Bang... klo BL2408 ingin merubah magnet ... agar RPM dapat tinggi (jadi 2550Kv misal)
bagaimana komposisi peletakan magnetnya... misal dengan mengurangi jumlah magnet (semakin jarang)
Step by step modif CDR motor
- joun
- Lieutenant Colonel
- Posts: 2027
- Joined: 12 Apr 2007, 15:46
- Location: jember
- iwan21
- Administrator
- Posts: 9640
- Joined: 17 Jan 2007, 14:11
- Location: Bekasi
- Contact:
Re: Step by step modif CDR motor
joun wrote:Bang... klo BL2408 ingin merubah magnet ... agar RPM dapat tinggi (jadi 2550Kv misal)
bagaimana komposisi peletakan magnetnya... misal dengan mengurangi jumlah magnet (semakin jarang)
bisa coba2 bang, kalo magnet dikurangin jadi 6, maka rpm akan lipat dua dari aslinya.
Utk magnet gak mesti di cabut tingal enam utk merubah jadi 6 kutub, tapi bisa dg meme,pelkan dua magnet jadi satu (perlu perjuangan sebab daya tolak medan magnetnya cukup kuat)

atau :
magnet gak usah dilepas, tapi ganti kawat dg diameter yg lebih besar dan gulungan dikurangin, terminasi aja jadi delta
.
.
..
cuman yg jadi perhatian, panasnya nanti akan berlebih, bisa merusak magnetnyai
- joun
- Lieutenant Colonel
- Posts: 2027
- Joined: 12 Apr 2007, 15:46
- Location: jember
Re: Step by step modif CDR motor
Untuk langkah kedua sudah dilakukan da perubahan kurang nampak...
naahh.. mo nyoba langkah 1 ... dan perlu perjuangan ... terima lkasih Bang Iwan...
naahh.. mo nyoba langkah 1 ... dan perlu perjuangan ... terima lkasih Bang Iwan...
- joun
- Lieutenant Colonel
- Posts: 2027
- Joined: 12 Apr 2007, 15:46
- Location: jember
Re: Step by step modif CDR motor
iwan21 wrote:joun wrote:Bang... klo BL2408 ingin merubah magnet ... agar RPM dapat tinggi (jadi 2550Kv misal)
bagaimana komposisi peletakan magnetnya... misal dengan mengurangi jumlah magnet (semakin jarang)
bisa coba2 bang, kalo magnet dikurangin jadi 6, maka rpm akan lipat dua dari aslinya.
Utk magnet gak mesti di cabut tingal enam utk merubah jadi 6 kutub, tapi bisa dg meme,pelkan dua magnet jadi satu (perlu perjuangan sebab daya tolak medan magnetnya cukup kuat)
atau :
magnet gak usah dilepas, tapi ganti kawat dg diameter yg lebih besar dan gulungan dikurangin, terminasi aja jadi delta
.
.
..
cuman yg jadi perhatian, panasnya nanti akan berlebih, bisa merusak magnetnyai
Bang klo nggak rapet pengaruhnya bagaimana..??
karena aku coba seperti ini...


- joun
- Lieutenant Colonel
- Posts: 2027
- Joined: 12 Apr 2007, 15:46
- Location: jember
Re: Step by step modif CDR motor
Uji langsung berpengaruh banget .. thp RPM
tentu prop saya kecilkan sedikt
ntar test power belom...

uji terbang ... labih fast dengan prop 6x5 APC composit disunat ...
tenku Bang Iwan ...
Yang kucoba Modif lagi TP2409 ... saya pasang di F22 ... fast ... bang ....
tentu prop saya kecilkan sedikt
ntar test power belom...

