Page 5 of 16

Re: Tips, Teknik dan Trik untuk Hover Pesawat Fun Fly

Posted: 14 Dec 2008, 02:32
by su-31
arief wrote:kalo melihat foto om wisnu di atas, posisi pesawat pd saat hover agak condong ke depan
apakah ini memang sengaja utk mengurangi torque mesin supaya tdk terjadi torque roll atau lagi melawan angin?

...ternyata salah satu jurus 7J akan segera diredam oleh oom Arief.
Terpaksa eYang buka dapur...


Jadi memang demikianlah adanya...
Kalo kita tegak lurus 0/180derajat, pasti ada 2 kemungkinan.
Jatuh ke Canopy, atau ya..., masuk Torque-Roll.

Dan kalau ini kita bahas terus, termasuk apa yg dibahas oleh murid pembelot itu...
Maka hari ini 14-Des-2008, e7J terpaksa buka celana, ganti kain sarung.., bongkar rahasia "Close Hover".
(sebelum ahirnya dibaca oleh Pak Budi)...

Sebelumnya saya ulas dikit soal "Seni"..., karena ada kemiripan.
Ya contohnya yg lagi digandrungi si Blur.., Seni Fotografi.
Beauty is in the eye of the beholder.
Foto yg saya rasa jelek.., orang terkagum2 bilang bagus & sebaliknya.

Saya hover deket2.., ada orang yg bilang hebat.
Ketidakmampuan saya, dilihat orang sebagai suatu keahlian !.

...itu dia !!!.
Saya bisa hover deket2.., karena memang TIDAK mahir hover jauh dari saya.
Saya ndak bisa hover jauh2 dari saya.., justru karena kelemahan orientasi saya.

Saya cuma senyum kecut geli sendiri..., waktu saya hover di Irian dulu..,
..bule2 yg nonton pada tepok tangan sambil tereak2.., closer wiz.., closer !

Nah itu salah satu kaitannya.., kalo hover, syarat nya harus 2 ato 3 derajat miring ke belly..(agar ndak masuk T-Roll).
Lah, kalo jauh2..., bagaimana saya bisa liat kemiringannya ?????????
Belum lagi saat belly menghadap saya..., Cilaka 7J.

Tapi cerita ini nanti bakal berkepanjangan...
Misalnya, buat si Blur yg baru belajar Hover, ndak sekali kali saya anjurkan hover deket/rendah. (at least 3 mistakes high).
Kalau engine quit.., apa yg terjadi kalo hover rendah2.
Gak Newbie gak Expert.., Kayak Bill Hempel yg baru mau Torque-Roll dengan 40% Edge nya..,
..engine hi-end (3W)nya mati..., ndak ada obat nya.

Lantas gimana dong ?
Tinggi susah, rendah jangan.., wuah maunya apa sih ??.

OK...
Practice, belajar, Practice & Belajar.
Nanti kita terusin ya..,
CG, Throttle setting, Control deflection, dmm (dan macem macem).
...ini lagi merampungken tulisan bikin wayang planker dulu nih...

@ Pak Budi...
Bagaimana Pak.., saya dah ngaku dosa nih.

Re: Tips, Teknik dan Trik untuk Hover Pesawat Fun Fly

Posted: 14 Dec 2008, 04:11
by Budi
Tapi Eyang.....kalo miring/condong ke depan beberapa derajat kan pesawt bakal jalan terus........

oooo....makanya kalo hover, Eyang seperti angon guk guk....(istilanya Eidri).........

atau. supaya bisa miring berarti kan kita hovernynya into the wind? bener nggak Eyang?

Re: Tips, Teknik dan Trik untuk Hover Pesawat Fun Fly

Posted: 14 Dec 2008, 08:30
by Redblur
iya om,bukanya kalau ke depan bisa masuk Harrier??

kok bisa nahan biar diem ya??

om wisnu mau tanya,gimana yah nurunin ketinggian saat hover ? (selama ini bisanya nambahin ketinggian doang)

Re: Tips, Teknik dan Trik untuk Hover Pesawat Fun Fly

Posted: 15 Dec 2008, 00:36
by su-31
Budi wrote:....kalo miring/condong ke depan beberapa derajat kan pesawt bakal jalan terus....

Redblur wrote:...bukanya kalau ke depan bisa masuk Harrier??


