Di deket lanud pondok cabe om nubitol Kalo Dr pasir putih, lwt jln meruyung..lurus aja sampe eat republik..Kalo ga salah sih.. Ini jg hasil ngeliat Google map
lapor maiden minggu kemarin, singkatnya bisa terbang tapi kurang power dan angle thrust sepertinya belum bener. Kejadiannya mirip waktu maiden T-50i
Kronologinya seperti ini : - Maiden flight, pake prop 4 blade yang fleksible (10 inch). Meluncur manis di landasan tanah lalu ada gundukan pesawat lompat dan airborne, lalu hidung langsung nukik menghujam bumi. Saya kurang sigap mengantisipasi nya, saya pikir bisa mulus ke atas. - Strut roda depan bengkok, ajaibnya masih kuat setelah saya luruskan. Hidung sedikit penyok tapi masih berbentuk, hanya battery hatch jadi ga rapat lagi. Dan prop 4 bladenya patah. - Sempat dicoba dirasakan besar thrustnya sama teman2 di lapangan, sepertinya kurang kuat. Padahal menurut hitungan AUW 1350 dengan thrust 1600 cukup. - Setelah repair sebentar, pesawat siap untuk penerbangan kedua. Prop diganti dengan 3 blade (11 inch) - Kali ini di tempat yang lebih agak rata dan agak panjang. - Meluncur manis agak belok sedikit, setelah lurus saya full throttle, sampai kira2 20 meteran pesawat belum mau terbang dan terpaksa saya up elevator, dan pesawat airborne. - Baru airborne 2 meteran pesawat sudah mau nukik lagi, tapi kali ini saya udah siap, jadi saya up dan beruntung lapangan agak menurun jadinya bisa recover dan bisa selamat terbang ke atas. - Setelah sudah tinggi saya baru sadar battery hatch terbuka, saya jadi sangat terganggu dan pikiran saya langsung mau landing aja, karena bisa jadi halangan angin dan jelek di videonya. - Tapi saya pikir juga sekalian aja deh di test muter2 sebentar, test gimana glidenya. Pesawat selalu mau nukik dan harus di up terus elevatornya, dilepas sedikit langsung ke bawah. - Karena sering up terus pesawat jadi terbang kayak lumba2, dan hilang ketinggian karena sering hilang tenaga karena sharp bank dan motor yang kurang thrust. - Begitu ada temen yang teriak nanti kalo mau landing kasih tau ya, saya langsung kepikiran mau landing aja lah, nutup hatch lalu terbang lagi saya pikir. - Setelah muter2 siap2 landing pesawat terus turun dan hilang ketinggian dan nabrak ilalang dan crash sebelum landing. - Kerusakan hanya nambah bagian mesin dummy yang patah satu.
Kesimpulan sementara saya 1. motor kurang kuat - solusi gulung ulang 2. sudut motor kurang mendongak lagi - solusi ubah sudutnya
Mungkin suhu2 ada pendapat lain mohon masukannya. - WS : 135 cm - FS : 150 cm - Wing Area : 30 dm2 - AUW : 1350 gram
kerusakan setelah crash, kesan saya pake lapis sticker mobil, ini pertama kalinya saya pake - prosedur lebih mudah tidak repot melapisi foam dulu, tidak banyak semprot2 cat - lebih cepat prosesnya dibanding proses cat. - lebih kuat dan hasilnya halus (kinclong) - sayangnya nambah beratnya banyak.
malamnya sudah bener lagi. sempet kepikiran untuk pake 2 blade 12x6 propnya tapi setelah ditest, seinget saya seharusnya lebih kuat dari hasil test, jadi keputusannya besok saya kirim ke bandung buat di gulung ulang.