Tips, Teknik dan Trik untuk Hover Pesawat Fun Fly

membahas pesawat gepeng

Moderators: su-31, Budi

Post Reply
User avatar
sahid
Lieutenant Colonel
Lieutenant Colonel
Posts: 2000
Joined: 06 May 2008, 11:38
Location: Pekanbaru. LA.Club, P A S C
Contact:

Re: Tips, Teknik dan Trik untuk Hover Pesawat Fun Fly

Post by sahid »

toto wrote:........agar pesawat tetap tegak lurus dan diem adalah kombinasi throttle management ...............
kira2 gitu deh yang saya liat yang pada udah main hoover kalo saya sih masih belon berani yg deket2 rumput ....


ada bocoranya g' Pak?

tapi mefet rumput dah biasa ya suhu?
User avatar
toto
Brigadier General
Brigadier General
Posts: 3445
Joined: 16 May 2007, 10:45
Location: Cibinong
Contact:

Re: Tips, Teknik dan Trik untuk Hover Pesawat Fun Fly

Post by toto »

Halo om Sahid, saya udah bisa beberapa kali mepet malah nyabetin rumput tapi dalam kondisi crash ..... he he he ..... ini beneran loh, melanjutkan soal bocoran tadi coba ngintip bukunya E7J dan coba saya hafalkan bacaannya tapi enggak sempet nyalin ato moto kopi soalnya takut ketahuan jadi kalo salah ya mohon maaf namanya juga orang ngapalin, gini nih bocoran piturut/menurut primbonnya E7J

1. Disarankan pakai engin 4c tapi bukan berarti pake 2c enggak bisa tapi dengan catatan menurut beliau kalo pake 4c kombinasi tidak perlu pakai propeller yg WIDE - misalnya 13x4W dan sebaliknya kalo pake 2c.
2. Gunakan engine dan ukuran propellernya (pitch biasanya 4~5 derajad tinggal panjangnya yg bervariasi) yang sesuai dengan berat pesawatnya dengan patokannya amati pada saat kondisi hoover bukaan throttle tidak dianjurkan lebih dari kisaran 50~70%.
3. Setting expo pada throttle sangat membantu untuk menghaluskan respon dalam menyalurkan tenaga, tapi ada juga yg tidak pakai expo bagi mereka yang memang gesit dalam mengolah throttle.
4. Setting CG agak dimajukan sehingga pesawat menjadi rada tail heavy, berapa besar sangat tergantung selera khususnya kondisi mata dan jempol serta power engine.
5. Selalu masuk menuju head wind dan berakselerasi secukupnya disesuaikan dengan kondisi kecepatan angin.

Nah mengapanya dan bila tidak dipenuhinya dari tulisan point 1 s/d 5 nanti lebih baik E7J saja yang menjelaskannya kecuali saya diberikan ijin oleh beliau karena hal ini menyangkut mantra2 untuk membuat pesawat menjadi PERKASA atau TEGAK .......... he he he

Sekian dulu ya soalnya apalannya tiba2 hilang dari ingatan maklum uban sudah mendominasi kepala neh, dan tidak lupa kepada para suhu mohon kiranya seandainya terdapat kesalahan mohon tegurannya dan koreksinya karena salah dalam menyampaikan matra kan bisa bikin pesawat crash
User avatar
su-31
Chief Master Sergeant
Chief Master Sergeant
Posts: 990
Joined: 22 Jun 2007, 17:15
Location: Sentul City, Bogor
Contact:

Re: Tips, Teknik dan Trik untuk Hover Pesawat Fun Fly

Post by su-31 »

Augustinus Aurelius wrote:ntar dipraktikum di simulator ah..
Btw.. Eyang, kalo utk hover perlu ngga program "mixing" antara gerakan Aileron mix ke ruder?


uh berantakan oom kalo mixing...

Tangan saya itu standby nya ke switch dual rate aja..., selalu cetak/cetik disitu.
..entry dengan low rate, slow... pull-up...cetik...hi-rate.
Maen deh tuh throttle...

...ada yg namanya "Sweet Spot".., itu buat Nose Attitude nya dan Throttle posistion.
Makanya, programming/feature di radio yg paling aku cari.., itu tuh.., yg ada Throttle Curve nya.

Banyak deh oom.., prop aja, yg satu bisa enak buat hover yg lain bisa enggak.
...bukan semata dari banyak/besarnya thrust aja.
Contohnya yg giant2 itu pitch nya gede2.

Buat yg orientasinya masih bagus/seger2 kayak pak Budi, Blur dll gitu.., dari hover lanjut ke torque-roll.., duh matep deh !.

Saya lagi gak bisa terbang nih oom.., lagi dines luar (luar pager).
Pokoknya asik deh.., bahas2 yg ginian, ntar kita terusin...

