Pilihan Pswt utk Belajar F3A>Mohon Pencerahan

Diskusi pesawat rc tenaga engine
Post Reply
User avatar
beta_james
Chief Master Sergeant
Chief Master Sergeant
Posts: 798
Joined: 03 Apr 2007, 00:31
Location: Jakarta

Post by beta_james »

Om Richard postingan Om secara tidak sengaja saya telah menghapusnya........mohon maaf Om......tidak ada maksud saya untuk menghapusnya akan tetapi saya melakukan kesalahan Om tadinya saya ingin menanggapi postingan Om tetapi jadi malah menghapusnya...........

Sekali lg saya mohon maaf Om.......... [-o< [-o< [-o<
User avatar
richard
Technical Sergeant
Technical Sergeant
Posts: 304
Joined: 13 Aug 2008, 18:15
Location: Jakarta, Bali
Contact:

Post by richard »

[quote="sony"]om pemula 1 kira2 untuk belajar F3A itu persyaratan pswtnya seperti apa ya?[/quote]

Om Sony, menurut FAI, ini kwalifikasi pesawat yang di ijinkan kompetisi di kelas F3A. [img]http://i405.photobucket.com/albums/pp135/richardhutasoit/FAIF3Akwalifikasipesawat.jpg[/img].
Kalau aturan wing span, panjang fuselage & berat mungkin tidak terlalu sulit untuk dipenuhi. Peraturan tingkat kebisingan yang dihasilan mesin yang menurut saya perlu bahan referensi. Apa para suhu disini sudah pernah ada yang ukur berapa DB suara yang dihasilkan engine2 yang beredar ?

Sedangkan menurut SPA, ini link jenis pesawat yang boleh ikut kompetisi, http://www.seniorpattern.com/planes.asp.
Namanya juga Senior, jadi pesawat nya jadul2.

Untuk skedul manuver F3A versi FAI di babak penyisihan, ini [img]http://i405.photobucket.com/albums/pp135/richardhutasoit/FAIF3AP-09preeliminary.jpg[/img]

Dan untuk skedul manuver babak semifinal & final, ini, [img]http://i405.photobucket.com/albums/pp135/richardhutasoit/FAIF3AF09SemifinalFinal.jpg[/img]

Ini link ke site nya FAI untuk tambahan informasi mengenai judging system dan peraturan kompetisi selengkapnya, http://www.fai.org/aeromodelling/

tabik,
rh :)
User avatar
Budi
Colonel
Colonel
Posts: 2618
Joined: 09 Jul 2008, 13:39
Location: JAKARTA

Post by Budi »

richard wrote:
sony wrote:om pemula 1 kira2 untuk belajar F3A itu persyaratan pswtnya seperti apa ya?


Om Sony, menurut FAI, ini kwalifikasi pesawat yang di ijinkan kompetisi di kelas F3A.
Image
Kalau aturan wing span, panjang fuselage & berat mungkin tidak terlalu sulit untuk dipenuhi. Peraturan tingkat kebisingan yang dihasilan mesin yang menurut saya perlu bahan referensi. Apa para suhu disini sudah pernah ada yang ukur berapa DB suara yang dihasilkan engine2 yang beredar ?

Sedangkan menurut SPA, ini link jenis pesawat yang boleh ikut kompetisi, http://www.seniorpattern.com/planes.asp.
Namanya juga Senior, jadi pesawat nya jadul2.

Untuk skedul manuver F3A versi FAI di babak penyisihan, ini
Image

Dan untuk skedul manuver babak semifinal & final, ini,
Image

Ini link ke site nya FAI untuk tambahan informasi mengenai judging system dan peraturan kompetisi selengkapnya, http://www.fai.org/aeromodelling/

tabik,
rh :)



wah lengkap sekali....terimakasih oom Richard.... :bow: :bow:
User avatar
beta_james
Chief Master Sergeant
Chief Master Sergeant
Posts: 798
Joined: 03 Apr 2007, 00:31
Location: Jakarta

Post by beta_james »

Wah dah ada lagi niy.........maksih yach Om.........
User avatar
Budi
Colonel
Colonel
Posts: 2618
Joined: 09 Jul 2008, 13:39
Location: JAKARTA

