah terbang deh. bukan kenapa, terkadang pesawat kita yang landing agak jauh itu, suka diambil sama anak2 sekitar, dan berbahaya kalau sampe om lupa dengan prosedur ini.
atau mungkin lebih baik om denny beralih ke engine? secara engine ga mungkin nyala sendiri. hehehehe
obatin dulu yg penting tangannya om, biar sehat senang mau lebaran kan nanti abis lebaran dan hati udah tenang baru di tengok lagi modul + rx nya trus kita bahas bareng soal setting fail safe dan lain2nya d gaero
setuju.. dari tadi aku ikutin kasusnya.. maunya langsung ke TKP.. obatin tu luka.. udah itu omelin yang matiin TX duluan (klu perlu di jewer).. baru bahas setting TX dan RX.. he.. he.. he..
Dari pertama main RC (mobil) saya selalu matiin RX dulu, baru TX.. kebayang nggak sih klu tu mobil kabur tanpa bisa dikontrol ? mau kejar-kejaran ma mobil-mobilan ? walau nggak pernah kejadian, dan ternyata nggak papa klu TX mati duluan, saya tetap jalanin prosedure itu.. Remote Walkera yang saya pakai, ada fail-safe-nya dan ID binding bisa di set.. sehingga mau TX atau RX yang mati duluan nggak masalah... Tapi Setiap kali mau matiin TX, saya selalu periksa lagi apakan RX sudah mati ?
Sekarang istirahat dulu persiapan buat lebaran.. Besok dilapangan aku bantuin deh settingnya..
Saya punya pengalaman ditahun 2011 sewaktu saya memulai main Trex 550 3GX dengan remot Futaba 10 CHG saya, semua sudah di setting dari Jakarta, begitu saya sampai malam hari dirumah, pada jam 10 Malam saya hover dilapangan dekat rumah (Maklum beru pertama nyicipi Trex 550 3GX) begitu beberapa kali saya naik turun, saya tanpa sengaja mematikan remot saya... ehhhh..Blade mutar sendiri, untung jarak saya sama heli 7 meter, lalu Remote saya nyalakan lagi dan motor berhenti berputar
Jadi, kesimpulannya...Bukan RX nya yang masalah om, Tapi kita yang lupa mematikan RX dulu - setelah itu TX...
sepp yang penting safety frist jangan lupa aero bukan toys , kalau bukan kita sendri yang berhati hati dan harus sering prepair sebelum mejalankan atau mematikan modell, namanya manusia memang ada lupanya tapi minimal kita bisa meminimaliser
keep spirit , jangan patah semangat, kawan kawan gaero pasti pernah juga mengalami hal yang serupa jadi buat pengalaman kita untuk berhati hati
christoffel wrote:mohon izin menambahkan beberapa aspek teknis.
semua tx-rx, apapun jenis dan mereknya, wajib mengikuti aturan urutan nyala mati seperti yg sudah sering kita ketahui. kalau selama ini ada yg biasa mematikan tx duluan dan nggak terjadi apa2, itu murni kebetulan (dan memang ini yg sering terjadi). tolong jangan di anggap enteng.
yg dikuatirkan adalah bila pada saat tx mati dan rx nyala, ada signal liar yg kebetulan memenuhi syarat bagi rx untuk dianggap sebagai signal yg valid maka rx akan meneruskan signal ini. ini memang jarang terjadi tapi sangat bisa terjadi, dan karena itulah dibuat aturan untuk menyalakan tx terlebih dahulu baru rx, dan mematikan rx dulu baru tx. memang secara teknis ada cara2 tertentu yg di aplikasikan untuk menekan kemungkinan seperti ini, tapi sama sekali bukan mencegah, hanya mengurangi kemungkinan nya saja.
juga, tidak ada system failsafe rx, ataupun failsafe pada ESC yg bisa mencegah hal ini (signal liar). sekedar tahu saja, failsafe bekerja kalau selama beberapa saat yg telah ditentukan tidak ada signal yg valid dari tx. kalau ada signal liar (bisa dari macam2 sumber seperti HT, cellphone, wifi, tower, dll), artinya menurut rx ada signal tx, bukan nya nggak ada, jadi ya nggak perlu failsafe.
moral of the story : rules ... Rules ... RULES ... !!! Safety first, and the Rules is made for SAFETY ...
obatin dulu yg penting tangannya om, biar sehat senang mau lebaran kan nanti abis lebaran dan hati udah tenang baru di tengok lagi modul + rx nya trus kita bahas bareng soal setting fail safe dan lain2nya d gaero
setuju.. dari tadi aku ikutin kasusnya.. maunya langsung ke TKP.. obatin tu luka.. udah itu omelin yang matiin TX duluan (klu perlu di jewer).. baru bahas setting TX dan RX.. he.. he.. he..
Dari pertama main RC (mobil) saya selalu matiin RX dulu, baru TX.. kebayang nggak sih klu tu mobil kabur tanpa bisa dikontrol ? mau kejar-kejaran ma mobil-mobilan ? walau nggak pernah kejadian, dan ternyata nggak papa klu TX mati duluan, saya tetap jalanin prosedure itu.. Remote Walkera yang saya pakai, ada fail-safe-nya dan ID binding bisa di set.. sehingga mau TX atau RX yang mati duluan nggak masalah... Tapi Setiap kali mau matiin TX, saya selalu periksa lagi apakan RX sudah mati ?
Sekarang istirahat dulu persiapan buat lebaran.. Besok dilapangan aku bantuin deh settingnya..
lah yang matiin tx saya bu. jadi saya yang dijewer dong . makasih bu, insya Alloh gpp. habis lebaran terbang lagi...
Saya punya pengalaman ditahun 2011 sewaktu saya memulai main Trex 550 3GX dengan remot Futaba 10 CHG saya, semua sudah di setting dari Jakarta, begitu saya sampai malam hari dirumah, pada jam 10 Malam saya hover dilapangan dekat rumah (Maklum beru pertama nyicipi Trex 550 3GX) begitu beberapa kali saya naik turun, saya tanpa sengaja mematikan remot saya... ehhhh..Blade mutar sendiri, untung jarak saya sama heli 7 meter, lalu Remote saya nyalakan lagi dan motor berhenti berputar
Jadi, kesimpulannya...Bukan RX nya yang masalah om, Tapi kita yang lupa mematikan RX dulu - setelah itu TX...
Salam hormat, Umar PAG - Gresik
pas kejadian juga txnya saya nyalain lagi om tapi tetep ngamuk.. langsung yang saya pikirin nyabut batere peswat. tapi jari saya salaman ma propeler .
Turut prihatin om atas musibah yang terjadi, tapi gak perlu patah semangat, tapi cukup kita ambil pelajaran yang berharga dari kejadian tersebut. Peralatan aero yang sekarang memang sudah lebih save dibanding peralatan jaman dulu. Masih ngerasain pake motor brushed yang esc-nya tanpa pengaman, jadi kalau terjadi kesalahan langsung ngamuk itu motor (biasanya karena salah prosedur atau terbalik tombol reverse). Hikmah nya jadi terbiasa disiplin pada prosedur mematikan pesawat dan remot, bahkan walau pake pesawat engine saat engine mati, tetap matikan rx dulu baru tx. Memang kadang kita terlena dengan teknologi terbaru yang lebih "save" sehingga kadang kita jadi lengah. Yang penting membiasakan diri untuk disiplin untuk seluruh prosedur main aero. Semoga berkenan. Tks.