Alhamdulillah saya luput dari malapetaka
Moderators: AgoesAurelz, JetFlyer
- Redblur
- Captain
- Posts: 1654
- Joined: 01 Apr 2007, 19:48
- Location: Cinere
- Contact:
- nyonk
- Grage Idol
- Posts: 374
- Joined: 06 Mar 2007, 12:50
- Location: indramayu
Redblur wrote:sekarang keadaan jari om dadang gmn ?
jari nya masih lengkap kok blur.............
masing masing ada lima jari
tangan kanan ada lima jari, tangan kiri juga ada lima jari
jadi, kalo di jumlahkan semua.........ada sepuluh jari blur..............
ha ha ha ha ha.............(sorry bang blur.)...........hi hi hi
- AgoesAurelz
- First Lieutenant
- Posts: 1315
- Joined: 20 Oct 2007, 19:03
- Location: Mataram-Lombok
Re: Alhamdulillah saya luput dari malapetaka
Mungkin dari semua pemain heli di sini tidak ada yg mengalami musibah separah saya pak...
Untuk bermain heli, apapun jenisnya baik yg electric hingga heli gasser semuanya mengandung bahaya!
Utk Heli electric sekelas T-Rex 450 juga tidak bisa dianggap sepele...
Kalo tidak hati-hati Heli electric bisa jadi "silent killler" (tidak bersuara tahu-2 nyamber...)
Motor brushless sekelas T-Rex 450 sudah cukup power utk memotong buntung tangan orang hanya dgn sekali samber...
Waktu setting ESC dan Motor harus sangat hati-hati, sebaiknya pinion gear dilepas dulu....
Sabar dan teliti...Baca manual book dgn seksama..
KHUSUSNYA utk pengguna remote FUTABA harus berhati-hati, biasanya setting throttle harus di posisi REVERSE!
Pastikan juga Failsafe berfungsi baik...
Utk beginner fungsi Flight mode 1 & 2 sebaiknya di off kan..
Saya sudah mencoba utk membuat alat BLADE GUARD
Sampe saat ini alat itu selalu saya pakai utk pengaman waktu menghidupkan heli (baik yg electric maupun engine)..
Walaupun dari rupa dan penampilannya sangat jelek... tapi alat itu saya rasakan sangat bermanfaat..
Utk yg tertarik bisa lihat di sub forum SAFETY FIRST (cara membuat Blade Guard)...
Bikinnya juga gampang dan murah... dan Dijamin aman !
Untuk bermain heli, apapun jenisnya baik yg electric hingga heli gasser semuanya mengandung bahaya!
Utk Heli electric sekelas T-Rex 450 juga tidak bisa dianggap sepele...
Kalo tidak hati-hati Heli electric bisa jadi "silent killler" (tidak bersuara tahu-2 nyamber...)
Motor brushless sekelas T-Rex 450 sudah cukup power utk memotong buntung tangan orang hanya dgn sekali samber...
Waktu setting ESC dan Motor harus sangat hati-hati, sebaiknya pinion gear dilepas dulu....
Sabar dan teliti...Baca manual book dgn seksama..

KHUSUSNYA utk pengguna remote FUTABA harus berhati-hati, biasanya setting throttle harus di posisi REVERSE!
Pastikan juga Failsafe berfungsi baik...
Utk beginner fungsi Flight mode 1 & 2 sebaiknya di off kan..
Saya sudah mencoba utk membuat alat BLADE GUARD
Sampe saat ini alat itu selalu saya pakai utk pengaman waktu menghidupkan heli (baik yg electric maupun engine)..
Walaupun dari rupa dan penampilannya sangat jelek... tapi alat itu saya rasakan sangat bermanfaat..
Utk yg tertarik bisa lihat di sub forum SAFETY FIRST (cara membuat Blade Guard)...
Bikinnya juga gampang dan murah... dan Dijamin aman !


Dadang R wrote:Sifat yang terjelek dalam diri saya adalah semua ingin segera dan instant...........dan hal itu sering mengundang petaka, dalam segala hal, begitu juga dengan kejadian tadi malam.
Jam 17.00 tepat saya baru tiba di rumah sepulangnya kerja seharian di Balongan, saya teringat pesan Oom Snowman Tyrex yang baru saja saya selesai rakit agar menggunakan Gyro dan receiver yang sekarang terpasang di Hirobo.
