
Pilihan Pswt utk Belajar F3A>Mohon Pencerahan
- sahid
- Lieutenant Colonel
- Posts: 2000
- Joined: 06 May 2008, 11:38
- Location: Pekanbaru. LA.Club, P A S C
- Contact:
- Budi
- Colonel
- Posts: 2618
- Joined: 09 Jul 2008, 13:39
- Location: JAKARTA
sahid wrote:emang mestinya...expert 1, advance 1 kalo lanjut 1 g' cocok ah....ampoun suhu......btw...udah 1 minggu tiap malam merenung
dan mencari lisensi.....setelah bs take-off landing dg selingkuhan ( fixed wing ) pengin punya pesawat patern eng 2 tak.....untuk yg benar2 baru seperti sya kira2 model apa y oom....( enak,ngangeni,terjangkau,terkendali) mhn masukan oom....
saya sarankan pakai world model Spot On oom dari world model atau Venus 50 dari Great Planes, Engine OS55AX atau OS FS70, Prop 12X7 servo standard Futaba3001 atau equivalent cukup...........
Perlu selingan om, kalo main heli terus bisa penat/capek/stress/........... tapi kalo main Pesawatnya seperti Oom Dom's ...3D....ya balik lagi.....sama kyk main Heli,.......he...he...he...(buat saya lho)
- sahid
- Lieutenant Colonel
- Posts: 2000
- Joined: 06 May 2008, 11:38
- Location: Pekanbaru. LA.Club, P A S C
- Contact:
Pemula 1 wrote:saya sarankan pakai world model Spot On oom dari world model atau Venus 50 dari Great Planes, Engine OS55AX atau OS FS70, Prop 12X7 servo standard Futaba3001 atau equivalent cukup...........
Perlu selingan om, kalo main heli terus bisa penat/capek/stress/........... tapi kalo main Pesawatnya seperti Oom Dom's ...3D....ya balik lagi.....sama kyk main Heli,.......he...he...he...(buat saya lho)
bener oom...biar g' "meleng" terus....kebetulan ada OS 46 hibah ( in box ) , klo gilles gmn oom? kyknya pas dg eng. yg sy miliki...apa terbangnya lebih susah? ( sbg gambaran bru dua minggu ini sy bs landing dg sempurna...pk frontier eng 46...tapi loop, roll, invert g' mslah dg peswt tersebut) mhon msukan lagi oom suhu1......

- Budi
- Colonel
- Posts: 2618
- Joined: 09 Jul 2008, 13:39
- Location: JAKARTA
sahid wrote:....... klo gilles gmn oom? kyknya pas dg eng. yg sy miliki...apa terbangnya lebih susah? ( sbg gambaran bru dua minggu ini sy bs landing dg sempurna...pk frontier eng 46...tapi loop, roll, invert g' mslah dg peswt tersebut) mhon msukan lagi oom suhu1......
Oom Bambang......mohn masukkannya please.......
saya pernah nyoba Giles 202 tapi yang 2X2 (2meter) Engine YS 140, prop 16x8APC ..... buatan ?(lupa) color scheme cakep banget, Servo Digital semua JRDS8711 karakternya buat pemula spt saya hampir sama dgn Extra kelas 330 26cc. Full capable untuk mild aerobatic roll, loops, roops, cuban8, 4 point roll......semua mantap dgn pesawat ini.
Tapi menurut review sangat dianjurkan untuk Intermediate to Advanced pilot, bagi yg mau pindah dari highwimg trainer mungkin juga bisa(tergantung jempol) untuk ENGINE: OS Engines .46AX recommended PROP: APC 11x6 .....

Para Suhu Senior, mohon maaf jika ada yg keliru....
BTW, nggak usah khawatir, kalo yakin sih mau pesawt kayak apa aja pasti bisa pak..!!!! apalagi trainer dah lulus....

