Rakit Delta Sport 30

Diskusi dan sharing teknik2 manuver aerobatik dan 3D

Moderator: su-31

User avatar
Susilo
Airman First Class
Airman First Class
Posts: 90
Joined: 02 Mar 2009, 20:26
Location: Sidoarjo (was) - Bandung (move to)

Re: Rakit Delta Sport 30

Post by Susilo »

dino wrote:
kula wrote:maaf pertanyaan nya agak ndeso...
Tp maksud nya TIP STALL itu gmn pak ? Kalo spin stall daku dah paham krn pernah ngalamin sendiri.

yg saya tau pswt oleng terus nos in menghadap arah gravitasi.... ](*,) ](*,) ](*,)

Betul om dpt 100. tks
User avatar
kula
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 695
Joined: 17 Jan 2007, 19:06
Location: Cirebon kota udang yg dah gak ada udang nya

Re: Rakit Delta Sport 30

Post by kula »

hari ini tadi dah maiden...thx buat Om Susilo & Om AA atas petunjuk CG nya.dive
pake engine ASP 46 yg dah berumur setengah baya msh ngebut !!! ( maklum biasanya nerbangin WD & SS40, jd kaget ).

take off lancar, stlh tinggi, coba turunkan throtle ke 60% sambil trim2 remote.. pswt lsg limbung, mlintir & dive #-o #-o

untung dah tinggi, jd sempat reovery. naikkan throtle sampe 80%...aman..
tapi begitu belok dgn sudut kemiringan yg agak tinggi, gejala tip stall itu terjadi lagi !! #-o #-o

ampun deh, kyk nya memang gak boleh turunin throtle nich pswt.....overall pswt ini kuenceeeeng...aileron nya sensitif bgt, sampe daku pake expo 30% baru bisa handle.
User avatar
Susilo
Airman First Class
Airman First Class
Posts: 90
Joined: 02 Mar 2009, 20:26
Location: Sidoarjo (was) - Bandung (move to)

Re: Rakit Delta Sport 30

Post by Susilo »

kula wrote:hari ini tadi dah maiden...thx buat Om Susilo & Om AA atas petunjuk CG nya.dive
pake engine ASP 46 yg dah berumur setengah baya msh ngebut !!! ( maklum biasanya nerbangin WD & SS40, jd kaget ).

take off lancar, stlh tinggi, coba turunkan throtle ke 60% sambil trim2 remote.. pswt lsg limbung, mlintir & dive #-o #-o

untung dah tinggi, jd sempat reovery. naikkan throtle sampe 80%...aman..
tapi begitu belok dgn sudut kemiringan yg agak tinggi, gejala tip stall itu terjadi lagi !! #-o #-o

ampun deh, kyk nya memang gak boleh turunin throtle nich pswt.....overall pswt ini kuenceeeeng...aileron nya sensitif bgt, sampe daku pake expo 30% baru bisa handle.

ya, itulah karakteristic dari type pesawat tsb. tidak mau diajak santai. tks
User avatar
Kang Dadan
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 197
Joined: 24 Oct 2008, 16:29
Location: BANDUNG
Contact:

Re: Rakit Delta Sport 30

Post by Kang Dadan »

Susilo wrote:
kula wrote:hari ini tadi dah maiden...thx buat Om Susilo & Om AA atas petunjuk CG nya.dive
pake engine ASP 46 yg dah berumur setengah baya msh ngebut !!! ( maklum biasanya nerbangin WD & SS40, jd kaget ).

take off lancar, stlh tinggi, coba turunkan throtle ke 60% sambil trim2 remote.. pswt lsg limbung, mlintir & dive #-o #-o

untung dah tinggi, jd sempat reovery. naikkan throtle sampe 80%...aman..
tapi begitu belok dgn sudut kemiringan yg agak tinggi, gejala tip stall itu terjadi lagi !! #-o #-o

ampun deh, kyk nya memang gak boleh turunin throtle nich pswt.....overall pswt ini kuenceeeeng...aileron nya sensitif bgt, sampe daku pake expo 30% baru bisa handle.

ya, itulah karakteristic dari type pesawat tsb. tidak mau diajak santai. tks


waduh,,saya juga ada delta sport30,,dah dicangkok engin OS46AX,,,klo liat thread ni malah jadi jiper
tp gpp lah,,,katanya om susilo mo ke bandung?
User avatar
kula
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 695
Joined: 17 Jan 2007, 19:06
Location: Cirebon kota udang yg dah gak ada udang nya

Re: Rakit Delta Sport 30

Post by kula »

rawe rawe rantas malang malang putung...
daripada cuma jadi pajangan di rumah...mendingan....hajaaaarrr..terbangkan !!!....huehehehe...
itu prinsip ku tadi pagi...
User avatar
AgoesAurelz
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1315
Joined: 20 Oct 2007, 19:03
Location: Mataram-Lombok

