Sopwith Camel 60 cm Biplane

Tampilkan karya foamy plane Anda disini

Moderators: hery_s, joko

Post Reply
User avatar
julescrafter
Chief Master Sergeant
Chief Master Sergeant
Posts: 768
Joined: 08 Aug 2013, 10:24
Location: Gandul Cinere
Contact:

Re: Sopwith Camel 60 cm Biplane

Post by julescrafter »

Siap terbang lagi udah pake aileron sekarang

Image

Image

Image
User avatar
itwilly
Second Lieutenant
Second Lieutenant
Posts: 1173
Joined: 14 Mar 2008, 10:11
Location: Purwakarta
Contact:

Re: Sopwith Camel 60 cm Biplane

Post by itwilly »

wah aileron pakai benang, nggak ngerti aku cara kerjanya.....

bisa di shot lebih dekat ke aileronya ya om....... hehehehe


tks.
welly

julescrafter wrote:Siap terbang lagi udah pake aileron sekarang

Image

Image

Image
User avatar
julescrafter
Chief Master Sergeant
Chief Master Sergeant
Posts: 768
Joined: 08 Aug 2013, 10:24
Location: Gandul Cinere
Contact:

Re: Sopwith Camel 60 cm Biplane

Post by julescrafter »

itwilly wrote:wah aileron pakai benang, nggak ngerti aku cara kerjanya.....

bisa di shot lebih dekat ke aileronya ya om....... hehehehe


tks.
welly


Prinsipnya sama aja om dengan elevator. Cuma benangnya saya belok2in pake pemandu.
Pemandunya pake sedotan aqua gelas dipotong panjang 3mm aja.

Ini gambarannya utk satu sisi sayap

1. Jadi semua berawal dari bawah, kan kliatan itu di gambar pertama.
2. Di tengah saya kasih pemandu juga biar benang ga terlalu menggantung,
3. lalu benang satu belok 90 derajat ke arah aileron buat narik horn bawah. Beloknya juga pake pemandu sedotan tadi dipotong kecil
bikin miring 45 derajat jangan 90 derajat, tapi tetap arah benang 90 derajat ke bawah. saya salah soalnya bikin agak seret.
4. benang yang dari servo arm satunya lagi naik ke atas, terlihat di gambar 3. Untuk menarik horn atas.

begitu juga buat sayap sebaliknya, untuk arahnya ya dicoba2 aja, mana yang ke atas
mana yang harus ke bawah, atau bisa nanti gampang tinggal di reverse di TXnya aja

Ini ada gambar di internet, saya pake sedotan itu dapetnya dari sini

Image

tadi ke lapangan mau nyoba malah lowbat TXnya, ga bisa nyoba
jadi cuma test gliding aja di lempar tangan

Image
Last edited by julescrafter on 07 May 2015, 21:58, edited 1 time in total.
User avatar
nubitol
Airman First Class
Airman First Class
Posts: 55
Joined: 01 Apr 2015, 16:28

Re: Sopwith Camel 60 cm Biplane

Post by nubitol »

Wah pakai benang bisa irit 1 servo ya!!

Saya selama ini taunya mesti 1 servo 1 aileron

Btw kenapa tidak pakai senar pancing? apa tidak takut putus?
User avatar
julescrafter
Chief Master Sergeant
Chief Master Sergeant
Posts: 768
Joined: 08 Aug 2013, 10:24
Location: Gandul Cinere
Contact:

Re: Sopwith Camel 60 cm Biplane

Post by julescrafter »

nubitol wrote:Wah pakai benang bisa irit 1 servo ya!!

Saya selama ini taunya mesti 1 servo 1 aileron

Btw kenapa tidak pakai senar pancing? apa tidak takut putus?


pesawat kecil om, kuat kok benang jahit itu. Malah bisa duluan patah hornnya dibanding putus benangnya.
Nanti kalo pesawat besar yang biasa saya bikin 130 cm gitu, baru pake tali pancing.
Kalo pabrikan biasanya 1 servo 1 aileron, lebih mudah maintenancenya kalo ada trouble/ rusak. Bisa dicopot tanpa harus bongkar semuanya.
Lalu dari segi scale juga tidak mengganggu, produk masal sepertinya males kalo pake kawat/tali/benang begini.

Tapi kalo bagi homemader 1 servo untuk 2 aileron itu udah lama om, hanya aja setupnya kalo pake pushrod perlu pushrod yang panjang dan melintang
mengganggu keindahan apalagi kalo model scale.

