kalau dari cerita om rosgana, yang saya tangkap itu, om terbang berdua dengan posisi saling membelakangi ya? hanya saran dan masukan saja nih om, mungkin lebih baik jangan pernah terbang dengan posisi saling membelakangi. kita ga pernah tau kapan armada kita akan mengalami masalah dan mengarah kemana jatuhnya. bayangkan kalau armada tersebut sedang mengarah ke arah om berdua, om mungkin bisa menghindar, bagaimana dengan rekan om yang sedang membelakangi om? tentu dia juga sedang berkonsentrasi mengendalikan helinya sendiri. kalau dia ikutan panik, tentu resikonya semakin besar dengan adanya dua armada yang diluar kendali.
jujur aja kejadian seperti ini pernah kami alami. waktu itu saya sedang terbang dengan pak kapolres, posisinya sama sama saling membelakangi. saat itu beliau ingin landing, pas mau landing ternyata kekencengan, dan beliau banting stir ke kanan, yang celakanya ternyata mengarah ke arah saya. pada teriak suruh saya lari, cuman saya panik juga karena sedang mengontrol pesawat saya, yang saya bisa lakukan cuman nunduk ditempat. ternyata pesawatnya melintas disamping kiri saya dengan kecepatan tinggi dan menghantam mobil beliau. sejak saat itu, kami ga pernah lagi bermain saling membelakangi seperti itu.
mudah-mudahan bermanfaat ya om. maaf saya tidak bermaksud mengurui, cuman sekedar berbagi.
Bingkisan lagi
- flytosky
- Senior Master Sergeant
- Posts: 578
- Joined: 14 Apr 2007, 17:02
- Location: Nanga Pinoh
- Contact:
- flatnflow
- Senior Airman
- Posts: 101
- Joined: 20 Aug 2011, 19:16
- Location: Subang, West Java, Indonesia
- Contact:
Re: Bingkisan lagi
sutavijaya wrote:toto wrote:turut prihatin bagi ke tiga suhu heli ... tetap semangat ... lanjod malam nya halo halo halo terus lanjut klik klik klik ... abis itu sambil duduk manis mretelin heli dengan berharap semoga besok nya sparepart tiba ............ tetep semangat dan kaji ulang safety .... bravo ....![]()
salam
Kayaknya jauh dari kapok suhu.........
sebentar lagi ada tayangan terbang setelah crash!!!!
![]()
![]()
hmmmm.... semoga bisa terbang lagi. kalo saya kapok crash pak Sutavijaya,,,!:gg

- sahid
- Lieutenant Colonel
- Posts: 2000
- Joined: 06 May 2008, 11:38
- Location: Pekanbaru. LA.Club, P A S C
- Contact:
Re: Bingkisan lagi
rosgana wrote:
Alhamdulillah mendarat dengan selamat setelah terbang selama 9-10 menit... namun entah kenapa, settingan cuttoff dominator sangat drastis... jadi kalau batere berada di 3volt, motor langsung mati dan heli terjatuh... apakah harus di setting medium cut off???
salam
Oke R
wauuuuh...ini sih pemerasan terhadap lippo...., terlalu kejam setting cut off di 3 volt

- flatnflow
- Senior Airman
- Posts: 101
- Joined: 20 Aug 2011, 19:16
- Location: Subang, West Java, Indonesia
- Contact:
Re: Bingkisan lagi
sahid wrote:rosgana wrote:
Alhamdulillah mendarat dengan selamat setelah terbang selama 9-10 menit... namun entah kenapa, settingan cuttoff dominator sangat drastis... jadi kalau batere berada di 3volt, motor langsung mati dan heli terjatuh... apakah harus di setting medium cut off???
salam
Oke R
wauuuuh...ini sih pemerasan terhadap lippo...., terlalu kejam setting cut off di 3 volt
kira2 kalo di set di 3,8 aman ga pak sahid???
- andreansyah
- Technical Sergeant
- Posts: 348
- Joined: 12 Oct 2010, 21:13
- Location: jak-tim
- Contact:
Re: Bingkisan lagi
toto wrote:turut prihatin bagi ke tiga suhu heli ... tetap semangat ... lanjod malam nya halo halo halo terus lanjut klik klik klik ... abis itu sambil duduk manis mretelin heli dengan berharap semoga besok nya sparepart tiba ............ tetep semangat dan kaji ulang safety .... bravo ....![]()
salam
hahahaha bisa aje pakde suhu satu ini kalo inget itu rumus ,halo2 + klik2 + nunggu kurir jne teriak2 = rakit lg , aku ko ya nyengir ,beteweh untuk oum ros tetap semanggat om
- rosgana
- Chief Master Sergeant
- Posts: 889
- Joined: 18 Dec 2008, 20:44
- Location: Subang, Jawa Barat
- Contact:
Re: Bingkisan lagi
Penerbangan saat itu samping-sampingan dan kesalahan saya adalah karena saya masuk ke Area Om FlatnFlow, di sebelah Kanan...
- rosgana
- Chief Master Sergeant
- Posts: 889
- Joined: 18 Dec 2008, 20:44
- Location: Subang, Jawa Barat
- Contact:
Re: Bingkisan lagi
Tabrakan Dominator saya dan T-Rex 450 Pro om Flatnflow, merupakan kejadian yang takkan terlupa, dan Hari Sabtu 15-02-2014, kami memutuskan untuk mendedikasikan waktu untuk memperbaiki kedua Heli Tersebut.

