Terbang FPV, apa dan bagaimana seharusnya ? (FPV Rules)
Moderators: thoha, beta_james, ekozxx
Forum rules
Sehubungan dengan faktor keamanan / takut disalahgunakan oleh orang tidak bertanggungjawab , maka Anda semua diharapkan untuk berhati2 dalam mengupas teknik2 yang digunakan dalam subforum Aerial Photography & Video .
Forum Gaero , Admin dan moderator tidak bertanggungjawab atas efek yang ditimbulkan oleh postingan Anda .
Sehubungan dengan faktor keamanan / takut disalahgunakan oleh orang tidak bertanggungjawab , maka Anda semua diharapkan untuk berhati2 dalam mengupas teknik2 yang digunakan dalam subforum Aerial Photography & Video .
Forum Gaero , Admin dan moderator tidak bertanggungjawab atas efek yang ditimbulkan oleh postingan Anda .
- BZ123456
- Second Lieutenant
- Posts: 1177
- Joined: 26 Dec 2011, 21:46
- Location: Jak-Tim
Re: Terbang FPV, apa dan bagaimana seharusnya ? (FPV Rules)
Pak Eko...you're the maaannnnn....sebentar saja sudah jadi. Kalo sudah disetujui oleh board, bagaimana kalo ini dikumpulin dan dimasukkan dalam sticky tapi tidak boleh ada komen.
Kalo mau komen di sini sebelum dipost di non comment sticky post.
Kalo mau komen di sini sebelum dipost di non comment sticky post.
- budi.santoso
- Senior Master Sergeant
- Posts: 506
- Joined: 09 Jul 2007, 23:25
- Location: Jakarta
- Contact:
Re: Terbang FPV, apa dan bagaimana seharusnya ? (FPV Rules)
@ ekozxx: Mantapp..
Sori sharing dikit pengalaman hari minggu tgl.16 Sept2012.
Saat itu ada temen yg terbangin sebuah pesawat FPV dari bahan foam dgn wingspan kira2 800mm. Pesawat ini dr kitnya memang FPV(built-in camera). Tx-nya pun sdh dilengkapi lcd. Singkat cerita akhirnya terjadilah pelanggaran pada point ke 3(dr apa yg sdh dijabarkan pak ekozxx).
Ketika terjadi blue screen sang pilot panik dan tdk satupun teman termasuk sy melihat posisi pesawat dimana krn keasikan rumpi. Alhasil hilang entah kemana..
Dr jabaran pak ekozxx diatas sy jg baru tau istilah Spotter(teman pemandu terbang).
Seandainya bahasan ini sdh ada dan sy ketahui jauh sebelum kejadian pasti saat dilapangan sy akan bantu mengingatkan teman sy tsb..
Tp lebih baik terlambat tau drpd tdk sama sekali.
Sori sharing dikit pengalaman hari minggu tgl.16 Sept2012.
Saat itu ada temen yg terbangin sebuah pesawat FPV dari bahan foam dgn wingspan kira2 800mm. Pesawat ini dr kitnya memang FPV(built-in camera). Tx-nya pun sdh dilengkapi lcd. Singkat cerita akhirnya terjadilah pelanggaran pada point ke 3(dr apa yg sdh dijabarkan pak ekozxx).
Ketika terjadi blue screen sang pilot panik dan tdk satupun teman termasuk sy melihat posisi pesawat dimana krn keasikan rumpi. Alhasil hilang entah kemana..
Dr jabaran pak ekozxx diatas sy jg baru tau istilah Spotter(teman pemandu terbang).
Seandainya bahasan ini sdh ada dan sy ketahui jauh sebelum kejadian pasti saat dilapangan sy akan bantu mengingatkan teman sy tsb..
Tp lebih baik terlambat tau drpd tdk sama sekali.
- fahmi43
- Technical Sergeant
- Posts: 308
- Joined: 09 Apr 2012, 20:03
- Location: Depok
Re: Terbang FPV, apa dan bagaimana seharusnya ? (FPV Rules)
Kalau boleh menambahnkan dikit :
- Buatlah Stiker dengan tulisan NAMA - No Telephone anda yang bisa dihubungi, jadi apabila pesawat mengalami masalah dan tidak bisa terbang kembali ke landasan, akan mudah bagi yang menemukan untuk mengembalikan ke kita.
- pasang Discovery Buzzer, sangat membantu untuk menemukan pesawat yang crash.
- Hindari penggunaan Layar / monitor yang "Blue Screen / Black Screen" saat sinyal video mangalami gangguan / melemah. Blue Screen seringkali bikin panik
- Buatlah Stiker dengan tulisan NAMA - No Telephone anda yang bisa dihubungi, jadi apabila pesawat mengalami masalah dan tidak bisa terbang kembali ke landasan, akan mudah bagi yang menemukan untuk mengembalikan ke kita.
- pasang Discovery Buzzer, sangat membantu untuk menemukan pesawat yang crash.
- Hindari penggunaan Layar / monitor yang "Blue Screen / Black Screen" saat sinyal video mangalami gangguan / melemah. Blue Screen seringkali bikin panik

