Budiman wrote:saya tidak tau persis..bagaimana gyro tidak dipergunakan pada heli Anda...apakah heli tsb adalah menggunakan sistem XRB?...ato bagaimana?...
itu jaman dulu banget, jadi hely nya ya hirobo yg versi awal dulu, nggak tau sekarang disebut apa.
seharusnya memang diberi gyro mekanik (sekarang kita sebut gyro ngeng karena motornya berputar terus dan berbunyi ngeeeng ..) cuman karena ketidak tahuan kita aja (dan nggak ada dana juga sih

Hely memang bisa terbang meski dg susah payah. Tapi saya tidak bilang bahwa gyro tidak diperlukan lho ... cuman terbukti bisa terbang aja. Hely sejenis puma yg dipake di perkebunan juga nggak pake gyro kan ...
Budiman wrote:Jika untuk mempertahankan rpm Engine utk headspeed yg diinginkan pada R/C helicopter..bole jadi..ya mungkin saja...namun balik2 nya..saya berpikir lagi..kalo demikian..Throttle curve apalah artinya ya setelah ditemukan aplikasi Governor pada R/C helicopter..rasanya tumpang tindih..sedangkan parameter Throttle curve (5point ato lebih, tergantung Radionya)diatur berdasarkan prosentase beban, yg dalam hal ini Pitch melalui Pitch curve(5 point ato lebih,tergantung radionya)....
ya memang ini fungsi utama nya om ...
kalau governer sudah aktif, throtle curve sudah nggak dipake lagi, karena memang governer menggantikan fungsi throtle curve.
begini pertimbangannya, throtle curve itu di set berdasarkan perkiraan saja karena radio tidak punya data rpm aktualnya, logikanya kalau pitch bertambah, beban mesin juga bertambah, karenanya throtle kita tambah juga. kalau dalam ilmu control ini disebut open loop control, tidak ada feedback ...
Dengan governer, sistim controlnya dibuat tertutup dengan adanya sensor rpm. jadi hasilnya lebih baik dari pada sekedar throtle curve di tx, itu bukan karena apa2 tetapi karena memang sistim controlnya sudah close-loop. seandainya karena satu dan lain hal rpm turun, unit governer akan memberikan kompensasi supaya rpm nya nggak lari jauh2 dari setting nya ...
Budiman wrote:engine tetap butuh waktu utk ber-akselerasi...
lha ya ini yg berusaha di hindari oleh governer (juga dg throtle curve yg dibuat exponensial).
supaya nggak perlu accelerasi, rpm engine di panteng di maximum torsi nya. jadi saat tiba2 perlu power besar engine memang sudah ready, nggak perlu nunggu accelerasi lagi.
Budiman wrote:Akhirnya saya berpikir..komponen ini malah bikin susah dan ribet saja...ya saya cabutlah dari sistem ...habis perkara...
Nah, pada kesempatan ini...saya hanya ingin menggali..seberapa pentingnya kah Governor pada Engine R/C helicopter?...apakah sama tingkat priority penggunaannya, seperti dengan Gyro?..Saya hendak meluruskan pandangan salah saya mengenai aplikasi Governor pada R/C heli engine ini...
Mohon pencerahan..
yg saya tanyakan ke om kiki memang ini pak. karena menurut saya juga, governer ini sebenarnya kebutuhan lux, bukan primer, dan bukan juga sekunder (khususnya untuk yg terbang normal2 saja). biasanya hanya yg expert yg merasa perlu pake. kalau kelas seperti saya, masih belum mampu merasakan fungsinya ... apalagi, nyetelnya juga nggak semudah yg ditulis di bukunya. harus betul2 faham dulu kebutuhan helynya dan kemampuan engine nya ... makanya saya lebih menyarankan om kiki untuk di cabut saja dulu ... hehehe ...
Lain hal nya dg gyro. kalau ini termasuk kebutuhan primer. apalagi buat pemula seperti saya, semakin banyak semakin membantu.
nb: Bukan berarti governer tidak berguna, tapi kalau saya cenderung meng-analogi-kan nya seperti spoiler pada mobil balap.
gunanya untuk menekan mobil agar tetap nempel ke aspal saat kecepatan tinggi. ini memang penting sekali, jadi boleh dibilang kebutuhan primer, tapi pada mobil balap lho ...
kalau dipasang pada mobil pribadi yg cuman dipake ke kantor, ya mubazir jadinya, lha barang ini kan baru berfungsi pada kecepatan tinggi ...
jadi kalau mau balap, baru perlu dipasang ...