Budi wrote:Benar pak dokter, itu team blacksheep dan juz ngg pernah pakai gps, modenya bukan rth tapi rta, return to amsiong......
Masalahnya, kalo platform besar, kurang lincah(ngg pakai cc3d), ndak bisa nyelip2 kecuali pesawat yg punya ws 1.8 m lebih......seperti zephyr
Hahaha boleh tuh minjam istilah RTA (return to amsiong) pak Budi..Tadi pagi saya RTA di CAC, ceritanya mau ngetes booster, baru terbang 3,5km video ngadat nyala-mati, diputuskan pulang..baru 1/4 perjalanan mau pulang dapet kabar ada Heli Bell mau take off (mesinnya sdh nyala), jd saya holding dulu di 2,5 km, dari runway CAC (takut apes) ketinggian terlihat 400m..sialnya helinya lama banget take-offnya, mesinnya sudah nyala tapi gakk take-off..kira2 15 menit baru lepas landas. Begitu Solo1500 saya switch kembali ke RTH batere sdh 10.8Volt! gara2 kelamaan holding (15 menit buat si solo sangat2 berharga..hehehe)..
Semua sdh kacau, batere VTx dan batere utama sdh mau habis semua. Kira2 900m dari lokasi CAC terlihat pesawat terus merendah hingga 50 meter dan posisi batere dibawah 10 volt!..akhirnya pasrah pesawat hilang.. kabar baiknya gak sampe 30 menit ada telepon masuk ke HP saya, ternyata ada yang menemukan pesawat s aya..Uhuy!!!. Alhamdulillah pesawat utuh tanpa kerusakan sedikit pun...jadi ada gunanya mencantumkan no HP di pesawat.
Tapi ada yg lebih RTA lagi..sebelum saya terbang, Pak Edwin kena RTA dengan TBSnya, gara2 nabrak ban lensa gopro3nya pecah!..kok bisa? Krn yang ditabarak bannya SAKAI alias mesin giling!..hahaha..