Budiman wrote:-----Hati-hati dengan 3D....racun dosis tinggi, Siapa sukses mencoba, pasti nambah lagi...maksudnya nambah armada .... ----
kalo saya si bukan armada yg nambah...tapi rongsokan part yg menumpuk...
.....kalau rongsokan part yang nambah,...gunung emas sekalipun bisa runtuh mas....
Berarti manuver 3D nya belum sukses.....
Oh ya...saya pernah ketemu dan bincang-bincang sama seseorang yang sudah menguasai teknik 3D heli maupun aerobatic dan 3D pesawat.
Saya perhatikan beliau lebih sering nerbangin pesawat daripada heli, padahal beliau juga sudah menguasai 3D heli ataupun gerakan F3C. Pertanyaan saya kenapa..? Jawabannya ringkas sekali "Peluang Crash Heli lebih besar dari Pesawat"
Nah lho.....
Salah,Pak...
Besar kecilnya peluang crash disebabkan oleh sang pilot sendiri....salah satunya memaksakan diri utk melakukan eksekusi sebuah manuver, tanpa memahami benar, segala aspek mengenai manuver itu sendiri...aspek bisa berupa orientasi, safety reason, setting up heli serta parameter point pada Tx,jempol pilot-nya, plus kurang istirahat, perut keroncongan, sreg ga sregnya perasaan ,dsb....
Alasannya cukup sederhana...karena Kita yang mengendalikan si heli, dan bukan kita yg dikendalikan oleh si heli.... Heli setelah dipersiapkan dengan benar, sudah dipastikan mampu utk melakukan manuver...tinggal...balik lagi ke pilot nya..termasuk faktor jempol....
Memangnya Anda berani menjamin menerbangkan pesawat untuk berpeluang tidak crash?....yang bener aja,Pak... .....
Kalo bener2 mau menghindari peluang crash..gampang,Pak..jangan maen aeromodelling.....
Saya tidak mengatakan SALAH atau BENAR Pak Budiman... Yang saya share hanya pendapat dan pengalaman pribadi seseorang... Kalau ada orang main pesawat atau main heli....crash atau tidak,..there is nothing to do with me. RISIKO dan segalanya main aeromodelling TANGGUNG SURANG-SURANG wae... Namanya aja sharing....silahkan pilah mana yg bermanfaat atau tidak buat diri masing-masing,...
DedDredd wrote:@ suhu ronniy piro itu pirouting atAu muter tail ke kanan atau ke kiri aja ya? Maaf saya bener2 gak tahu, di sini saya cm sendirian belajar heli...
Pertama...jangan panggil saya suhu deh mas... saya cuma orang biasa, dan gak pernah ngajar kungfu hingga pantas dipanggil suhu...
Piro itu gerakan tail muter baik ke kiri atau kanan ...sami mawon kok, masalah beljar heli sendirian...gak usah kawatir, kalo bisa buka gaero..artinya kan gak sendirian toh... ?? Banyak kok rekan lain yg bisa dan mau membantu kok...
didin wrote: Saya perhatikan beliau lebih sering nerbangin pesawat daripada heli, padahal beliau juga sudah menguasai 3D heli ataupun gerakan F3C. Pertanyaan saya kenapa..? Jawabannya ringkas sekali "Peluang Crash Heli lebih besar dari Pesawat"
Nah lho.....
Saya menyatakan SALAH...as my own opinion to be read only, it might not be followed too.... Anda silahkan share apa saja..ini forum berpendapat yg demokratis.... Helis,plane or boths are the things which are becoming somebody else's decision for flying with...the good,the bad or the ugly about those,there's nothing to do with u at all...off course....
Ikutan sharing tentang prosentase crash...menurut saya sama aja...maen heli 5 bulan dah segitu banyak crshnya, pesawat? Sama aja...1 bulan ini malah sudah lebih dari 6X....mungkin karena mampunya beli pesawat foamy yg murmer trus jadi ceroboh ya? Jadi memang benar kalo heli dan pesawat sudah ok, pastilah sdm nya yg nggak ok memaksakan diri bermanuver di luar kemampuan diri...crash lagi de... O iya! Trims om ronnie...
Ya udah g' usah muluk2 teorinya yang penting maknyus di lapangan...mau bel f3c, mau 3d kalo Mas rony saya apresiasi dua jempol lah , kadang menulis di sini lebih susah dari pada belajar PF...apadaya g' menguasai teori yg ideal n muluk2 DAN...di forum susah to melihat yang tersirat...semua tersurat adanya..
didin wrote:Terima kasih Om Budiman..saya Update urutannya...
Urutan belajar 3D heli: 1. Flip---forward, backward, side flip 2. Invert dengan segala orientasi 3. Autorotation 4. Pirouting hover normal n inverted 5. Loop di tempat 6. Half piroflip 7. ....
Update: 6 April 2010
Sesuai dengam usulan Oom Syafik, masalah mental dan dana sebaiknya diletakkan di urutan paling awal sebagai berikut
Urutan belajar 3D heli: 0. belajar menyisihkan dana jadi kalo crash ngg nyesek 0.a. Belajar ikhlas, jadi kalo manuver 3D bisa lebih tenang 1. Flip---forward, backward, side flip 2. Invert dengan segala orientasi 3. Autorotation 4. Pirouting hover normal n inverted 5. Loop di tempat 6. Half piroflip 7. ....
berhubung baru baca postingan suhu budi terpaksa saya urut jadi begini 1. Flip---forward, backward, side flip hasilnya 1.a. belajar menyisihkan dana karena udah crash duluan 1.b. Belajar ikhlas, jadi kalo manuver 3D bisa lebih tenang 2. Invert dengan segala orientasi 3. Autorotation 4. Pirouting hover normal n inverted 5. Loop di tempat 6. Half piroflip 7. ....[/quote]