Post by Budi »

Oom Sony and friend.....sepertinya kita mulai dari nol lagi nih........
User avatar
richard
Technical Sergeant
Technical Sergeant
Posts: 304
Joined: 13 Aug 2008, 18:15
Location: Jakarta, Bali
Contact:

Post by richard »

@om Pemula 1, sama-sama om.
Sudah ada pilihan untuk pesawatnya om ?
Btw, ini nick nya dah musti ganti, masak udah mau maen Pattern tapi masih pemula terus ? Heheheheh
User avatar
Budi
Colonel
Colonel
Posts: 2618
Joined: 09 Jul 2008, 13:39
Location: JAKARTA

Post by Budi »

richard wrote:@om Pemula 1, sama-sama om.
Sudah ada pilihan untuk pesawatnya om ?
Btw, ini nick nya dah musti ganti, masak udah mau maen Pattern tapi masih pemula terus ? Heheheheh


Sepertinya mulai dari Spot On dulu oom, tapi nunggu review dari Oom Bambang, engine beserta isinya dah ada....

nick ini emang mencerminkan kemampuan orgnya oom.....apalagi di Grage ini, saya bener2 pemula dibanding dengan para Suhu dan senior Grage......
User avatar
sony
Staff Sergeant
Staff Sergeant
Posts: 219
Joined: 08 Jul 2007, 06:05

Post by sony »

wah iya nih mulai lagi dari nol ( kayak pertamina pasti pas... =P~ )
ngumpul2lin jeroaan dulu dech ....kalau untuk nantinya mau ambil pesawat pattern yang class 50 karena untuk belajar dulu kira2 enginenya pake yang mana ya? 2 stroke atau 4 stroke trus enginenya yang ukuran berapa ya? :-k
User avatar
bwijono
Posts: 7
Joined: 22 Jun 2007, 14:03
Location: Jakarta

Post by bwijono »

Untuk mulai manuver patern saya stuju dg om James, bisa dg apa yang kita punya dulu seperti tiger II, supersport. Sempurna ?? pasti tidak namanya juga bukan pesawat patern. setelah itu bisa beralih ke patern yang ada dipasaran.

Omm Budi spot on 120 sudah maiden dan sukses terbangnya. yg mengejutkan begitu semua terpasang dg YS110 itu pesawat setimbang betul. ditimbang dg CG meter, tanpa koreksi beban jadi timah pemberat tidak perlu sama sekali.
Isi fuel dan terbang... Diatas aileron hanya koreksi 2 klik ke kanan... abis itu tinggal manuver.

Ternyata dengan body yg agak tembem dikit dari venus II, pilihan propeler untuk saya nyaman pada ukuran 15x6 atau 16x6 dan tentu fuel byron 20/20. Klo pake nitro 15% tenaga jadi pas pasan cenderung kurang.

Selamat menikmati pilihan anda :bow:
User avatar
Budi
Colonel
Colonel
Posts: 2618
Joined: 09 Jul 2008, 13:39
Location: JAKARTA

Post by Budi »

bwijono wrote:....Omm Budi spot on 120 sudah maiden dan sukses terbangnya. yg mengejutkan begitu semua terpasang dg YS110 itu pesawat setimbang betul. ditimbang dg CG meter, tanpa koreksi beban jadi timah pemberat tidak perlu sama sekali.
Isi fuel dan terbang... Diatas aileron hanya koreksi 2 klik ke kanan... abis itu tinggal manuver.

Ternyata dengan body yg agak tembem dikit dari venus II, pilihan propeler untuk saya nyaman pada ukuran 15x6 atau 16x6 dan tentu fuel byron 20/20. Klo pake nitro 15% tenaga jadi pas pasan cenderung kurang.

Selamat menikmati pilihan anda :bow:


Wah info menarik sekali.......saya dah pesan, ntar kalo datang langsung ngantri di meja perakitan.......jeroan dah komplit. Terimakasih Infonya Oom Bambang......ntar kalo dah jadi saya bawa ke Halim, mau belajar terbang sopan......he....he....he....
Post Reply