Re: Rakit Delta Sport 30

Post by AgoesAurelz »

=D> =D> =D> =D> =D>
mantaaapp.....

jangan kuatir pak... kalo udah biasa hi-speed terus, ngga akan dag-dig-dug terbangnya...
User avatar
Kang Dadan
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 197
Joined: 24 Oct 2008, 16:29
Location: BANDUNG
Contact:

Re: Rakit Delta Sport 30

Post by Kang Dadan »

klo pesawat deltasport ukuran 30 trus dicangkok engine OS 46AX, paling cocok dipasang propeler ukuran berapa y?
User avatar
kula
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 695
Joined: 17 Jan 2007, 19:06
Location: Cirebon kota udang yg dah gak ada udang nya

Re: Rakit Delta Sport 30

Post by kula »

@ kang dadan.. Aku pake 10x6
@ om AA.. Tetap aja daku deg degan om.. Dgn kecepatan segitu kalo landing spiner duluan di runway pasti bunyi nya maknyoos... Hehehe
User avatar
Susilo
Airman First Class
Airman First Class
Posts: 90
Joined: 02 Mar 2009, 20:26
Location: Sidoarjo (was) - Bandung (move to)

Re: Rakit Delta Sport 30

Post by Susilo »

Kang Dadan wrote:
Susilo wrote:
kula wrote:hari ini tadi dah maiden...thx buat Om Susilo & Om AA atas petunjuk CG nya.dive
pake engine ASP 46 yg dah berumur setengah baya msh ngebut !!! ( maklum biasanya nerbangin WD & SS40, jd kaget ).

take off lancar, stlh tinggi, coba turunkan throtle ke 60% sambil trim2 remote.. pswt lsg limbung, mlintir & dive #-o #-o

untung dah tinggi, jd sempat reovery. naikkan throtle sampe 80%...aman..
tapi begitu belok dgn sudut kemiringan yg agak tinggi, gejala tip stall itu terjadi lagi !! #-o #-o

ampun deh, kyk nya memang gak boleh turunin throtle nich pswt.....overall pswt ini kuenceeeeng...aileron nya sensitif bgt, sampe daku pake expo 30% baru bisa handle.

ya, itulah karakteristic dari type pesawat tsb. tidak mau diajak santai. tks


waduh,,saya juga ada delta sport30,,dah dicangkok engin OS46AX,,,klo liat thread ni malah jadi jiper
tp gpp lah,,,katanya om susilo mo ke bandung?

Betul om, tinggal tunggu mungkin bln dpn. tks
User avatar
suprayitno
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 722
Joined: 12 Mar 2008, 10:05
Location: Sidoarjo

Re: Rakit Delta Sport 30

Post by suprayitno »

kula wrote:hari ini tadi dah maiden...thx buat Om Susilo & Om AA atas petunjuk CG nya.dive
pake engine ASP 46 yg dah berumur setengah baya msh ngebut !!! ( maklum biasanya nerbangin WD & SS40, jd kaget ).

take off lancar, stlh tinggi, coba turunkan throtle ke 60% sambil trim2 remote.. pswt lsg limbung, mlintir & dive #-o #-o

untung dah tinggi, jd sempat reovery. naikkan throtle sampe 80%...aman..
tapi begitu belok dgn sudut kemiringan yg agak tinggi, gejala tip stall itu terjadi lagi !! #-o #-o

ampun deh, kyk nya memang gak boleh turunin throtle nich pswt.....overall pswt ini kuenceeeeng...aileron nya sensitif bgt, sampe daku pake expo 30% baru bisa handle.

Om dua Minggu lalu teman Gedangan juga maiden pesawat ini. Kebetulan saya yang nyarikan CGnya. Jadi penasaran dan ikut deg-degan ketika maiden. Bahkan jadi perhatian orang banyak ketika maiden, bukan apa, karena pemiliknya nekad dan pasrah hehehe. Setelah landing dengan mulus, kalau saya perhatikan terbangnya enak dan bisa glide. Bahkan pemliknya juga heran ternyata tidak sesulit yang dibayangkan. Diatas juga di coba close throtle, cuma saya nggak melihat pengurangan kecapatan yang signifikan.
Bayangan saya karena ini pesawat cepat, pasti landingnya kesulitan, atau kebablasan. Ternyata ndak juga, sama dengan pesawat yang lainnya yang sekelas.
Engine yang terpasang OS55 kalau nggak salah. Kalau mencari CG dengan memanfaatkan berat bateray jadi nggak ketemu.(Baterai harus diletakkan di ujung tail dan nggak mungkin). Jadi batterai saya letakkan di bodi belakang sayap, kemudian terpaksa nambah timah yang agak lumayan. Untuk nyari CGnya saya manfaat-kan spread sheet program bantu dan saya cek dengan cara tarik garis diagonal untuk menemukan Arodinamik Cordnya.
Post Reply