- orchiplane
- Chief Master Sergeant
- Posts: 847
- Joined: 04 Nov 2011, 08:56
- Location: JAKARTA
- Contact:
Re: Terbang FPV, apa dan bagaimana seharusnya ? (FPV Rules)
nambahin ah..
pake antena tracker / diversity untuk menambah keakuratan sinyal video

pake antena tracker / diversity untuk menambah keakuratan sinyal video
- orchiplane
- Chief Master Sergeant
- Posts: 847
- Joined: 04 Nov 2011, 08:56
- Location: JAKARTA
- Contact:
Re: Terbang FPV, apa dan bagaimana seharusnya ? (FPV Rules)
oiya yg pakai antena 1,2-1,3G coba cari2 antena omni monyet yg sakti biar kalo pesawat jalurnya muter2 ga terlalu ribet muterin antena 

- liloterbang
- Airman
- Posts: 41
- Joined: 24 Jul 2012, 14:21
Re: Terbang FPV, apa dan bagaimana seharusnya ? (FPV Rules)
Usul untuk menggolongkan/membagi FPV dlm beberapa grade dgn persyaratan minimalnya dan batasannya masing-masing (IMHO) :
-> Long range & high altitude FPV :
-> Harus pakai OSD dgn fasilitas GPS, pantauan voltase dan arus battery ...
-> Harus pakai RTH sebagai failsafer kalo lost control signal.
-> Harus pakai long range system utk TX/RX controlnya.
-> Baling-baling ada dibelakang.
-> (strongly recommended) dipasangi flash lamp dgn power tertentu (yg bisa dihidupkan via channel remote) spt pd pesawat betulan yg memudahkan spotting posisi pesawat dilangit kalo lost video signal.
-> Disepakati berat maksimum sekian ...(misalnya jgn sampai ada FPV-an dgn pesawat RC engine 100CC terbang diatas hunian)
-> Disepakati kecepatan maksimal sekian (misalnya jgn ada yg pake jet engine dg speed tinggi).
-> Disepakati ketinggian max sekian (untuk daerah tertentu) utk menghindari masuk jalur pesawat.
-> Pada badan pesawat ditempel metal sheet (misalnya brass sheet tipis) dg luas tertentu untuk memastikan bisa terdetek radar (krn pesawat terbuat dari non-metal) pesawat sipil demi safety.
-> Short range FPV :
-> OSD dan RTH tdk wajib
-> Ketinggian max = sekian (yg lebih rendah dr long range FPV)
-> Hanya boleh terbang sebatas area lapangan aeromodelling.
-> Short range and slow FPV (paraglider platform) :
-> OSD dan RTH tdk wajib
-> Boleh terbang diluar area lapangan aeromodelling.
-> Ketinggian max = sekian (yg lebih rendah dr long range FPV)
-> Baling2 harus dikandangin.
Point2 diatas hanya pendapat saya... mungkin ada point2 yg tdk tepat atau kurang .... CMIIW
-> Long range & high altitude FPV :
-> Harus pakai OSD dgn fasilitas GPS, pantauan voltase dan arus battery ...
-> Harus pakai RTH sebagai failsafer kalo lost control signal.
-> Harus pakai long range system utk TX/RX controlnya.
-> Baling-baling ada dibelakang.
-> (strongly recommended) dipasangi flash lamp dgn power tertentu (yg bisa dihidupkan via channel remote) spt pd pesawat betulan yg memudahkan spotting posisi pesawat dilangit kalo lost video signal.
-> Disepakati berat maksimum sekian ...(misalnya jgn sampai ada FPV-an dgn pesawat RC engine 100CC terbang diatas hunian)
-> Disepakati kecepatan maksimal sekian (misalnya jgn ada yg pake jet engine dg speed tinggi).
-> Disepakati ketinggian max sekian (untuk daerah tertentu) utk menghindari masuk jalur pesawat.
-> Pada badan pesawat ditempel metal sheet (misalnya brass sheet tipis) dg luas tertentu untuk memastikan bisa terdetek radar (krn pesawat terbuat dari non-metal) pesawat sipil demi safety.
-> Short range FPV :
-> OSD dan RTH tdk wajib
-> Ketinggian max = sekian (yg lebih rendah dr long range FPV)
-> Hanya boleh terbang sebatas area lapangan aeromodelling.
-> Short range and slow FPV (paraglider platform) :
-> OSD dan RTH tdk wajib
-> Boleh terbang diluar area lapangan aeromodelling.
-> Ketinggian max = sekian (yg lebih rendah dr long range FPV)