Giles 46 Phoenix model

kalo Giles 202 46 dari buatan CMP sepertinya didisain untuk full 3D capable

- beta_james
- Chief Master Sergeant
- Posts: 798
- Joined: 03 Apr 2007, 00:31
- Location: Jakarta
- sahid
- Lieutenant Colonel
- Posts: 2000
- Joined: 06 May 2008, 11:38
- Location: Pekanbaru. LA.Club, P A S C
- Contact:
- bwijono
- Posts: 7
- Joined: 22 Jun 2007, 14:03
- Location: Jakarta
Om Pemula Ok masukannya.....
Memang giles "katanya" enak apalagi yang bilang Oky.....
saya terus terang belum punya giles hanya pernah denger komentar Oky yg punya 2x2 giles.
Nah klo Om Said udh mulus landingnya kemudian dilihat lagi apakah utk pesawat tail gear apakah sudah landing 3 point. Artinya landing dg 3 roda menyentuh runway berbarengan.
Selamat mencoba terbang presisi.....
Memang giles "katanya" enak apalagi yang bilang Oky.....

saya terus terang belum punya giles hanya pernah denger komentar Oky yg punya 2x2 giles.
Nah klo Om Said udh mulus landingnya kemudian dilihat lagi apakah utk pesawat tail gear apakah sudah landing 3 point. Artinya landing dg 3 roda menyentuh runway berbarengan.
Selamat mencoba terbang presisi.....

- su-31
- Chief Master Sergeant
- Posts: 990
- Joined: 22 Jun 2007, 17:15
- Location: Sentul City, Bogor
- Contact:
Pemula 1 wrote:....BTW, nggak usah khawatir, kalo yakin sih mau pesawt kayak apa aja pasti bisa...
Wuah, kalo awak tak bisalah oom.
F3A itu kalo aku ibaratkan musik, ya Klasik lah, macam Chopin Nocturne op.9, in b# Minor...bla bla.
Baca not balok aja gak bisa.., gimana mau Cuban-8...
Kalau aku ya cukup puas pakai planker edge aja lah.
Hover2 sikit gitu, ya kira2 seperti Hikayat Cinta..dewi persik, kelas dangdut...

- Budi
- Colonel
- Posts: 2618
- Joined: 09 Jul 2008, 13:39
- Location: JAKARTA
bwijono wrote:Om Pemula Ok masukannya.....
Memang giles "katanya" enak apalagi yang bilang Oky.....![]()
saya terus terang belum punya giles hanya pernah denger komentar Oky yg punya 2x2 giles.
Nah klo Om Said udh mulus landingnya kemudian dilihat lagi apakah utk pesawat tail gear apakah sudah landing 3 point. Artinya landing dg 3 roda menyentuh runway berbarengan.
Selamat mencoba terbang presisi.....
Wah...ini baru tantangan........landing 3 point........ini yg saya belum bisa......either lompat kodok atau, bisa 3 point tapi arahnya kemana nggak tahu (kebiasaan di lap rumput nggak ada runway)......Oom Bambang punya trik untuk kita2 supaya bisa 3 point Landing nggak?.........
Apakah 3 point landing ini hanya untuk tail wheel saja atau juga berlaku untuk nose wheel juga ya oom?, soalnya kalo nose wheel, koq lebih cakep kalo masuk dari posisi harrier, touch pertama roda belakang. terus roda depan........

Oom Sahid , Om Sony, nak Eidri .....ayo latihan......
- sahid
- Lieutenant Colonel
- Posts: 2000
- Joined: 06 May 2008, 11:38
- Location: Pekanbaru. LA.Club, P A S C
- Contact:
Pemula 1 wrote:
Wah...ini baru tantangan........landing 3 point........ini yg saya belum bisa......either lompat kodok atau, bisa 3 point tapi arahnya kemana nggak tahu (kebiasaan di lap rumput nggak ada runway)......Oom Bambang punya trik untuk kita2 supaya bisa 3 point Landing nggak?.........
Apakah 3 point landing ini hanya untuk tail wheel saja atau juga berlaku untuk nose wheel juga ya oom?, soalnya kalo nose wheel, koq lebih cakep kalo masuk dari posisi harrier, touch pertama roda belakang. terus roda depan..
Oom Sahid , Om Sony, nak Eidri .....ayo latihan......
#iya neh oom Bambang..."bagi-bagi triknya" biar kita2 bisa landing cakep manis.
#Pak Budi: nunggu giles...sementara latihan dulu pakai Mustang kecil ( eng 46 )