Sejak model ini sepertinya saya akan terus menyempurnakan setup pull-pull system ini di pesawat2 berikutnya.
User avatar
iwan21
Administrator
Administrator
Posts: 9769
Joined: 17 Jan 2007, 14:11
Location: Bekasi
Contact:

Re: Sopwith Camel 60 cm Biplane

Post by iwan21 »

julescrafter wrote:
Tapi kalo bagi homemader 1 servo untuk 2 aileron itu udah lama om, hanya aja setupnya kalo pake pushrod perlu pushrod yang panjang dan melintang
mengganggu keindahan apalagi kalo model scale.

Sejak model ini sepertinya saya akan terus menyempurnakan setup pull-pull system ini di pesawat2 berikutnya.


Bisa rapih kok pake 1 servo ditengah, pakenya torque rod om bukan pushrod langsung yg melintang2. Kalo torque rod kan ngumpet didalem sayap gak keliatan

Image


Image
User avatar
julescrafter
Chief Master Sergeant
Chief Master Sergeant
Posts: 768
Joined: 08 Aug 2013, 10:24
Location: Gandul Cinere
Contact:

Re: Sopwith Camel 60 cm Biplane

Post by julescrafter »

iwan21 wrote:
julescrafter wrote:
Tapi kalo bagi homemader 1 servo untuk 2 aileron itu udah lama om, hanya aja setupnya kalo pake pushrod perlu pushrod yang panjang dan melintang
mengganggu keindahan apalagi kalo model scale.

Sejak model ini sepertinya saya akan terus menyempurnakan setup pull-pull system ini di pesawat2 berikutnya.


Bisa rapih kok pake 1 servo ditengah, pakenya torque rod om bukan pushrod langsung yg melintang2. Kalo torque rod kan ngumpet didalem sayap gak keliatan



wah bener juga om Roji, bisa rapi juga ya.
Selama ini kalo liat di grup2 kebanyakan ga serapi ini hehehe

Tadi sempet terbang sebentar, masih agak tail heavy
tenaganya juga kurang pake prop 6x3 slow fly, lembek propnya
sempet muter2 3 kali sampe kedorong angin nabrak mobil pickup proyek yg lagi parkir dan propnya patah.
Masih ada prop cadangan yang sama, tapi mau coba pake prop yang lebih rigid dulu 5.5 x 4.5
User avatar
nubitol
Airman First Class
Airman First Class
Posts: 55
Joined: 01 Apr 2015, 16:28

Re: Sopwith Camel 60 cm Biplane

Post by nubitol »

Wew... torque rod... ilmu baru lagi.. :D

thx suhu
User avatar
julescrafter
Chief Master Sergeant
Chief Master Sergeant
Posts: 768
Joined: 08 Aug 2013, 10:24
Location: Gandul Cinere
Contact:

Re: Sopwith Camel 60 cm Biplane

Post by julescrafter »

UPDATE lagi sore ini.

Prop udah diganti pake Master Airscrew yang lebih rigid (5.5 x 4.5) , dorongannya maknyus tapi jadinya kelebihan right thrust.
1. Penerbangan pertama ke lapangan depan komplek yang lebih kecil dari biasanya, elevator belum di trim, jadi pesawat langsung naik dan nabrak pohon duren.
patah strut jadi harus pulang merakit ulang.
2. Penerbangan kedua naik sepeda ke lapangan yang biasanya, pesawat take off langsung belok (yawing) kanan, dilawan pake aileron ga ngaruh.
3. Penerbangan ketiga thrust kanan di lawan pake rudder kiri (manual) tapi ga bisa take off karena ngepot kiri.
4. Penerbangan keempat rudder di kurangi ke kirinya tapi hasilnya sama kayak penerbangan kedua
akhirnya nabrak semak2 di seberang kali kecil. Butuh olahraga lintas alam untuk merescuenya.
Strut pada copot jadi terpaksa balik pulang.

:hi3

Sekarang lagi coba ngelurusin thrust angle dan merakit ulang.
Kesimpulan sementara
- thrust kanan kelebihan
- CG udah ok karena pas belok kanan itu lurus banget.
- coba tambah aileron di sayap atas

atau mungkin suhu2 ada masukan?
User avatar
nubitol
Airman First Class
Airman First Class
Posts: 55
Joined: 01 Apr 2015, 16:28

Re: Sopwith Camel 60 cm Biplane

Post by nubitol »

Apa sama case/solusinya seperti di video ini mas? https://youtu.be/c9dW9lOD96s
Post Reply