Page 5 of 12

Re: KAI T50 Golden Eagle

Posted: 09 Dec 2014, 12:36
by iwan21
Kapan plan direlease ? :ngl
Pengen bikin versi EDFnya karena udah lama banget tertarik sama si Elang Emas ini alias Mini falcon

Re: KAI T50 Golden Eagle

Posted: 09 Dec 2014, 14:00
by julescrafter
iwan21 wrote:Kapan plan direlease ? :ngl
Pengen bikin versi EDFnya karena udah lama banget tertarik sama si Elang Emas ini alias Mini falcon


blom om, masih riset dulu hehehe. Sedikit lagi

Re: KAI T50 Golden Eagle

Posted: 10 Dec 2014, 15:05
by julescrafter
UPDATE :

Persiapan sebelum berangkat ke lapangan, terpaksa kursi belakang mobil kudu rebah semua biar bisa diangkut :hi3
Image

Berhasil terbang, walau cuma 1 menit karena angin dan agak tail heavy jadi langsung landing.

Image

Ternyata kudu tetep pake rudder, akhirnya pasang rudder deh :

Image

Evaluasi

Problem : Solusi
- Angin berubah2 : besok maiden lebih pagi
- Take off cukup panjang 20 neteran : udah di setup flaperon untuk take off/landing
- Pesawat cukup anteng tidak liar : -
- Pesawat terbang lurus walau sayap miring jadi susah belok : kudu tambahin rudder
- Pesawat agak tail heavy : geser batere ke depan lagi
- Landing bisa cukup pelan walau roda copot lemannya kesandung gundukan tanah : lem landing gear lebih kuat lagi
- Prop pake 3 blade pas landing copot : ganti 2 blade master aircrew pusher

Re: KAI T50 Golden Eagle

Posted: 10 Dec 2014, 15:57
by iwan21
julescrafter wrote:Evaluasi

Problem : Solusi
- Pesawat terbang lurus walau sayap miring jadi susah belok : kudu tambahin rudder
- Pesawat agak tail heavy : geser batere ke depan lagi
- Landing bisa cukup pelan walau roda copot lemannya kesandung gundukan tanah : lem landing gear lebih kuat lagi
- Prop pake 3 blade pas landing copot : ganti 2 blade master aircrew pusher


yg saya tebelin, emang om gak pake kombinasi up elevator waktu belok ?

Utk tail heavy mungkin om waktu hitung CG, LERX nya gak dimasukin kali, kalo ada LERX CG hasil hitungan biasanya saya majuin lagi 1-2 cm-an

Re: KAI T50 Golden Eagle

Posted: 10 Dec 2014, 17:46
by julescrafter
nah itu om Roji, semua pesawat yang pernah saya bikin kalo dimiringin dikit ailnya pesawat agak belok ke arah kemiringan.
Nah yang ini ngga, akhirnya sambil agak panik saya miring tegak lurus baru deh tancap elevator buat balik arah gaya fighter jet. Apa mungkin karena tail heavy jadi susah dikontrol? Nah pas arah sebaliknya itu kliatan banget tail heavynya pesawat jadi kayak lumba2 kena angin dari depan. Langsung saya landingin deh, untung ga nyungsep.

Atau pas lama ga terbang jadi panik? hehehe bisa juga sih tapi jelas tail heavy


iwan21 wrote:
julescrafter wrote:Evaluasi

Problem : Solusi
- Pesawat terbang lurus walau sayap miring jadi susah belok : kudu tambahin rudder
- Pesawat agak tail heavy : geser batere ke depan lagi
- Landing bisa cukup pelan walau roda copot lemannya kesandung gundukan tanah : lem landing gear lebih kuat lagi
- Prop pake 3 blade pas landing copot : ganti 2 blade master aircrew pusher


yg saya tebelin, emang om gak pake kombinasi up elevator waktu belok ?

Utk tail heavy mungkin om waktu hitung CG, LERX nya gak dimasukin kali, kalo ada LERX CG hasil hitungan biasanya saya majuin lagi 1-2 cm-an

Re: KAI T50 Golden Eagle

Posted: 10 Dec 2014, 21:19
by vtoms_486
mungkin kalo elevator pake 2 servo, trus seperti kata
suhu Rodji, di mix dengan aileron, jadi lebih sip respon
buat manuver dan tetap level ketinggiannya oom...
cmiiw...

Re: KAI T50 Golden Eagle

Posted: 10 Dec 2014, 21:28
by julescrafter
vtoms_486 wrote:mungkin kalo elevator pake 2 servo, trus seperti kata
suhu Rodji, di mix dengan aileron, jadi lebih sip respon
buat manuver dan tetap level ketinggiannya oom...
cmiiw...



iya om besok mau dicoba cara begitu. Setelah dibikin rudder juga udah di buat flaperon. Karena awalnya pake 2 servo elevatornya, mau dicoba juga fitur AILVATOR di Turnigy 9X.

Re: KAI T50 Golden Eagle

Posted: 11 Dec 2014, 09:14
by quadfather
julescrafter wrote:nah itu om Roji, semua pesawat yang pernah saya bikin kalo dimiringin dikit ailnya pesawat agak belok ke arah kemiringan.
Nah yang ini ngga, akhirnya sambil agak panik saya miring tegak lurus baru deh tancap elevator buat balik arah gaya fighter jet. Apa mungkin karena tail heavy jadi susah dikontrol? Nah pas arah sebaliknya itu kliatan banget tail heavynya pesawat jadi kayak lumba2 kena angin dari depan. Langsung saya landingin deh, untung ga nyungsep.

Atau pas lama ga terbang jadi panik? hehehe bisa juga sih tapi jelas tail heavy


kalo menurutku karena airfoilnya jet kan nggak begitu ngelift, jadi ketika miring nganan ngiri dia gk begitu belok, kalo plane biasa kan airfoilnya liftnya lumayan tuh, miring nganan ya ngikut nganan, ngiri ngikut ngiri. logika newbie nih om, jangan di bully :doa

Re: KAI T50 Golden Eagle

Posted: 11 Dec 2014, 09:18
by iwan21
quadfather wrote:
kalo menurutku karena airfoilnya jet kan nggak begitu ngelift, jadi ketika miring nganan ngiri dia gk begitu belok, kalo plane biasa kan airfoilnya liftnya lumayan tuh, miring nganan ya ngikut nganan, ngiri ngikut ngiri. logika newbie nih om, jangan di bully :doa


solusinya kalo gitu bikin aileron diferential, kalo enggak salah di T-9x ada menunya ( AILDIF), set aja 50% buat test dulu

Re: KAI T50 Golden Eagle

Posted: 11 Dec 2014, 14:04
by julescrafter
penerbangan kedua dan ketiga tadi pagi.

Image

Masih belum bener juga. Pada penerbangan kedua CG udah dibenerin tapi moncong selalu mau ke bawah, sempet di lawan pake elevator tetep sama juga. Pada penerbangan ketiga, batere digeser ke belakang lagi pake flap, tapi malah justru menukik bukannya membantu naik. Akhirnya flap up, bisa lurus terbangnya, tapi anehnya begitu terbang lurus lalu cut throttle, moncong kembali mendongak. Wah kesimpulan saya penerbangan kedua sudah benar CG-nya sedangkan penerbangan ketiga salah CGnya walau pesawat bisa lurus. Setelah saya lihat2 lagi, sayap utama AoA nya saya rasa salah, posisinya agak menurun di depan. Sekarang saya lepas lagi lem sayapnya dan saya luruskan sayapnya. Coba lagi mungkin hari Sabtu.