Page 5 of 17
Re: MCPX, solusi terbaik untuk belajar heli hingga 3D
Posted: 08 Sep 2011, 11:46
by Budiman
kula wrote:iya nich Om Yudha.. krn frustasi jd angkatan udara gak lulus2, daku balik ke Angkatan Darat deh
kembali ke mslh heli dgn motor di ekor, kyk nya memang gak akan se sinkron kalo pake belt / torque tube yach.
Pak Kula,
Angkatan Udara lebih murah daripada Angkatan Darat,tapi yaitu JANGAN keseringan jatuh..hehehe..Saya mmo jadi Angkatan Darat cape bongkar differential gear..

Tail rotor yg menggunakan belt atopun Torque tube driven jelas lebih sinkron krn perbandingan ratio gear,diameter tail rotor,serta design tail blade telah ditentukan oleh pabrik,sehingga thrust yg dihasilkan oleh tail rotor akan sebanding untuk meng-counter torque dr main blade
Re: MCPX, solusi terbaik untuk belajar heli hingga 3D
Posted: 08 Sep 2011, 11:48
by anelah
kula wrote:anelah wrote:
sepertinya tidak berlaku buat mcpx saya. baru dipakai 1 menit... crash. dan sampai sekarang belum ok. tailboom patah, diperbaiki. semua sepertinya berfungsi tapi kalau hover mlintiiiiirrrr... 
ini bener2 terjadi ya Om Anelah ? maksudku ini ulasan yg sahih dari orang yang punya & menerbangkan sendiri ya ? bukan hanya katanya katanya...(nazarudin style

)

ada juga diforum ini model (orang) dengan pertanyaan seperti diatas... kebanyakan nonton TV neh?

Re: MCPX, solusi terbaik untuk belajar heli hingga 3D
Posted: 08 Sep 2011, 15:42
by kula
Re: MCPX, solusi terbaik untuk belajar heli hingga 3D
Posted: 08 Sep 2011, 19:07
by toto
Kapokmu kapan om kula .....
Salam
Re: MCPX, solusi terbaik untuk belajar heli hingga 3D
Posted: 09 Sep 2011, 19:09
by eddypurnomo
Budiman wrote:Semakin presisi sebuah R/C helicopter,semakin mahal harganya dgn imbangan performance yg diatas rata2 ditambah kualitas part yg lebih bagus.
Solusi murah bermain heli,salah satunya,yaitu JANGAN DIJATUHKAN
salam

betul boss...tapi tu heli emang top...saya pake trex 450 gak bisa2 tapi setelah pake mpcx langsung bisa hover...
Re: MCPX, solusi terbaik untuk belajar heli hingga 3D
Posted: 10 Sep 2011, 19:44
by panjitohaga
kebetulan punya...menurut saya kalo dalam kontext untuk belajar heli, pros dan cons nya:
- lumayan buat back-up kalo di luar hujan jadi bisa maen indoor
- lumayan buat belajar manuver2 baru karena walaupun crash lumayan kuat nih heli
- lumayan buat pengenalan karakteristik collective pitch heli..daripada beli heli fixed pitch yg ga jelas, mcpx pilihan yg lebih menarik...
- ga lumayan kalo angin gede..karena kecil dan ringan gampang kebawa angin..
- ga lumayan kalo transisi ke heli besar..ga ngebantu dengan rasa terintimidasi, gugup dan gemetaran ngedengerin suara blade heli gede yg jauh lebih gemuruh
- ga begitu ngebantu untuk mempelajari set up heli secara mechanical/electronics
secara keseluruhan buat saya tetap heli yg menyenangkan.....tapi heli yg lebih besar lebih menyenangkan lagi

Re: MCPX, solusi terbaik untuk belajar heli hingga 3D
Posted: 10 Sep 2011, 21:10
by Budiman
Jika menilik berbagai pengalaman dr rekan2 sekalian mengenai heli ini..saya punya kesimpulan yg sederhana soal lumayan kuatnya heli terhadap crashed,yaitu sangat relatif dan tidak dapat dijadikan sbg tolok ukur.
Re: MCPX, solusi terbaik untuk belajar heli hingga 3D
Posted: 10 Sep 2011, 21:57
by adipur
Terlepas dari durability dan kepresisiannya, paling tidak ini bisa jadi salah satu alternatif solusi utk orang2 yg ingin bermain heli dengan budget yg bisa lebih ditekan.
Meskipun menurut saya pribadi heli sekelas ini tetap tidak akan seenak heli kelas 450 keatas, apalagi yg ber-merk (ya iya lah, duit gak bo'ong).
Jangan lupa, hobby ini jangan dibuat eksklusif utk orang-orang yg berduit saja. Bagi orang yg biasa naik mercy, tentu naik mobil sekelas daihatsu ceria akan berasa tidak nyaman (Apalagi kalo suhu Budi yg naik ceria, dijamin lebih gak nyaman lagi hehehe). Tapi bagi orang yg biasa naik bajaj dan metromini, tentu lain rasanya. Memang benar, naik mercy S-class itu enak, tapi ya kalo gaji cuman 4-5jt sebulan kapan ngumpulnya buat beli S-class. Daihatsu ceria atau avanza-xenia adalah pilihan yg lebih masuk akal. Kalo dipaksa beli S-class ya mungkin bisa, tapi sekalinya service berkala harus bayar 4-6jt ya bisa2 gak makan sebulan. Akhirnya itu mobil dipajang aja di rumah biar gak naik2 kilometernya jadi gak perlu service