Seperti biasa, setelah minum teh dan makan makanan kecil yang disiapkan Man Keu, tanpa ganti pakaian saya mulai bongkat receiver dan Gyro yang ada di Hirobo untuk trnasmigrasi ke Tyrek, saya buka manual book Futaba, saya buka juga manual book Tyrek, tidak begitu jelas bagaimana cara menghubungkan servo2 ke receiver, saya mulai ON kan Futaaba, lalu saya sambungkan batery ke ESC, mulailah saya pasang servo aileron, dan saya gekar2an, berikutnya servo elevator, dan berikutnya saya sambungkan esc ke receiver, entah mungkin salah sambung, tiba2bblade tiba2 bergerak perlahan lama2 semakin kencang dan menyapu semua benda disekitar Tyrek, saya kaget, tapi masih dalam batas kaget,..... tidak panik, saya bingung apa yang harus saya lakukan untuk menghentikan putaran blade yang semakin kencang, untungnya itu Tyrek gak bergerak keatas, cuman muter aja, saya pegang tailboom, tangan saya terkena baling2 belakang, tapi gak saya hiraukan, segera saya tangkap sambungan cable batry, dengan bantuan jari telunjuk dan ibu jari conectornya berhasil lepas, dan berhentilah Tyrek mengamuk.....Tyrek mengamuk berkisar 1 sampai 2 menitan.
Setelah beberapa saat saya tenangkan diri, saya liat darah berceceran di lantai, dan dibetis terasa perih, rupanya betis saya kiri kanan tersapu baling2 belakang, dan robek sepanjang 5 cm dan 7 cm..........jari tangan kiri juga berdarah, rupanya kelingking saya juga terkena sapuan baling2 yang tajam itu........
Saya termenung sejenak, ....dan saya berpikir....seandainya...seandainya itu baling2kena leher, atau anak bungsu saya ada disekitar situ yang biasa nongkrong liatain papanya ngutak ngatik pesawat,...ntah apa yang terjadi.......
Syukur alhamdulilah.......petaka itu tidak terjadi.........dan Tyrexpun saya tinggalkan gak tau sekarang kaya gimana, karena setelah kejadian itu Tyrek saya biarkan tergeletak di ruang tengah, sampai tadi pagi pergi kerja belum saya liat........
Rekan2 penggemar aeromodeling, sepertinya pemula2 seperti saya harus selalu mendapatkan bimbingan dari senior2nya, karena ternyata permainan iini sangat berbahaya kalau kita kurang hati2.
Titip pesan kepada senior, jangan sungkan2 mengajari dan membimbing para pemula seperti saya agar hal serupa tidak terjadi kepada pemula lainnya.
Tapi kejadian tadi malem tidak membuat saya surut untuk bermain Aeromodeling, karena saya sudah terlanjur seneng, walau ke 4 pesawat yang ada di rumah baru Lama V-4 yang udah nurut dan bisa dikendalikan oleh saya, yang lainnya masih pada membangkang, alias gak bisa diatur...........hehehehehehe
Salam Aeromodeling untuk semuanya....
- yuda
- Airman First Class
- Posts: 88
- Joined: 12 Oct 2007, 15:02
- Location: kendal (jateng)
- Contact:
- Budiman
- First Lieutenant
- Posts: 1263
- Joined: 17 Jan 2007, 15:27
- Location: bekasi-surabaya
- Contact:
Alo Pak Dadang,
Turut prihatin dengan kejadian yang menimpa Anda...mengingatkan saya pada kejadian yg menimpa saya beberapa taun yg lalu..
Kalo bole nanya neh..ESC nya T-REx udah di setting belum ya?...Tx yg digunakan apa ya,Pak?...kalo Futaba...seperti yg telah dijelaskan oleh rekan sebelumnya..pada channel 3 utk Throttle...harus diset REVERSE...karena saya perna celaka gara2 channel 3 ini...
salam,
Budi
Turut prihatin dengan kejadian yang menimpa Anda...mengingatkan saya pada kejadian yg menimpa saya beberapa taun yg lalu..
](./images/smilies/eusa_wall.gif)
Kalo bole nanya neh..ESC nya T-REx udah di setting belum ya?...Tx yg digunakan apa ya,Pak?...kalo Futaba...seperti yg telah dijelaskan oleh rekan sebelumnya..pada channel 3 utk Throttle...harus diset REVERSE...karena saya perna celaka gara2 channel 3 ini...