Dua2nya bener, dan...
Kedua statement diatas menunjukkan :
Yg satu memang udah expert, yg satu lagi (yg masih muda).., bakal jadi expert juga.

Thread2 kayak gini ini bagus...
Share pengalaman, bagi2 knowledge dll.
Saya pingin nerusin bahas, tapi waktunya terbatas sekali.
Lha wong kelapangan aja gak bisa...

InsyaAllah.., I'll be back. (makanya Doa in dong Blur !)

Re: Tips, Teknik dan Trik untuk Hover Pesawat Fun Fly

Posted: 15 Dec 2008, 02:30
by arief
thanks atas pencerahannya om wisnu

kalo melihat ketiga foto om wisnu, terlihat tidak ada deflection sama sekali dari ketiga bidang control: ail, ele dan rud. semuanya rata di posisi normal. how come?

apakah throw di setting sangat kecil/halus atau jempolnya sangat cepat sehingga tidak tertangkap kamera atau pilotnya sangat expert sehingga pesawat sangat tenang?

Re: Tips, Teknik dan Trik untuk Hover Pesawat Fun Fly

Posted: 16 Dec 2008, 12:38
by Syafik
Ilmunya sangat bermanfaat banget, jadi tau sedikit banyak ilmu per hover an

Re: Tips, Teknik dan Trik untuk Hover Pesawat Fun Fly

Posted: 16 Dec 2008, 17:36
by AgoesAurelz
ntar dipraktikum di simulator ah..
Btw.. Eyang, kalo utk hover perlu ngga program "mixing" antara gerakan Aileron mix ke ruder?

Re: Tips, Teknik dan Trik untuk Hover Pesawat Fun Fly

Posted: 16 Dec 2008, 19:47
by toto
Augustinus Aurelius wrote:ntar dipraktikum di simulator ah..
Btw.. Eyang, kalo utk hover perlu ngga program "mixing" antara gerakan Aileron mix ke ruder?


Om AA, kalo enggak salah kalo di mixing malah jadi berantakan tuh hovernya lebih di couple saja dengan gerakan manual soalnya godegnya buntut waktu hoover lain untuk mengcounternya dibandingkan untuk keperluan loop dan roll maupun kaya snap roll .............. ini juga kalo enggak salah loh ya ............ ayo E7J muncul dong jangan cuman muntup2 doang

Re: Tips, Teknik dan Trik untuk Hover Pesawat Fun Fly

Posted: 16 Dec 2008, 19:55
by AgoesAurelz
toto wrote:
Augustinus Aurelius wrote:ntar dipraktikum di simulator ah..
Btw.. Eyang, kalo utk hover perlu ngga program "mixing" antara gerakan Aileron mix ke ruder?


Om AA, kalo enggak salah kalo di mixing malah jadi berantakan tuh hovernya lebih di couple saja dengan gerakan manual soalnya godegnya buntut waktu hoover lain untuk mengcounternya dibandingkan untuk keperluan loop dan roll maupun kaya snap roll .............. ini juga kalo enggak salah loh ya ............ ayo E7J muncul dong jangan cuman muntup2 doang


maksud mixing rudernya berlawanan dengan aileron pak (contra ruder).. jadi waktu aileron gerak ke kanan rudernya justru ke kiri untuk ngimbangin supaya tetap tegak lurus.... Gimana kira2 dampaknya?

Re: Tips, Teknik dan Trik untuk Hover Pesawat Fun Fly

Posted: 16 Dec 2008, 20:13
by toto
om AA, kayanya untuk mempertahankan agar pesawat tetap tegak lurus dan diem adalah kombinasi throttle management untuk menjaga agar pesawat bisa bertahan pada ketinggian tertentu dan kombinasi rudder dan elevator untuk mempertahankan agar pesawat tetap tegak dan aileron sifatnya untuk mengontrol agar pesawat tidak muter.

kalo muternya/mlintirnya pesawat pada sumbu sepanjang fuselage sudah dapat diprediksi sesuai dengan arah rotasi mesin tapi kalo gerakan jatuh kedepan/belakang atau kanan/kiri gimana maunya si pesawat aja, jadi suatu saat counter rudder maupun elevator sifatnya dapat dikatakan tidak beraturan lain dengan counter aileron sifatnya yg beraturan tinggal mengatur besar/kecil defleksi/thrownya saja

kira2 gitu deh yang saya liat yang pada udah main hoover kalo saya sih masih belon berani yg deket2 rumput ....