Om FlatnFlow mencoba untuk memperbaiki Servo Dominator yang macet dengan mengganti Gear oleh servo DS410M yang kebetulan sama.

Gear Dominatoryang berada paling atas mengalami patah, sehingga putaran servo menjadi Macet, sementara Gear yang dimiliki DS410M masih bagus,dan ternyata cocok untuk di tukarkan.

Shaft Dominator yang rusak diluruskan secara manual di tempat Bubut, dan ternyata dengan membayar 10ribu, lurus lah sudah Shaft DFC 450 ini.

Saya sendiri mulai membongkar Pasang, bagian2 yang rusak diantaranya menukarkan Tail Boom brace yang terdapat di V2 dan mengencangkan bagian2 Ball Link, Memindahkan Baut Motor yang lepas dan meluruskan Tail Linked rod yang bengkok tersabet Blade Helinya Om Flatnflow.

Servo Pitch, dan Motor yang harus dipindahkan.... siap mengganti Blade dengan FBL Blade CF

Dengan perasaan harap-harap cemas, saya mulai mencoba hover depan Rumah, dan ternyata Alhamdulillah saya panjatkan Puji syukur kepadaNYA. Dominator bisa Hover dengan tenang depan Rumah dan siap menghias langit Minggu pagi yang mungkin masih sedikit redup karena Abu Kelud.

Rasa bahagia memancar dalam senyum yang tersisa kecemasan dan khawatir

namun begitu Hover dengan sedikit patroli depan rumah berhasil tenang, membuat kebahagiaan dan keyakinan untuk Terbang di Minggu pagi semakin kuat.
Terima Kasih Banyak Buat Om FlatnFlow untuk terus membantu saya dalam penerbangan Dominator dari sejak mulai di Rakit ini. Pak D yang selalu memberikan Tips n Trick, termasuk mengantar dan memberitahukan saya untuk meluruskan Mainshaft di tempat Bubut.
Juga kepada para Suhu disini yang selalu mendukung dan menyemangati kami dalam proses pembelajaran kami ini.
Sampai Jumpa di Penerbangan selanjutnya

Om FlatnFlow mencoba untuk memperbaiki Servo Dominator yang macet dengan mengganti Gear oleh servo DS410M yang kebetulan sama.

Gear Dominatoryang berada paling atas mengalami patah, sehingga putaran servo menjadi Macet, sementara Gear yang dimiliki DS410M masih bagus,dan ternyata cocok untuk di tukarkan.

Shaft Dominator yang rusak diluruskan secara manual di tempat Bubut, dan ternyata dengan membayar 10ribu, lurus lah sudah Shaft DFC 450 ini.

Saya sendiri mulai membongkar Pasang, bagian2 yang rusak diantaranya menukarkan Tail Boom brace yang terdapat di V2 dan mengencangkan bagian2 Ball Link, Memindahkan Baut Motor yang lepas dan meluruskan Tail Linked rod yang bengkok tersabet Blade Helinya Om Flatnflow.

Servo Pitch, dan Motor yang harus dipindahkan.... siap mengganti Blade dengan FBL Blade CF

Dengan perasaan harap-harap cemas, saya mulai mencoba hover depan Rumah, dan ternyata Alhamdulillah saya panjatkan Puji syukur kepadaNYA. Dominator bisa Hover dengan tenang depan Rumah dan siap menghias langit Minggu pagi yang mungkin masih sedikit redup karena Abu Kelud.

Rasa bahagia memancar dalam senyum yang tersisa kecemasan dan khawatir

namun begitu Hover dengan sedikit patroli depan rumah berhasil tenang, membuat kebahagiaan dan keyakinan untuk Terbang di Minggu pagi semakin kuat.
Terima Kasih Banyak Buat Om FlatnFlow untuk terus membantu saya dalam penerbangan Dominator dari sejak mulai di Rakit ini. Pak D yang selalu memberikan Tips n Trick, termasuk mengantar dan memberitahukan saya untuk meluruskan Mainshaft di tempat Bubut.
Juga kepada para Suhu disini yang selalu mendukung dan menyemangati kami dalam proses pembelajaran kami ini.
Sampai Jumpa di Penerbangan selanjutnya
- rosgana
- Chief Master Sergeant
- Posts: 889
- Joined: 18 Dec 2008, 20:44
- Location: Subang, Jawa Barat
- Contact:
Re: Bingkisan lagi
keesokan Harinya kami (saya dengan om Flatnflow) memutuskan untuk test flight pasca tabrakan di TKP, tempat dimana kami bertabrakan....

