Trex 600 ku mulai rewel

Diskusi Heli RC secara umum

Moderators: e12ry, Yudha

User avatar
christoffel
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1291
Joined: 04 Jan 2008, 13:42
Location: Pondok Chandra Surabaya

Re: Trex 600 ku mulai rewel

Post by christoffel »

@om budiman

Budiman wrote:saya tidak tau persis..bagaimana gyro tidak dipergunakan pada heli Anda...apakah heli tsb adalah menggunakan sistem XRB?...ato bagaimana?...

itu jaman dulu banget, jadi hely nya ya hirobo yg versi awal dulu, nggak tau sekarang disebut apa.
seharusnya memang diberi gyro mekanik (sekarang kita sebut gyro ngeng karena motornya berputar terus dan berbunyi ngeeeng ..) cuman karena ketidak tahuan kita aja (dan nggak ada dana juga sih :shy ) jadi nggak dipasangin.
Hely memang bisa terbang meski dg susah payah. Tapi saya tidak bilang bahwa gyro tidak diperlukan lho ... cuman terbukti bisa terbang aja. Hely sejenis puma yg dipake di perkebunan juga nggak pake gyro kan ...

Budiman wrote:Jika untuk mempertahankan rpm Engine utk headspeed yg diinginkan pada R/C helicopter..bole jadi..ya mungkin saja...namun balik2 nya..saya berpikir lagi..kalo demikian..Throttle curve apalah artinya ya setelah ditemukan aplikasi Governor pada R/C helicopter..rasanya tumpang tindih..sedangkan parameter Throttle curve (5point ato lebih, tergantung Radionya)diatur berdasarkan prosentase beban, yg dalam hal ini Pitch melalui Pitch curve(5 point ato lebih,tergantung radionya)....

ya memang ini fungsi utama nya om ...
kalau governer sudah aktif, throtle curve sudah nggak dipake lagi, karena memang governer menggantikan fungsi throtle curve.
begini pertimbangannya, throtle curve itu di set berdasarkan perkiraan saja karena radio tidak punya data rpm aktualnya, logikanya kalau pitch bertambah, beban mesin juga bertambah, karenanya throtle kita tambah juga. kalau dalam ilmu control ini disebut open loop control, tidak ada feedback ...
Dengan governer, sistim controlnya dibuat tertutup dengan adanya sensor rpm. jadi hasilnya lebih baik dari pada sekedar throtle curve di tx, itu bukan karena apa2 tetapi karena memang sistim controlnya sudah close-loop. seandainya karena satu dan lain hal rpm turun, unit governer akan memberikan kompensasi supaya rpm nya nggak lari jauh2 dari setting nya ...

Budiman wrote:engine tetap butuh waktu utk ber-akselerasi...

lha ya ini yg berusaha di hindari oleh governer (juga dg throtle curve yg dibuat exponensial).
supaya nggak perlu accelerasi, rpm engine di panteng di maximum torsi nya. jadi saat tiba2 perlu power besar engine memang sudah ready, nggak perlu nunggu accelerasi lagi.

Budiman wrote:Akhirnya saya berpikir..komponen ini malah bikin susah dan ribet saja...ya saya cabutlah dari sistem ...habis perkara...

Nah, pada kesempatan ini...saya hanya ingin menggali..seberapa pentingnya kah Governor pada Engine R/C helicopter?...apakah sama tingkat priority penggunaannya, seperti dengan Gyro?..Saya hendak meluruskan pandangan salah saya mengenai aplikasi Governor pada R/C heli engine ini...
Mohon pencerahan..

yg saya tanyakan ke om kiki memang ini pak. karena menurut saya juga, governer ini sebenarnya kebutuhan lux, bukan primer, dan bukan juga sekunder (khususnya untuk yg terbang normal2 saja). biasanya hanya yg expert yg merasa perlu pake. kalau kelas seperti saya, masih belum mampu merasakan fungsinya ... apalagi, nyetelnya juga nggak semudah yg ditulis di bukunya. harus betul2 faham dulu kebutuhan helynya dan kemampuan engine nya ... makanya saya lebih menyarankan om kiki untuk di cabut saja dulu ... hehehe ...
Lain hal nya dg gyro. kalau ini termasuk kebutuhan primer. apalagi buat pemula seperti saya, semakin banyak semakin membantu.

