yg perlu dilurusin istilahnya nih hihihihihi 1. sudut antara garis chamber sayap dg sumbu pesawat (dalam hal ini sumbu stabilo) = Angle of incidence ( AoI) , nilainya tetap tergantung setting awal 2. sudut antara sayap dg relatif aliran angin = Angle of Attack ( AoA) , sudutnya berubah2 ( namanya juga relatif ) tergantung posisi ngedangaknya pesawatnya, batasan maksimalnya adalah Stall.
Pesawat yg AoI nya negatif masih bisa terbang asal AoA nya nol atau positif
Re: KAI T50 Golden Eagle
Posted: 11 Dec 2014, 17:29
by julescrafter
wah salah ya , maksute Aoi berarti, Angle of incidence
nah kalo lihat di gambar ini
punya T50 saya itu malah miring ke arah sebaliknya (yang lebih rendah malah bagian depan), jadi Aoi nya negatif ya maksudnya?
Re: KAI T50 Golden Eagle
Posted: 11 Dec 2014, 23:01
by iwan21
Iya om, kalo LE lebih rendah artinya AoI negatif, mudah2an setelah dikoreksi (entah nol entah positif) jadi lebih baik terbangnya
Re: KAI T50 Golden Eagle
Posted: 12 Dec 2014, 11:18
by hilmiskydiver
ijin monitor noted...semakin banyak ilmu nih
Re: KAI T50 Golden Eagle
Posted: 12 Dec 2014, 12:44
by itwilly
ilmu tingkat tinggi.........................
Re: KAI T50 Golden Eagle
Posted: 12 Dec 2014, 22:57
by julescrafter
hilmiskydiver wrote:ijin monitor noted...semakin banyak ilmu nih
itwilly wrote:ilmu tingkat tinggi.........................
iya om kalo om Roji ga singgung, saya juga ga tau tuh istilahnya hehehe
Re: KAI T50 Golden Eagle
Posted: 13 Dec 2014, 23:18
by julescrafter
UPDATE terbang tadi pagi. Overall revisi pada sayap pengaruh banget, sengaja dibuat agak nose heavy jadi di atas kudu dikoreksi lagi pake trim elevator pada penerbangan ke-4. Penerbangan ke-5 take off udah seperti seharusnya tapi landingnya jelek, belum biasa sama servo steering mati jadi roda depan belok sendiri pas landing jadi kejungkal.
Videonya
Re: KAI T50 Golden Eagle
Posted: 14 Dec 2014, 13:30
by hilmiskydiver
asik2...tinggal dicat om suhu. btw, cameramen-nya siapa?..zoom in & zoom outnya manteb banget
Re: KAI T50 Golden Eagle
Posted: 14 Dec 2014, 20:15
by iwan21
Wuih anteng banget terbangnya ckckcck, take off run juga udah pendek ya?
Re: KAI T50 Golden Eagle
Posted: 14 Dec 2014, 20:57
by julescrafter
hilmiskydiver wrote:asik2...tinggal dicat om suhu. btw, cameramen-nya siapa?..zoom in & zoom outnya manteb banget
iwan21 wrote:Wuih anteng banget terbangnya ckckcck, take off run juga udah pendek ya?
thanks om Roji iya ternyata ga jauh take off runnya kayak yang di penerbangan awal2 dulu. Ternyata ya memang AoI salah itu biang keladinya, ilmu baru lagi dari pesawat baru Saya cukup puas lah dengan hasilnya, baik terbangnya maupun speednya lumayan lah. Cukup lah sesuai budget.
Akhirnya saya ga pake rudder, 2 servo mati gara2 kawat rudder seret dan ga terlalu diperlukan. Jadi sekarang ch.4 hanya untuk servo untuk steering roda depan.
flaperon saya matiin, diganti dengan ailvator, jadi aileron di mixing dengan elevator. dudukan landing gear belakang saya perkuat lagi dengan tambahan triplek terusan dari kiri ke kanan.
Next step kita detailing dan mewarnai, kayaknya sudah cukup dengan prop 8x4 3 blade aja deh. Kayaknya ga perlu dicoba lagi pake prop 9x6 karena setelah saya cek di sini, http://personal.osi.hu/fuzesisz/strc_eng/
motornya ga akan kuat kalo throttle melebihi 60 persen, karena powernya cuma 250 Watt.