Si Kuning .15

Moderator: Arya m 1991

Post Reply
User avatar
unding
Chief Master Sergeant
Chief Master Sergeant
Posts: 885
Joined: 24 Mar 2011, 22:39
Location: Makassar
Contact:

Re: Si Kuning .15

Post by unding »

jong66 wrote:1. prtma, jarum low speed pd posisi sdh menonjol keluar (mungkin sekitar 5-7 putaran ke kiri dr posisi poll nutup), jarum high speed sktr 2 putaran ke kiri dr posisi poll nutup, hasilnya: low speednya agak batuk2,ada sdkit cipratan nitro keluar dr lubang karbu, rpm stasioner hrs agak gd, dr middle menuju high speed agak alot,batuk2 sbntr, baru kmdn mau top speed (sambil di geser2 sdkit jarum highspeed utk nyari topnya), tp bbrp detik kmdn top rpm agak drop. Sy mainkan gasnya, hasilnya sama terus/berulang spt kondisi di atas..
2. selanjutnya setting jarum low speed sy ubah, sy kencengin poll lalu sy buka sktr 2 putaran, hasilnya: low speed bs lebih stabil, rpm stasioner lebih rendah dan batuk2 brkurang, tp wkt sy up throttle dr middle ke top langsung drop/mlepek dan mati. Begitu terus ber ulang2 kondisinya wkt sy hidupkan lg, walaupun posisi jarum high speed sudah sy puter2/geser2 sdmkn rupa tetep aj ngga bisa gas poll.. :pyg
3. jarum lowspeed sy buka lg sktr 3 putaran dr posisi poll nutup, tetep aj digas dr middle ke top ngga mau, langsung drop mati.. :whoaa

Rasanya udah mau hopeless dan nglempar ke selokan aj ASP.15 ini.. :shy
Apa emang sy pas sial aj ya, jd dpt brg punya cacat bawaan dr pbrk dan ngga bs di setting..
Klo dibanding ASP 21, settingannya lebih gampang atau gmn om, mengingat sy jg punya ASP 52 tp settingannya gampang bgt dan ngga prnh rewel..

Gitu om Unding, moga2 bs dicarikan jalan keluar dan suhu2 yg lain siapa tau jg bisa ngasih masukan.. :thx


Saya coba jelaskan beberapa trik yg saya lakukan pada engine ASP 0.15

Bongkar enginenya

Pada bagian ini (panah merah) permukaan kasar, tidak ada pengerjaan penghalusan (pabrik) akibatnya banyak kebocoran halus
Image

Solusinya dilem saja pake Araldite lalu pasang kembali tutup & muflernya
Image
Image

Bongkar karburator
Image

Mixture Control Valve juga permukaannya sangat kasar
Image

Dihaluskan dgn bantuan alat bor, kikir halus dan kertas amplas (no 220 a/yg lebih halus)
Image
Image

Setelah selesai, pasang kembali semua komponen selanjutnya penyetelan mixture control valve dan needle valve
Image
Image

1. Tutup rapat throttel, lalu putar mixture searah jarum jam (menutup full), pada saat jarum sudah rapat akan ada dorongan pada throttel (dorongan membuka) jadi throttel harus ditahan (tetap tertutup full)
2. Putar kanan needle valve hingga menutup full, lalu buka 2 - 2,5 puratan
3. Isi fuell lalu bunyikan enginenya, trim needle valve untuk mencaci rpm max dan jarum mixture untuk putaran terendah.
User avatar
jong66
Staff Sergeant
Staff Sergeant
Posts: 251
Joined: 23 Apr 2011, 15:21
Location: Salatiga nan suejuk di lerengnya Merbabu

Re: Si Kuning .15

Post by jong66 »

Sip om Unding, ntar tak laksanakan instruksinya.. :thx :thx :thx
Klo wktu penyalaan engine pertama, jarum mixture di set menutup full atau dibuka brp putaran gitu om?
Trus utk mengatasi kebocoran pd muffler dan tutup blkg, bisa pake Threebond ngga om?
User avatar
unding
Chief Master Sergeant
Chief Master Sergeant
Posts: 885
Joined: 24 Mar 2011, 22:39
Location: Makassar
Contact:

Re: Si Kuning .15

Post by unding »

jong66 wrote:Sip om Unding, ntar tak laksanakan instruksinya.. :thx :thx :thx
Klo wktu penyalaan engine pertama, jarum mixture di set menutup full atau dibuka brp putaran gitu om?
Trus utk mengatasi kebocoran pd muffler dan tutup blkg, bisa pake Threebond ngga om?