nb: Bukan berarti governer tidak berguna, tapi kalau saya cenderung meng-analogi-kan nya seperti spoiler pada mobil balap.
gunanya untuk menekan mobil agar tetap nempel ke aspal saat kecepatan tinggi. ini memang penting sekali, jadi boleh dibilang kebutuhan primer, tapi pada mobil balap lho ...
kalau dipasang pada mobil pribadi yg cuman dipake ke kantor, ya mubazir jadinya, lha barang ini kan baru berfungsi pada kecepatan tinggi ...
jadi kalau mau balap, baru perlu dipasang ...
User avatar
Kiki_54
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1448
Joined: 26 Oct 2007, 20:08
Location: Cirebon
Contact:

Re: Trex 600 ku mulai rewel

Post by Kiki_54 »

Alhamdulillah..............dengan postingan saya ini, saya mendapat hikmah besaaaar, dengan membaca semua masukan pengalaman,teori para senior dibidang helly seddikit demi sedikit saya memahami helly lebih dalam.

Atas dasar tulisan yang paling akhir dari Oom Budi Santoso, tadi pagi setelah solat subuh saya periksa lagi helly saya, saya liat di govrtnoor ada socket terbuka yang seharusnya tempat cable Throtle.

Tadi siang setelah pulang dari Penggung saya jum'atan selesai makan siang saya buka lagi helly, saya cabut cable throtle dari (Chenel 6) RX dan saya pindahkan ke Governoor, lalu di chanel 6 saya masukan cable dari governoor, selanjutnya cable kuning dari governoor saya gabungkan lagi dengan cable merah/hitam dari Regulator dan saya colokan lagi ketempatnya (ch.7)

Lalu saya hidupkan Radio, On kan RX, ternyata Thrlotle berfungsi lagi........ semua servo berfungsi sesuai perintah Radi Alhamdulillah
Semula helly mau ditest lagi sore ini, namun cuaca tidak mengizinkan (Hujan) dan Oom Dadan juga batal datang ke Penggung.

Rencara hari minggu depan sayaakan test di Pengung..........dan akan saya laporkan hasilnya.
User avatar
adipur
trainee
trainee
Posts: 24
Joined: 11 Jan 2008, 10:31
Location: Pamulang, Tangerang
Contact:

Re: Trex 600 ku mulai rewel

Post by adipur »

Pak Kiki, kalo saya biasanya pas setting beginian tanpa ada expert yg nemenin, main blade saya copot dulu. Jadi kalo ada salah setting, tingkat bahayanya berkurang.

Saya setuju dgn om Budiman & Om Chris, governor ini sebetulnya hanya pelengkap aja. Gak penting2 amat kecuali kalau manuvernya sudah ekstrim sehingga setting throttle curve saja dirasa kurang cukup. Saya dengar pemain F3C di Halim jg jarang/tidak ada yg pakai governor, setting rpm dilakukan dgn mengubah throttle curve saja sesuai dgn pembacaan dari tachometer. Beda dgn pemain 3D yg lebih mengandalkan governor utk memaintain rpm engine.

Saya sendiri dulu pakai governor, terasa sekali rpm engine konstan tanpa harus repot setting throttle curve. Ibaratnya mobil matic, kita taunya cuman nge-gas sama nge-rem aja, gak perlu mikir ganti gigi sama main coupling.

Tapi sayangnya berhubung saya masih pemula, ternyata ada efek samping yg kurang baik dgn penggunaan governor ini. Dgn pemasangan governor, jika rpm engine kurang, maka dia akan mengoreksi dgn "menaikkan throttle", dan jika rpm engine berlebih maka throttle akan diturunkan.
Sayangnya, utk pemula seperti saya, kadang kita tidak tau apakah rpm engine yg berlebih itu karena setting throttle curve-nya yg kurang tepat, ataukah karena beban enginenya berkurang karena pengurangan pitch, salah setting governor, atau malah karena aliran fuelnya terhambat.

