jong66 wrote:1. prtma, jarum low speed pd posisi sdh menonjol keluar (mungkin sekitar 5-7 putaran ke kiri dr posisi poll nutup), jarum high speed sktr 2 putaran ke kiri dr posisi poll nutup, hasilnya: low speednya agak batuk2,ada sdkit cipratan nitro keluar dr lubang karbu, rpm stasioner hrs agak gd, dr middle menuju high speed agak alot,batuk2 sbntr, baru kmdn mau top speed (sambil di geser2 sdkit jarum highspeed utk nyari topnya), tp bbrp detik kmdn top rpm agak drop. Sy mainkan gasnya, hasilnya sama terus/berulang spt kondisi di atas..
2. selanjutnya setting jarum low speed sy ubah, sy kencengin poll lalu sy buka sktr 2 putaran, hasilnya: low speed bs lebih stabil, rpm stasioner lebih rendah dan batuk2 brkurang, tp wkt sy up throttle dr middle ke top langsung drop/mlepek dan mati. Begitu terus ber ulang2 kondisinya wkt sy hidupkan lg, walaupun posisi jarum high speed sudah sy puter2/geser2 sdmkn rupa tetep aj ngga bisa gas poll..![]()
3. jarum lowspeed sy buka lg sktr 3 putaran dr posisi poll nutup, tetep aj digas dr middle ke top ngga mau, langsung drop mati..![]()
Rasanya udah mau hopeless dan nglempar ke selokan aj ASP.15 ini..![]()
Apa emang sy pas sial aj ya, jd dpt brg punya cacat bawaan dr pbrk dan ngga bs di setting..
Klo dibanding ASP 21, settingannya lebih gampang atau gmn om, mengingat sy jg punya ASP 52 tp settingannya gampang bgt dan ngga prnh rewel..
Gitu om Unding, moga2 bs dicarikan jalan keluar dan suhu2 yg lain siapa tau jg bisa ngasih masukan..
Saya coba jelaskan beberapa trik yg saya lakukan pada engine ASP 0.15
Bongkar enginenya
Pada bagian ini (panah merah) permukaan kasar, tidak ada pengerjaan penghalusan (pabrik) akibatnya banyak kebocoran halus

Solusinya dilem saja pake Araldite lalu pasang kembali tutup & muflernya


Bongkar karburator

Mixture Control Valve juga permukaannya sangat kasar

Dihaluskan dgn bantuan alat bor, kikir halus dan kertas amplas (no 220 a/yg lebih halus)


Setelah selesai, pasang kembali semua komponen selanjutnya penyetelan mixture control valve dan needle valve


1. Tutup rapat throttel, lalu putar mixture searah jarum jam (menutup full), pada saat jarum sudah rapat akan ada dorongan pada throttel (dorongan membuka) jadi throttel harus ditahan (tetap tertutup full)
2. Putar kanan needle valve hingga menutup full, lalu buka 2 - 2,5 puratan
3. Isi fuell lalu bunyikan enginenya, trim needle valve untuk mencaci rpm max dan jarum mixture untuk putaran terendah.