mencoba untuk Hover dengan settingan Normal, dan masih terlalu negatif pitch curve nya saat settingan idle Up...

saat nya untuk bermain dengan Pitch.... moment yang paling mengasyikan, sebelum terbang

siap-siap untuk penerbangan, setelah sehari bersama Blade baru

pasang canopy dulu biar gak lost orientasi.... kabel batere yang panjang bikin canopy agak-agak harus didorong ke belakang...

setelah sayap lurus dan canopy terpasang, siap merasakan settingan pit dan Throtle curve

alhasil, heli lebih tenang dan ringan... karena settingan sesuai dengan manual booknya

Mencoba idle Up, meski belum berani invert.... posisi curve normal dan idle up disesuaikan di angka dan sudut yang sama, saat idle up gak turun lagi terbangnya

settingan ini,membuat saya nyaman... (pit curve -5, throtle tengan +5 dan full throtle 11) dengan throtl e curve tertinggi 100%... sebelum saya mengganti Idle Up 2 pada throtle curve 100- 95 -100 dengan pitch +- 11
namun apa yang terjadi

saat di idle Up1, dan melakukan invert pertama, heli baik-baik saja.. tetapi sesaat sebelum melakukan looping, heli sudah terasa aneh dan tidak stabil...
diperkirakan 450DFC Linkage Rod set salah satu terlepas dan membuat heli tak terkendali... dalam posisi invert pula

saat dilakukan visum forensik... didapati kerusakan sebagai berikut
Blade sudah pasti ganti... padahal baru sehari sajahhh, Main Gear rontok berath!!!

Main shaft yang bengkok- (meski sekarang sudah lurus kembali)

450DFC Linkage Rod set yang harus ganti dan karena inilah permasalahan utamanya

kondisi Blade dan servo Aileron yang sudah tidak bisa di tolelir lagi... meski ganti gear, ternyata motor panas dan muter terush...


sambil nunggu parts..... main simulator dulu aja....
terima Kasih banyak

mencoba untuk Hover dengan settingan Normal, dan masih terlalu negatif pitch curve nya saat settingan idle Up...

saat nya untuk bermain dengan Pitch.... moment yang paling mengasyikan, sebelum terbang

siap-siap untuk penerbangan, setelah sehari bersama Blade baru

pasang canopy dulu biar gak lost orientasi.... kabel batere yang panjang bikin canopy agak-agak harus didorong ke belakang...

setelah sayap lurus dan canopy terpasang, siap merasakan settingan pit dan Throtle curve

alhasil, heli lebih tenang dan ringan... karena settingan sesuai dengan manual booknya

Mencoba idle Up, meski belum berani invert.... posisi curve normal dan idle up disesuaikan di angka dan sudut yang sama, saat idle up gak turun lagi terbangnya

settingan ini,membuat saya nyaman... (pit curve -5, throtle tengan +5 dan full throtle 11) dengan throtl e curve tertinggi 100%... sebelum saya mengganti Idle Up 2 pada throtle curve 100- 95 -100 dengan pitch +- 11
namun apa yang terjadi


saat di idle Up1, dan melakukan invert pertama, heli baik-baik saja.. tetapi sesaat sebelum melakukan looping, heli sudah terasa aneh dan tidak stabil...
diperkirakan 450DFC Linkage Rod set salah satu terlepas dan membuat heli tak terkendali... dalam posisi invert pula


saat dilakukan visum forensik... didapati kerusakan sebagai berikut
Blade sudah pasti ganti... padahal baru sehari sajahhh, Main Gear rontok berath!!!

Main shaft yang bengkok- (meski sekarang sudah lurus kembali)

450DFC Linkage Rod set yang harus ganti dan karena inilah permasalahan utamanya

kondisi Blade dan servo Aileron yang sudah tidak bisa di tolelir lagi... meski ganti gear, ternyata motor panas dan muter terush...


sambil nunggu parts..... main simulator dulu aja....
terima Kasih banyak
- predator
- Senior Airman
- Posts: 111
- Joined: 14 Oct 2011, 22:08
- Location: malang
Re: Bingkisan lagi
Waduh om jajan terus ya om ros...tapi tetep semangat om jangan patah arang...kapan2 saya tak mampir kesana kalo pulang kampung ke brebes...
- suhaimi
- Master Sergeant
- Posts: 485
- Joined: 16 Sep 2009, 22:24
- Location: vmg-2 bekasi
Re: Bingkisan lagi
waduh,,,,tetap semangat ya om,,,,