Saya pernah mengalami selang dalam di fuel tank mulai berlubang/sobek sehingga aliran fuel ke engine tersendat. Pada kondisi normal tanpa governor, engine akan melengking karena lean. Tetapi berhubung saya menggunakan governor, si governor akan memerintahkan throttle servo utk mengurangi "gas"-nya utk mengurangi rpm engine. Akibatnya saya tidak tahu ada masalah di heli saya sampai dgn enginenya jebol karena keseringan lean. Akhirnya skrg semua heli saya tanpa governor. Lbh baik dipensiunkan governornya daripada belanja engine terus. Lagian terbangnya jg masih patroli, gak ada urgensinya pake governor.
User avatar
Budiman
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1263
Joined: 17 Jan 2007, 15:27
Location: bekasi-surabaya
Contact:

Re: Trex 600 ku mulai rewel

Post by Budiman »

@ Om Christ dan Om Adipur,
Semakin kita menggali tentang aplikasi Governor pada R/C Heli engine, maka semakin nampak beberapa aspek penting dan tidak pentingnya sekarang, seperti yg Om Christ katakan sebagai fungsi "closed-loop control"...dan kejadian real yg dialami Om Adipur saat mengalami failure pada selang fuel nya, Governor justru memberikan respon yg salah saat masalah yg nyata muncul....
Soal terbang patroli, terbang normal (cuma hovering) atopun pemula dlm menerbangkan heli ini, saya kira bukan menjadi tolok ukur yg sebenarnya soal menentukan perlu tidaknya aplikasi Governor tsb...
Saya sengaja membuka polemik ini, untuk membuka wawasan kita ,terutama saya(yg cuma bisa nerbangin heli)...untuk tidak terkungkung oleh jargon2 iklan pabrik...kita jadi tau tentang perlu tidaknya sebuah komponen canggih dipasang pada heli...bukan asal pasang saja, tapi sama sekali tidak memahami fungsi dan aplikasi yg sesungguhnya...
Baiklah kalo begitu..saya rasa, polemik ini tidak perlu diperpanjang lagi...sekarang pilihan diserahkan oleh masing2 pilot...

salam,
budiman
User avatar
jstnt
Airman First Class
Airman First Class
Posts: 78
Joined: 29 Oct 2007, 22:50
Location: Jakarta (ASAC)
Contact:

Re: Trex 600 ku mulai rewel

Post by jstnt »

adipur wrote:Pak Kiki, kalo saya biasanya pas setting beginian tanpa ada expert yg nemenin, main blade saya copot dulu. Jadi kalo ada salah setting, tingkat bahayanya berkurang.

Saya setuju dgn om Budiman & Om Chris, governor ini sebetulnya hanya pelengkap aja. Gak penting2 amat kecuali kalau manuvernya sudah ekstrim sehingga setting throttle curve saja dirasa kurang cukup. Saya dengar pemain F3C di Halim jg jarang/tidak ada yg pakai governor, setting rpm dilakukan dgn mengubah throttle curve saja sesuai dgn pembacaan dari tachometer. Beda dgn pemain 3D yg lebih mengandalkan governor utk memaintain rpm engine.

Saya sendiri dulu pakai governor, terasa sekali rpm engine konstan tanpa harus repot setting throttle curve. Ibaratnya mobil matic, kita taunya cuman nge-gas sama nge-rem aja, gak perlu mikir ganti gigi sama main coupling.

Tapi sayangnya berhubung saya masih pemula, ternyata ada efek samping yg kurang baik dgn penggunaan governor ini. Dgn pemasangan governor, jika rpm engine kurang, maka dia akan mengoreksi dgn "menaikkan throttle", dan jika rpm engine berlebih maka throttle akan diturunkan.
Sayangnya, utk pemula seperti saya, kadang kita tidak tau apakah rpm engine yg berlebih itu karena setting throttle curve-nya yg kurang tepat, ataukah karena beban enginenya berkurang karena pengurangan pitch, salah setting governor, atau malah karena aliran fuelnya terhambat.