Kembali ke heli ini, menurut saya sah-sah saja heli ini dipake utk latihan 3D, toh relatif crash proof (katanya). Meskipun mungkin bagi teman2 yg udah pernah merasakan terbang pake heli bagus ya pasti beda rasanya dan beda kemampuannya. Biarkan rekan-rekan kita bersenang-senang dengan heli low budget tapi dgn kemampuan yg relatif cukup mumpuni dan crash proof supaya pemain heli semakin banyak.
Nanti jg ada saatnya dimana skill sudah melebihi kemampuan heli ini, akhirnya berfikir utk upgrade. Kalo udah sampe tahap ini kan udah terlambat utk quit dari hobby ini, alias udah keracunan akut. Bukankah kita-kita semua di forum ini adalah orang-orang yg menyesal karena terjerumus di hobby ini tapi tidak sanggup utk keluar karena terlanjur merasakan nikmatnya racun terbang 5-10 menit? Kalo gak sanggup keluar ya solusi satu-satunya tambah teman sependeritaan toh?
Re: MCPX, solusi terbaik untuk belajar heli hingga 3D
Posted: 11 Sep 2011, 00:16
by kula
adipur wrote:Terlepas dari durability dan kepresisiannya, paling tidak ini bisa jadi salah satu alternatif solusi utk orang2 yg ingin bermain heli dengan budget yg bisa lebih ditekan.
Meskipun menurut saya pribadi heli sekelas ini tetap tidak akan seenak heli kelas 450 keatas, apalagi yg ber-merk (ya iya lah, duit gak bo'ong).
Jangan lupa, hobby ini jangan dibuat eksklusif utk orang-orang yg berduit saja. Bagi orang yg biasa naik mercy, tentu naik mobil sekelas daihatsu ceria akan berasa tidak nyaman (Apalagi kalo suhu Budi yg naik ceria, dijamin lebih gak nyaman lagi hehehe). Tapi bagi orang yg biasa naik bajaj dan metromini, tentu lain rasanya. Memang benar, naik mercy S-class itu enak, tapi ya kalo gaji cuman 4-5jt sebulan kapan ngumpulnya buat beli S-class. Daihatsu ceria atau avanza-xenia adalah pilihan yg lebih masuk akal. Kalo dipaksa beli S-class ya mungkin bisa, tapi sekalinya service berkala harus bayar 4-6jt ya bisa2 gak makan sebulan. Akhirnya itu mobil dipajang aja di rumah biar gak naik2 kilometernya jadi gak perlu service

Kembali ke heli ini, menurut saya sah-sah saja heli ini dipake utk latihan 3D, toh relatif crash proof (katanya). Meskipun mungkin bagi teman2 yg udah pernah merasakan terbang pake heli bagus ya pasti beda rasanya dan beda kemampuannya. Biarkan rekan-rekan kita bersenang-senang dengan heli low budget tapi dgn kemampuan yg relatif cukup mumpuni dan crash proof supaya pemain heli semakin banyak.
Nanti jg ada saatnya dimana skill sudah melebihi kemampuan heli ini, akhirnya berfikir utk upgrade. Kalo udah sampe tahap ini kan udah terlambat utk quit dari hobby ini, alias udah keracunan akut. Bukankah kita-kita semua di forum ini adalah orang-orang yg menyesal karena terjerumus di hobby ini tapi tidak sanggup utk keluar karena terlanjur merasakan nikmatnya racun terbang 5-10 menit? Kalo gak sanggup keluar ya solusi satu-satunya tambah teman sependeritaan toh?
kata2 yg sangat bijak

Re: MCPX, solusi terbaik untuk belajar heli hingga 3D
Posted: 11 Sep 2011, 07:16
by Budiman
Jika masalah budget yg dapat ditekan,saya kira ya simulator sbg sarananya.
Pemahaman heli yg dikatakan bertahan saat crashed dan mampu utk diterbangkan lagi,klo buat saya rasanya, tidak menyentuh aspek keselamatan baik bagi pilot dan orang sekitarnya.
Harga part yg murah memang menarik, tapi jika frekwensi crash keseringan ya ujung2nya tetap mahal juga.
Saya kira, helikopter bukanlah hal yg eksklusif, hanya kecermatan dan kesabaran yg selalu menyertainya.
Anggapan mengenai ke-eksklusif-an, saya pikir,disebabkan oleh faktor minimnya informasi yg benar mengenai pemahaman cara belajar ,baik dr segi setting up, menerbangkan,prosedur perawatannya serta terbang yg bagaimana
Jika heli ini dikatakan sebagai sebuah solusi,ya silahkan saja, tapi masi jauh jika dikaitkan dengan metode belajar yg benar,menurut saya si
Jika peruntukkan heli hanya utk sekedar 'fun' ,mungkin konteknya akan berbeda lagi.
Dari awal posting ini hanya mereview mengenai harga yg terjangkau ,kemampuan terbang yg kompetitif,serta crashed-proof.
Namun review mengenai bagaimana karakter terbangnya,masi belum tersentuh dgn gamblang.
Saya kira review mengenai karakter terbang ini perlu dicantumkan dgn secara objektif(kelebihan dan kekurangannya)