Asal throttel ditutup rapat lalu jarum mixture juga rapat tidak usah ada pembukaan lagi sebab pada saat throttel di buka sekitar 5 - 10% bukaan (sudah ada celah), dengan sendirinya jarum mixture juga akan mundur (terbuka), akan tetapi bisa saja tetap ada bukaan (max 1/2 putaran) tergantung kondisi engine dan kualitas/% nitro fuel yg digunakan.
Bisa juga pake threebond.
User avatar
jong66
Staff Sergeant
Staff Sergeant
Posts: 251
Joined: 23 Apr 2011, 15:21
Location: Salatiga nan suejuk di lerengnya Merbabu

Re: Si Kuning .15

Post by jong66 »

Oh iya om Unding, lupa ngasih komen wktu liat videonya wkt si Kuning dikasi engine 21..
Menurut sy udah kenceng tuh om!! Manuver2nya juga sangat responsif... :plk :plk :mtp :mtp
Emang kelihatan thrustnya lebih gd wkt nanjak vertikal ke atas....
Kapan2 sy pengin ngopy bikin nih om, klo boleh tolg dikasih ukuran2nya ws, fuselage, tail, kwat bhn land.gear, tbl tripleks fuse, dll.. :thx
User avatar
jong66
Staff Sergeant
Staff Sergeant
Posts: 251
Joined: 23 Apr 2011, 15:21
Location: Salatiga nan suejuk di lerengnya Merbabu

Re: Si Kuning .15

Post by jong66 »

Om Unding, semalem instruksi dr om Suhu sdh sy terapkan, cuman setelah karbu sy bongkar trnyata pipa spuyer (yg dr kuningan) trjdi retak/pecah 3 bag.. :whoaa Mungkin dulu wkt nutup poll kekencangan yg nutup,jarum mixture jd nyodok ke dlm..
Image


Jangan2 krn ini ya Suhu ASP 15 sy jd susah disetel..
Wah jd bingung sy, klo beli carbunya dimana ya yg jual, masak hrs ke HK... Akhirnya sy coba solder sndri aj pake thenol...iseng2 siapa tau bisa brhasil.. Walaupun nyoldernya bujubunet..susahnya minta ampyuunn.. :flu
Setelah yakin solderan rapet :doa , karbu sy pasang2 lg dan kmdn sy istirahat krn dah malem dan capek bgt..

Td pagi sy coba hidupkan, bisa nyala sih, tp mixture needle tetep harus dibuka om Suhu, sekitar 2 putaran ke kanan.. Sementara high speed masih blm ketemu top speednya, masih mlepek2 dan mati klo digas setengah ke atas (sy ngga tau, apa krn celah retakan spuyer msh ada yg ngga rapet krn ngga trlihat dan nyoldernya susah, atau krn settingan blm pas..)
Lagi sibuk2nya nyari settingan, jd ceroboh, ujung jari kelingking tgn kanan nyenggol props...crasss...curr..darah langsung mengalir dr sobekan luka di kelingking... :whoaa
Wisss...Sudahh dulu...trpaksa stop dulu nguprek ASP15 nya, ganti nguprek tgn dulu...drpd emosi, nti malah tmbah ndak karuan.. :brm
User avatar
Bodyguard
Captain
Captain
Posts: 1732
Joined: 29 Nov 2011, 18:39
Location: Tabongo-Gorontalo

Re: Si Kuning .15

Post by Bodyguard »

Wahhh...gak mudeng nich om..alias gak ngerti soal engine2an...hanya sekedar sampe dibaca2 aja tp gak bisa masuk.hehehehe :shy
User avatar
EchaBakti
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 109
Joined: 24 Jan 2012, 14:56
Location: Makassar

Re: Si Kuning .15

Post by EchaBakti »

Om Undin....speednya masih kurang :whoaa
Jempol belum gemetar..... :wek :wk3
User avatar
unding
Chief Master Sergeant
Chief Master Sergeant
Posts: 885
Joined: 24 Mar 2011, 22:39
Location: Makassar
Contact:

Re: Si Kuning .15

Post by unding »

EchaBakti wrote:Om Undin....speednya masih kurang :whoaa
Jempol belum gemetar..... :wek :wk3

Nunggu engine .21 Novarossi ( rc car ) 47.000 rpm / 2000 Watt :hah
User avatar
EchaBakti
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 109
Joined: 24 Jan 2012, 14:56
Location: Makassar

Re: Si Kuning .15

Post by EchaBakti »

Saya ada engine cen racing (rc car) buat on road, kira2 sekelas engine 15
Gimana kalau itu yg di pakai...
Apa rpm nya sampai 40.000 juga? :thx
User avatar
unding
Chief Master Sergeant
Chief Master Sergeant
Posts: 885
Joined: 24 Mar 2011, 22:39
Location: Makassar
Contact:

Re: Si Kuning .15

Post by unding »

EchaBakti wrote:Saya ada engine cen racing (rc car) buat on road, kira2 sekelas engine 15
Gimana kalau itu yg di pakai...
Apa rpm nya sampai 40.000 juga? :thx

Yg membuat saya pusing, H.Muhlis tlp/sms terus hendak meminang si Kuning apapun maharnya :pyg :pyg
Post Reply