Saya pernah mengalami selang dalam di fuel tank mulai berlubang/sobek sehingga aliran fuel ke engine tersendat. Pada kondisi normal tanpa governor, engine akan melengking karena lean. Tetapi berhubung saya menggunakan governor, si governor akan memerintahkan throttle servo utk mengurangi "gas"-nya utk mengurangi rpm engine. Akibatnya saya tidak tahu ada masalah di heli saya sampai dgn enginenya jebol karena keseringan lean. Akhirnya skrg semua heli saya tanpa governor. Lbh baik dipensiunkan governornya daripada belanja engine terus. Lagian terbangnya jg masih patroli, gak ada urgensinya pake governor.


Yang bener om masi pemula? wakaka

Sedikit sharing tentang governor dengan teman teman, governor emang membantu kita untuk manuver jadi lebih mudah karena rpm menjadi lebih konstan, sebaiknya untuk mendapat hasil maksimal dari fungsi governor coba usahakan di tx diset dulu travel servonya, sebaiknya travel servo throtle untuk high dan lownya sama. setelah setting endpoint lalu kalibrasi governornya. Sebaiknya setting mesin tanpa governor dulu, setelah engine terasa ok baru governor diaktifkan. Untuk throtle curve banyak yang menggunakan flat 100 karena sudah pakai governor, kalau saya sendiri selalu setting throtle curve 100-80-100 untuk idle karena device electronic tidak selalu bekerja baik kadang ada miss-nya, kalau terjadi miss maka engine akan over rpm yang berujung pada mesin jebol. Jadi governor sendiri bisa membantu kita mengatur rpm tp bisa juga membuat heli kita berantakan. Semoga bisa membantu teman teman sekalian.
User avatar
budi.santoso
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 506
Joined: 09 Jul 2007, 23:25
Location: Jakarta
Contact:

Re: Trex 600 ku mulai rewel

Post by budi.santoso »

Kiki_54 wrote:Alhamdulillah..............dengan postingan saya ini, saya mendapat hikmah besaaaar, dengan membaca semua masukan pengalaman,teori para senior dibidang helly seddikit demi sedikit saya memahami helly lebih dalam.

Atas dasar tulisan yang paling akhir dari Oom Budi Santoso, tadi pagi setelah solat subuh saya periksa lagi helly saya, saya liat di govrtnoor ada socket terbuka yang seharusnya tempat cable Throtle.

Tadi siang setelah pulang dari Penggung saya jum'atan selesai makan siang saya buka lagi helly, saya cabut cable throtle dari (Chenel 6) RX dan saya pindahkan ke Governoor, lalu di chanel 6 saya masukan cable dari governoor, selanjutnya cable kuning dari governoor saya gabungkan lagi dengan cable merah/hitam dari Regulator dan saya colokan lagi ketempatnya (ch.7)

Lalu saya hidupkan Radio, On kan RX, ternyata Thrlotle berfungsi lagi........ semua servo berfungsi sesuai perintah Radi Alhamdulillah
Semula helly mau ditest lagi sore ini, namun cuaca tidak mengizinkan (Hujan) dan Oom Dadan juga batal datang ke Penggung.



Rencara hari minggu depan sayaakan test di Pengung..........dan akan saya laporkan hasilnya.


Om Kiki_54, sebelum enginenya dihidupkan sebaiknya dilakukan kalibrasi Travel dari Throttle pada governor.
Caranya sbb:
1. Letakkan stik throttle pada posisi paling bawah.
2. Hidupkan TX.
3. Hidupkan Receiver (RX).
4. Ketika lampu LED di governor menyala, tekan tombol yg ada di governor selama 3 detik.
5. Setelah tombol ditekan selama 3detik, lampu LED akan berkedip lalu naikkan stik throttle sampai posisi maksimal.
6. Setelah itu lampu LED akan mati sejenak kemudian menyala kembali, ini menandakan setting selesai.

Nah, setelah setting throttle travel selesai maka silahkan matikan semuanya spt TX dan RX.
Lalu mulai deh lakukan prosedur utk menghidupkan heli seperti biasanya..
Semoga berhasil.

Salam,
User avatar
Kiki_54
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1448
Joined: 26 Oct 2007, 20:08
Location: Cirebon
Contact:

Re: Trex 600 ku mulai rewel

Post by Kiki_54 »

budi.santoso wrote:
Kiki_54 wrote:Alhamdulillah..............dengan postingan saya ini, saya mendapat hikmah besaaaar, dengan membaca semua masukan pengalaman,teori para senior dibidang helly seddikit demi sedikit saya memahami helly lebih dalam.