Tapi oom AA, jangan bilang2 pakDe yg di Surabaya itu ya...
Saya itu hover, cuma mau manas2in beliau aja kok :ym24
Lha abis, punya Extra gede gitu bukan malah di hover, ee malah di elus2 doang...
justinus wrote:HOVER??? Buat apa? Bahan bakar kok dibakar untuk pesawat yang cuma diem???
User avatar
AgoesAurelz
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1315
Joined: 20 Oct 2007, 19:03
Location: Mataram-Lombok

Re: Tips, Teknik dan Trik untuk Hover Pesawat Fun Fly

Post by AgoesAurelz »

pake throtle curve? Hmm... berarti mirip heli dong eyang?
Pake throtle curve model grafiknya seperti huruf "V" (idle up) gitu ya... atau? ..... Wah makin penasaran nih..

Anyway, thanks buat infonya...
User avatar
MrDoms
Second Lieutenant
Second Lieutenant
Posts: 1078
Joined: 18 Jan 2007, 13:50
Location: Pekanbaru

Re: Tips, Teknik dan Trik untuk Hover Pesawat Fun Fly

Post by MrDoms »

su-31 wrote:Lha abis, punya Extra gede gitu bukan malah di hover, ee malah di elus2 doang...


belum waktunya mungkin.... atau mungkin di elus2 biar cepet berdiri... :lmao: :lmao:
User avatar
sukmana
Senior Airman
Senior Airman
Posts: 114
Joined: 26 Jul 2007, 14:43
Location: madiun

Re: Tips, Teknik dan Trik untuk Hover Pesawat Fun Fly

Post by sukmana »

Doms wrote:
su-31 wrote:Lha abis, punya Extra gede gitu bukan malah di hover, ee malah di elus2 doang...


belum waktunya mungkin.... atau mungkin di elus2 biar cepet berdiri... :lmao: :lmao:




kekeke.....
dielus biar berdiri...
kekekeke...

jadi curiga...
User avatar
Budi
Colonel
Colonel
Posts: 2618
Joined: 09 Jul 2008, 13:39
Location: JAKARTA

Re: Tips, Teknik dan Trik untuk Hover Pesawat Fun Fly

Post by Budi »

Augustinus Aurelius wrote:pake throtle curve? Hmm... berarti mirip heli dong eyang?
Pake throtle curve model grafiknya seperti huruf "V" (idle up) gitu ya... atau? ..... Wah makin penasaran nih..

Anyway, thanks buat infonya...



Kalo dari cara cerita Eyang suhu sih sepertinya throttle management itu lebih ke arah mencari "sweet spot".

sweet spot, dimana posisi thrust=berat pesawat (hovering throttle position)

Jadi throttle curve normal, hanya pada titik titik sweet spot di buat landai atau tidak sensitif, sehingga pada saat bermain dgn rudder, throttle tidak terganggu........

bener nggak sih Eyang.......mana neh Eyang nya?
User avatar
Syafik
Major General
Major General
Posts: 4021
Joined: 22 Jan 2007, 13:24
Location: Gresik - Surabaya
Contact:

Re: Tips, Teknik dan Trik untuk Hover Pesawat Fun Fly

Post by Syafik »

kalau tekniknya torque Roll gimana ya
disimak disini banyak ilmu baru tapi bingung juga, malah ada pake throtle curve buat mixingnya...
User avatar
Budi
Colonel
Colonel
Posts: 2618
Joined: 09 Jul 2008, 13:39
Location: JAKARTA

Re: Tips, Teknik dan Trik untuk Hover Pesawat Fun Fly

Post by Budi »

Syafik wrote:kalau tekniknya torque Roll gimana ya
disimak disini banyak ilmu baru tapi bingung juga, malah ada pake throtle curve buat mixingnya...


saya baru belajar torque roll, kalau di edge 90 baru 1 kali putaran, di Extra 160 baru 2-3 putaran.......yg agak diem itu kalau pakai katana planker.

intinya, entry merupakan kunci, setelah berada di sweet spot hover, tinggal menggunakan elevator dan rudder untuk menjaga supaya lurus, aileron nggak disentuh kecuali untuk memperlambat/mempercepat roll karena pada saat hover, pesawat akan otomatis roll kekiri.
Juga nggak pakai mixing.

selamat mencoba.....
Image
User avatar
Budi
Colonel
Colonel
Posts: 2618
Joined: 09 Jul 2008, 13:39
Location: JAKARTA

Re: Tips, Teknik dan Trik untuk Hover Pesawat Fun Fly

Post by Budi »

arief wrote:thanks atas pencerahannya om wisnu

kalo melihat ketiga foto om wisnu, terlihat tidak ada deflection sama sekali dari ketiga bidang control: ail, ele dan rud. semuanya rata di posisi normal. how come?

apakah throw di setting sangat kecil/halus atau jempolnya sangat cepat sehingga tidak tertangkap kamera atau pilotnya sangat expert sehingga pesawat sangat tenang?


oom Arief, benar defleksi pada saat hover diam sangat kecil, jika pesawat sudah berada pada keseimbangannya, hanya sedikit defleksi di Aileron.

Image

Image

Image[/quote]

Defleksi besar itu di perlukan pada saat hover, hanya untuk recovery.......
disamping itu, untuk manuever lainnya seperti Harrier, harrier roll, snap roll, pugachev dll......semua perlu defleksi bahkan sampai 45 derajat...
Post Reply