salam,
Budi
- AgoesAurelz
- First Lieutenant
- Posts: 1315
- Joined: 20 Oct 2007, 19:03
- Location: Mataram-Lombok
Budiman wrote:Alo Pak Dadang,
Turut prihatin dengan kejadian yang menimpa Anda...mengingatkan saya pada kejadian yg menimpa saya beberapa taun yg lalu..![]()
Kalo bole nanya neh..ESC nya T-REx udah di setting belum ya?...Tx yg digunakan apa ya,Pak?...kalo Futaba...seperti yg telah dijelaskan oleh rekan sebelumnya..pada channel 3 utk Throttle...harus diset REVERSE...karena saya perna celaka gara2 channel 3 ini...![]()
salam,
Budi
Hoahaha.... Toss om! Saya dulu juga pernah kesamber jempol kanan saya oleh Blade Lepton, kuku sampe lepas gara-gara remote Futaba lupa di Reverse ch3 nya...
- Kiki_54
- First Lieutenant
- Posts: 1448
- Joined: 26 Oct 2007, 20:08
- Location: Cirebon
- Contact:
Redblur wrote:sekarang keadan jari om dadang gmn ?
apa sudah Oke ??
Jari udah mengering, cuman yang dibetis kanan yang agak dalam dam panjang masih sakit,
Eh Tyrexnya kemarin udah di Inspeksi oleh Oom FIHA, rencana minggu ini mau test fligt, Oom Redblur mau ikut yo ke Lanud Penggung? nanti saya jamu nasi jamblang, hehehehehe
- Kiki_54
- First Lieutenant
- Posts: 1448
- Joined: 26 Oct 2007, 20:08
- Location: Cirebon
- Contact:
nyonk wrote:Redblur wrote:sekarang keadaan jari om dadang gmn ?
jari nya masih lengkap kok blur.............
masing masing ada lima jari
tangan kanan ada lima jari, tangan kiri juga ada lima jari
jadi, kalo di jumlahkan semua.........ada sepuluh jari blur..............
ha ha ha ha ha.............(sorry bang blur.)...........hi hi hi
Om Nyong..keliru...jumlahnya sebelas dengan jari tengah..................


- Kiki_54
- First Lieutenant
- Posts: 1448
- Joined: 26 Oct 2007, 20:08
- Location: Cirebon
- Contact:
Re: Alhamdulillah saya luput dari malapetaka
Augustinus Aurelius wrote:Mungkin dari semua pemain heli di sini tidak ada yg mengalami musibah separah saya pak...
Untuk bermain heli, apapun jenisnya baik yg electric hingga heli gasser semuanya mengandung bahaya!
Utk Heli electric sekelas T-Rex 450 juga tidak bisa dianggap sepele...
Kalo tidak hati-hati Heli electric bisa jadi "silent killler" (tidak bersuara tahu-2 nyamber...)
Motor brushless sekelas T-Rex 450 sudah cukup power utk memotong buntung tangan orang hanya dgn sekali samber...
Waktu setting ESC dan Motor harus sangat hati-hati, sebaiknya pinion gear dilepas dulu....
Sabar dan teliti...Baca manual book dgn seksama..
KHUSUSNYA utk pengguna remote FUTABA harus berhati-hati, biasanya setting throttle harus di posisi REVERSE!
Pastikan juga Failsafe berfungsi baik...
Utk beginner fungsi Flight mode 1 & 2 sebaiknya di off kan..
Saya sudah mencoba utk membuat alat BLADE GUARD
Sampe saat ini alat itu selalu saya pakai utk pengaman waktu menghidupkan heli (baik yg electric maupun engine)..
Walaupun dari rupa dan penampilannya sangat jelek... tapi alat itu saya rasakan sangat bermanfaat..
Utk yg tertarik bisa lihat di sub forum SAFETY FIRST (cara membuat Blade Guard)...
Bikinnya juga gampang dan murah... dan Dijamin aman !
Dadang R wrote:Sifat yang terjelek dalam diri saya adalah semua ingin segera dan instant...........dan hal itu sering mengundang petaka, dalam segala hal, begitu juga dengan kejadian tadi malam.
Jam 17.00 tepat saya baru tiba di rumah sepulangnya kerja seharian di Balongan, saya teringat pesan Oom Snowman Tyrex yang baru saja saya selesai rakit agar menggunakan Gyro dan receiver yang sekarang terpasang di Hirobo.