Atas dasar tulisan yang paling akhir dari Oom Budi Santoso, tadi pagi setelah solat subuh saya periksa lagi helly saya, saya liat di govrtnoor ada socket terbuka yang seharusnya tempat cable Throtle.

Tadi siang setelah pulang dari Penggung saya jum'atan selesai makan siang saya buka lagi helly, saya cabut cable throtle dari (Chenel 6) RX dan saya pindahkan ke Governoor, lalu di chanel 6 saya masukan cable dari governoor, selanjutnya cable kuning dari governoor saya gabungkan lagi dengan cable merah/hitam dari Regulator dan saya colokan lagi ketempatnya (ch.7)

Lalu saya hidupkan Radio, On kan RX, ternyata Thrlotle berfungsi lagi........ semua servo berfungsi sesuai perintah Radi Alhamdulillah
Semula helly mau ditest lagi sore ini, namun cuaca tidak mengizinkan (Hujan) dan Oom Dadan juga batal datang ke Penggung.



Rencara hari minggu depan sayaakan test di Pengung..........dan akan saya laporkan hasilnya.


Om Kiki_54, sebelum enginenya dihidupkan sebaiknya dilakukan kalibrasi Travel dari Throttle pada governor.
Caranya sbb:
1. Letakkan stik throttle pada posisi paling bawah.
2. Hidupkan TX.
3. Hidupkan Receiver (RX).
4. Ketika lampu LED di governor menyala, tekan tombol yg ada di governor selama 3 detik.
5. Setelah tombol ditekan selama 3detik, lampu LED akan berkedip lalu naikkan stik throttle sampai posisi maksimal.
6. Setelah itu lampu LED akan mati sejenak kemudian menyala kembali, ini menandakan setting selesai.

Nah, setelah setting throttle travel selesai maka silahkan matikan semuanya spt TX dan RX.
Lalu mulai deh lakukan prosedur utk menghidupkan heli seperti biasanya..
Semoga berhasil.

Salam,


Walah.................ada lagi rupanya yang harus saya kerjakan ya Oom.......... Terima kasih diberitahu nanti saya akan lakukan.

Terima kasih Oom Budi...........salam
User avatar
Kiki_54
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1448
Joined: 26 Oct 2007, 20:08
Location: Cirebon
Contact:

Re: Trex 600 ku mulai rewel

Post by Kiki_54 »

Alhamdulillah re seting Trex 600 saya telah selesai oleh teknisinya Pa Agus E-Helly, besok rencana test terbang di Pancoran, saya gak pernah pergi kesana ...hehehe
User avatar
budi.santoso
Senior Master Sergeant
Senior Master Sergeant
Posts: 506
Joined: 09 Jul 2007, 23:25
Location: Jakarta
Contact:

Re: Trex 600 ku mulai rewel

Post by budi.santoso »

Tenang paak.. Pasti ketemu koq :)
Letaknya dipinggir jalan,tdk susah nyarinya.
User avatar
Kiki_54
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1448
Joined: 26 Oct 2007, 20:08
Location: Cirebon
Contact:

Re: Trex 600 ku mulai rewel

Post by Kiki_54 »

budi.santoso wrote:Tenang paak.. Pasti ketemu koq :)
Letaknya dipinggir jalan,tdk susah nyarinya.


Ahirnya kita copy darat ya Oom Budi..........terima kasih atas keramahannya, saya sangat terkesan sekali bisa melihat Oom Budi menyiksa Helly nya............luar biasa..........saya cuman bisa bengong terpaku...................

cita2 saya tidak setinggi kehebatan Oom Budi....saya cuman pengen muter2 dilapangan bola di kampung saya (kuningan) ditonton orang rame......................karena mereka ingin sekali melihat helly sy terbang muter2 dilapangan bola. selama ini saya biasa bawa WD dan pesawat electric lainnya.

Siang ini saya kembali ke Cirebon membawa Trex yang udah siap terbang kembali.............saya akan belatih lagi mudah2an bisa............
Post Reply