uji terbang ... labih fast dengan prop 6x5 APC composit disunat ...
tenku Bang Iwan ...
Yang kucoba Modif lagi TP2409 ... saya pasang di F22 ... fast ... bang ....
- iwan21
- Administrator
- Posts: 9640
- Joined: 17 Jan 2007, 14:11
- Location: Bekasi
- Contact:
Re: Step by step modif CDR motor
joun wrote:Bang klo nggak rapet pengaruhnya bagaimana..??
karena aku coba seperti ini...
Harus rapat bang, supaya berbentuk jadi satu bagian kutub magnet
Kalo ada jarak gitu medan magnetnya terpisah, jadi seakan2 ada dua kutub magnet yg sama berdekatan
- joun
- Lieutenant Colonel
- Posts: 2027
- Joined: 12 Apr 2007, 15:46
- Location: jember
Re: Step by step modif CDR motor
iwan21 wrote:joun wrote:Bang klo nggak rapet pengaruhnya bagaimana..??
karena aku coba seperti ini...
Harus rapat bang, supaya berbentuk jadi satu bagian kutub magnet
Kalo ada jarak gitu medan magnetnya terpisah, jadi seakan2 ada dua kutub magnet yg sama berdekatan
berarti bisa labih beda lagi ... dari yang sudah dicoba yaa..
siap laksanakan....
- joun
- Lieutenant Colonel
- Posts: 2027
- Joined: 12 Apr 2007, 15:46
- Location: jember
Re: Step by step modif CDR motor
iwan21 wrote:joun wrote:Bang klo nggak rapet pengaruhnya bagaimana..??
karena aku coba seperti ini...
Harus rapat bang, supaya berbentuk jadi satu bagian kutub magnet
Kalo ada jarak gitu medan magnetnya terpisah, jadi seakan2 ada dua kutub magnet yg sama berdekatan
berarti bisa labih beda lagi ... dari yang sudah dicoba yaa..
siap laksanakan....
- tedyBAT
- Master Sergeant
- Posts: 438
- Joined: 16 Oct 2007, 09:05
- Location: Banjarmasin
- Contact:
Re: Step by step modif CDR motor
iwan21 wrote:joun wrote:Bang... klo BL2408 ingin merubah magnet ... agar RPM dapat tinggi (jadi 2550Kv misal)
bagaimana komposisi peletakan magnetnya... misal dengan mengurangi jumlah magnet (semakin jarang)
bisa coba2 bang, kalo magnet dikurangin jadi 6, maka rpm akan lipat dua dari aslinya.
Utk magnet gak mesti di cabut tingal enam utk merubah jadi 6 kutub, tapi bisa dg meme,pelkan dua magnet jadi satu (perlu perjuangan sebab daya tolak medan magnetnya cukup kuat)
atau :
magnet gak usah dilepas, tapi ganti kawat dg diameter yg lebih besar dan gulungan dikurangin, terminasi aja jadi delta
.
.
..
cuman yg jadi perhatian, panasnya nanti akan berlebih, bisa merusak magnetnyai
Kalo menurut saya untuk mengejar KV tinggi biasanya dengan cara menggulung kawat dengan ukuran yang lebih besar dengan 4 - 7 lilitan kawat besar maka arus yang dibutuhkan semakin besar namun menggulung kawat besar pada diameter stator yang sama, kawat yang tergulung menjadi lebih pendek, kawat yang pendek menyebabkan panas karena seperti arus yang short, nah cara mengatasi yah terminasi star... kalo motor masiih panas harus dibatasi laju arus dari baterey yaitu dengan cara esc lebih kecil ... kalo esc panas maka Capability batrey diturunkan misal dari 30C ke 20C masih panas juga Capacity batrey diturunkan... kalo masih panas propeler di kecilin lagi...
Kalo semua diturunkan motor jadi pelan .....wakakakkaa
paling enak kalo motor hangat esc panas baju escnya dilepas tapi dikasih pendingin (OTE-OTE) ..hehehe dan ditaruh diluar badan pesawat....
Menurut pengalaman dengan BL 2409 dan ESC 18 Ampere, motor, esc dan batt lebih dingin da pesawat jauh lebih kencang dari pada pada motor dan batt yang sama dengan esc 25A dengan merek yang sama....dengan prop 6 x4 disunat sedikit...(kalo cuma funjet dg motor ex heli (align/scorpion) mah salip kiri)
Sedikit mengenai magnet kenapa dengan magnet yang cuman separohnya (6 buah) lebih kencang rpmnya.... yang jelas hambatan/daya tarik magnet berkurang separuhnya...seperti melewati portal biasanya 12 buah jadi 6 buah.....gimana lebih kencang lagi...yah cari magnet yang daya magnetnya pas / tidak terlalu kuat dan tidak terlalu lemah ini biasa di analogikan sama dengan gigi sepeda gunung kalo terlalu kuat seperti gigi satu enak tarikan payah di atas, kalo terlalu lemah, sampai di atasnya lama nahhh nyari yang pas tengah agak susah ....
Kalo yang pernah main mini 4WD pas NGEH....
GIGI satu ibarat torsi u/ pesawat 3D (gear besar /prop besar, gigi 2 nih buat pesawat sport (gear tengah/prop tanggung, gigi 3 rpm/ funjet (gear kecil/prop kecil)
Ada satu trik lagi, kalo gak mau ganti magnet nya bisa diakalin dengan cara menjauh kan lagi celah posisi startor dengan magnet caranya stator di amplas sedikit (jangan banyak banyak nanti lapisan statornya jadi terkelupas) ....
That's it from me CMIIW .....
- iwan21
- Administrator
- Posts: 9640
- Joined: 17 Jan 2007, 14:11
- Location: Bekasi
- Contact:
Re: Step by step modif CDR motor
Merubah komposisi magnet dari 12 jadi 6, maka kecepatan akan meningkat lipat 2 tanpe merubah gulungan..
Kalao cuman merubah gulungan, belum tentu langsung lipat 2 rpmnya
Kalao cuman merubah gulungan, belum tentu langsung lipat 2 rpmnya