-> Baling2 harus dikandangin.
Point2 diatas hanya pendapat saya... mungkin ada point2 yg tdk tepat atau kurang .... CMIIW
- BZ123456
- Second Lieutenant
- Posts: 1177
- Joined: 26 Dec 2011, 21:46
- Location: Jak-Tim
Re: Terbang FPV, apa dan bagaimana seharusnya ? (FPV Rules)
On Screen Display mandatori....bagaimana anda tahu batt anda habis atau tidak kalo gak lihat OSD?
Bagaimana anda tahu ketinggian anda kalo mata anda tertutup goggle atau melototin tipi selama terbang?
Bagaimana anda tahu lokasi pesawat anda jika suatu ketika anda lupa ground pattern tempat anda terbang?
Ingat FPV di sini adalah anda benar2 menerbangkan pesawat dengan hanya melihat layar video. Jika anda LOS, itu sepertinya disebut sebagai AV atau AP
Safety first oleh karena itu saya tidak menyarankan terbang FPV jika faktor keamanan diabaikan, otomatis peralatan keamanan lengkap....kalo gak ya terpaksa AP atau AP saja. Saya masih sering melakukan AV, cuma sekedar mempelajari cara dan gaya terbang saya yang masih urakan di udara...baru kemudian saya mencoba fpv setelah saya merasa mampu.
Please be safe....
Bagaimana anda tahu ketinggian anda kalo mata anda tertutup goggle atau melototin tipi selama terbang?
Bagaimana anda tahu lokasi pesawat anda jika suatu ketika anda lupa ground pattern tempat anda terbang?
Ingat FPV di sini adalah anda benar2 menerbangkan pesawat dengan hanya melihat layar video. Jika anda LOS, itu sepertinya disebut sebagai AV atau AP
Safety first oleh karena itu saya tidak menyarankan terbang FPV jika faktor keamanan diabaikan, otomatis peralatan keamanan lengkap....kalo gak ya terpaksa AP atau AP saja. Saya masih sering melakukan AV, cuma sekedar mempelajari cara dan gaya terbang saya yang masih urakan di udara...baru kemudian saya mencoba fpv setelah saya merasa mampu.
Please be safe....
- Wind Raider
- FOUNDER
- Posts: 2278
- Joined: 16 Jan 2007, 17:04
- Location: Cirebon
- Contact:
Re: Terbang FPV, apa dan bagaimana seharusnya ? (FPV Rules)
Draft dari pak Ekozz ada di viewtopic.php?f=53&t=12551
Thread tsb nantinya akan merupakan kesimpulan2 yang diambil dari diskusi di sini .
Nantinya bisa diedit oleh pak Ekozz selaku moderator dari room FPV .
Thread tsb nantinya akan merupakan kesimpulan2 yang diambil dari diskusi di sini .
Nantinya bisa diedit oleh pak Ekozz selaku moderator dari room FPV .
- fahmi43
- Technical Sergeant
- Posts: 308
- Joined: 09 Apr 2012, 20:03
- Location: Depok
Re: Terbang FPV, apa dan bagaimana seharusnya ? (FPV Rules)
liloterbang wrote:
-> Short range FPV :
-> OSD dan RTH tdk wajib
-> Ketinggian max = sekian (yg lebih rendah dr long range FPV)
-> Hanya boleh terbang sebatas area lapangan aeromodelling.
-> Short range and slow FPV (paraglider platform) :
-> OSD dan RTH tdk wajib
-> Boleh terbang diluar area lapangan aeromodelling.
-> Ketinggian max = sekian (yg lebih rendah dr long range FPV)
-> Baling2 harus dikandangin.
Point2 diatas hanya pendapat saya... mungkin ada point2 yg tdk tepat atau kurang .... CMIIW



OSD yang dilengkapi GPS dan volt meter adalah WAJIB HUKUMNYA untuk ke amanan FPV, seberapa jauh dekatnya anda terbang seberapa tingginya anda terbang, perangkat tersebut sangat di perlukan dalam FPV.
usul anda saya saya bold, dari mana anda tau apakai sudah mencapai batas ketinggian, apakah masih di dalam area jarak lapangan, kalau bukan dari OSD?
FPV tanpa OSD, sama aja naik mobil / motor ga ada spidometer nya, ga bisa liat kecepatan, ga bisa liat isi bensin, ga bisa liat jarak, aman ga tuh

- orchiplane
- Chief Master Sergeant
- Posts: 847
- Joined: 04 Nov 2011, 08:56
- Location: JAKARTA
- Contact:
Re: Terbang FPV, apa dan bagaimana seharusnya ? (FPV Rules)
still stay tune... 