Seperti biasa, setelah minum teh dan makan makanan kecil yang disiapkan Man Keu, tanpa ganti pakaian saya mulai bongkat receiver dan Gyro yang ada di Hirobo untuk trnasmigrasi ke Tyrek, saya buka manual book Futaba, saya buka juga manual book Tyrek, tidak begitu jelas bagaimana cara menghubungkan servo2 ke receiver, saya mulai ON kan Futaaba, lalu saya sambungkan batery ke ESC, mulailah saya pasang servo aileron, dan saya gekar2an, berikutnya servo elevator, dan berikutnya saya sambungkan esc ke receiver, entah mungkin salah sambung, tiba2bblade tiba2 bergerak perlahan lama2 semakin kencang dan menyapu semua benda disekitar Tyrek, saya kaget, tapi masih dalam batas kaget,..... tidak panik, saya bingung apa yang harus saya lakukan untuk menghentikan putaran blade yang semakin kencang, untungnya itu Tyrek gak bergerak keatas, cuman muter aja, saya pegang tailboom, tangan saya terkena baling2 belakang, tapi gak saya hiraukan, segera saya tangkap sambungan cable batry, dengan bantuan jari telunjuk dan ibu jari conectornya berhasil lepas, dan berhentilah Tyrek mengamuk.....Tyrek mengamuk berkisar 1 sampai 2 menitan.
Setelah beberapa saat saya tenangkan diri, saya liat darah berceceran di lantai, dan dibetis terasa perih, rupanya betis saya kiri kanan tersapu baling2 belakang, dan robek sepanjang 5 cm dan 7 cm..........jari tangan kiri juga berdarah, rupanya kelingking saya juga terkena sapuan baling2 yang tajam itu........
Saya termenung sejenak, ....dan saya berpikir....seandainya...seandainya itu baling2kena leher, atau anak bungsu saya ada disekitar situ yang biasa nongkrong liatain papanya ngutak ngatik pesawat,...ntah apa yang terjadi.......
Syukur alhamdulilah.......petaka itu tidak terjadi.........dan Tyrexpun saya tinggalkan gak tau sekarang kaya gimana, karena setelah kejadian itu Tyrek saya biarkan tergeletak di ruang tengah, sampai tadi pagi pergi kerja belum saya liat........
Rekan2 penggemar aeromodeling, sepertinya pemula2 seperti saya harus selalu mendapatkan bimbingan dari senior2nya, karena ternyata permainan iini sangat berbahaya kalau kita kurang hati2.
Titip pesan kepada senior, jangan sungkan2 mengajari dan membimbing para pemula seperti saya agar hal serupa tidak terjadi kepada pemula lainnya.
Tapi kejadian tadi malem tidak membuat saya surut untuk bermain Aeromodeling, karena saya sudah terlanjur seneng, walau ke 4 pesawat yang ada di rumah baru Lama V-4 yang udah nurut dan bisa dikendalikan oleh saya, yang lainnya masih pada membangkang, alias gak bisa diatur...........hehehehehehe
Salam Aeromodeling untuk semuanya....
Oom tolong kirim gambarnya di Forum seperti apa tuh Bklade guard, bahannya dari apa? saya pengen punya
- Kiki_54
- First Lieutenant
- Posts: 1448
- Joined: 26 Oct 2007, 20:08
- Location: Cirebon
- Contact:
Budiman wrote:Alo Pak Dadang,
Turut prihatin dengan kejadian yang menimpa Anda...mengingatkan saya pada kejadian yg menimpa saya beberapa taun yg lalu..![]()
Kalo bole nanya neh..ESC nya T-REx udah di setting belum ya?...Tx yg digunakan apa ya,Pak?...kalo Futaba...seperti yg telah dijelaskan oleh rekan sebelumnya..pada channel 3 utk Throttle...harus diset REVERSE...karena saya perna celaka gara2 channel 3 ini...![]()
salam,
Budi
Makasih oom Budiman.......saya belum bisa seting2, semua masih menggunakan tenaga erpert (Oom FIHA, Oom Snowman dan Oom Nyong)......jadi waktu saya pasang servo mau coba2 test , dan posisi Futaba masih setingnya Hirobo, saya gak utak atik.itulah salahnya saya
Saya mulai sekarang akan belajar lebih dalam penggunaan Futaba
Semua saya maunya Instant....dan tau bersih...ternyata main ginian gak bisa seperti barang lainnya misalnya mobil ........