Pak Sahid,
saya bukan suhu dan tidak perlu saya emosi..saya sudah utarakan,jika hal tsb Anda anggap sbg glitch..monggo kerso...tidak ada pemaksaan pendapat di sini..
Saya hanya berusaha meluruskan pengertian teknis umum yg digunakan pd r/c heli...
Untuk Pak elhakim,
Saya baru ingat,utk heli CCCPM,jika memang salah satu cyclic servo ada yg fail,maka saya sarankan utk melakukan pemeriksaan pada 2 servo yg lain..ini dikarenakan swashplate digerakkan oleh 3 servo cyclic secara bersamaan..sekdar jaga2 saja..hanya saran saja..
Trex 450Pro Loncat2
Moderators: Budiman, irsansaputra
- Budiman
- First Lieutenant
- Posts: 1263
- Joined: 17 Jan 2007, 15:27
- Location: bekasi-surabaya
- Contact:
- elhakim
- trainee
- Posts: 17
- Joined: 08 Mar 2011, 16:17
- Location: Pamulang
Re: Trex 450Pro Loncat2
Budiman wrote:Pak Sahid,
saya bukan suhu dan tidak perlu saya emosi..saya sudah utarakan,jika hal tsb Anda anggap sbg glitch..monggo kerso...tidak ada pemaksaan pendapat di sini..
Saya hanya berusaha meluruskan pengertian teknis umum yg digunakan pd r/c heli...
Untuk Pak elhakim,
Saya baru ingat,utk heli CCCPM,jika memang salah satu cyclic servo ada yg fail,maka saya sarankan utk melakukan pemeriksaan pada 2 servo yg lain..ini dikarenakan swashplate digerakkan oleh 3 servo cyclic secara bersamaan..sekdar jaga2 saja..hanya saran saja..
Saya sangat setuju pak

Khawatir masalahnya muncul ketika sedang diatas, seperti kejadian yang dialami pak Budiman, tadinya saya pikir cukup dengan mengganti metal gearnya saja, rupanya sirkuit di belakangnya pegang peranan penting dalam mengatur pulsa tegangan masuk.
Saya berencana mengganti semua servo cyclic setelah saya amati gerakan dari bawah sampai ke atas ada saat dimana gerakannya tidak simetris, walaupun sudah saya minimalisir dengan memainkan Subtrim dan travel adjustmentnya tetep saja rasanya kurang sreg di hati.
Apakah gejala ini terjadi juga di servo baru atau tidak ya?
- Budiman
- First Lieutenant
- Posts: 1263
- Joined: 17 Jan 2007, 15:27
- Location: bekasi-surabaya
- Contact:
Re: Trex 450Pro Loncat2
Pak elhakim,
Ke-tidaksinkron-an bukan tidak mungkin terjadi pada servo baru,bisa saja,namanya jg produksi masal, namun klo bole saya katakan kemungkinannya kecil.
Pada sistem radio saat ini yg rata2 ber-tehnologi digital spektrum,misalkan DX7 Spektrum, telah memberikan solusinya dg fasilitas servo synchronous(kalo tdk salah) ,yg akan me-lock setiap servo utk me-respon signal input dg speed yg sama..
Inilah disadvantage dr sistem CCPM, yg punya aturan basic,yaitu sebaiknya menggunakan 3 servo dengan technical spec.dan life-time yg sama...saya juga rada jengkel dg aturan ini...namun begitulah adanya..memang utk heli kelas 450,sistem ini sangat mendongkrak performance,karena mechanical frictions yg terjadi pd umumnya heli kelas 450 menjadi ter-eliminir....penggunaan CCPM,jelas mengurangi jumlah linkage rod.....
Namun jika suatu saat nanti Anda mulai menerbangkan heli engine,maka sistem CCPM dibandingkan dgn Individual servo,tidak memberikan perbedaan yg significant..tentunya ada trik khusus yg diaplikasikan kepada sistem Individual servo utk mengimbangi CCPM.
Bagi saya, CCPM bukan segalanya dan bukan yg terbaik utk aplikasi heli engine....
Ini sekedar pendapat pribadi saya saja lho,Pak....jangan dianggap sbg pedoman....
salam,
budiman
Ke-tidaksinkron-an bukan tidak mungkin terjadi pada servo baru,bisa saja,namanya jg produksi masal, namun klo bole saya katakan kemungkinannya kecil.
Pada sistem radio saat ini yg rata2 ber-tehnologi digital spektrum,misalkan DX7 Spektrum, telah memberikan solusinya dg fasilitas servo synchronous(kalo tdk salah) ,yg akan me-lock setiap servo utk me-respon signal input dg speed yg sama..
Inilah disadvantage dr sistem CCPM, yg punya aturan basic,yaitu sebaiknya menggunakan 3 servo dengan technical spec.dan life-time yg sama...saya juga rada jengkel dg aturan ini...namun begitulah adanya..memang utk heli kelas 450,sistem ini sangat mendongkrak performance,karena mechanical frictions yg terjadi pd umumnya heli kelas 450 menjadi ter-eliminir....penggunaan CCPM,jelas mengurangi jumlah linkage rod.....
Namun jika suatu saat nanti Anda mulai menerbangkan heli engine,maka sistem CCPM dibandingkan dgn Individual servo,tidak memberikan perbedaan yg significant..tentunya ada trik khusus yg diaplikasikan kepada sistem Individual servo utk mengimbangi CCPM.
Bagi saya, CCPM bukan segalanya dan bukan yg terbaik utk aplikasi heli engine....
Ini sekedar pendapat pribadi saya saja lho,Pak....jangan dianggap sbg pedoman....
salam,
budiman
- elhakim
- trainee
- Posts: 17
- Joined: 08 Mar 2011, 16:17
- Location: Pamulang
Re: Trex 450Pro Loncat2
Pak Budiman,
Kelihatannya aturan basic ini sudah jadi prasyarat CCPM ya
Terima kasih pencerahannya dan mengkorelasikan hal ini di heli engine yg notabene masih jadi barang asing buat saya...
kapan ya punya ...hehehe
Tertarik dengan syncronize servo yg bisa dilakukan DX7, seperti apa mereka bekerja pak? Kebetulan saya pake TX ini juga
Kelihatannya aturan basic ini sudah jadi prasyarat CCPM ya

Terima kasih pencerahannya dan mengkorelasikan hal ini di heli engine yg notabene masih jadi barang asing buat saya...

Tertarik dengan syncronize servo yg bisa dilakukan DX7, seperti apa mereka bekerja pak? Kebetulan saya pake TX ini juga
- DedDredd
- Senior Master Sergeant
- Posts: 570
- Joined: 11 Sep 2010, 17:04
- Location: Kediri-Jogja
Re: Trex 450Pro Loncat2
Alhamdulillah! Turut bersuka cita atas sembuhnya servo dari penyakit batuk2.... 
Kalo pengalaman pribadi saya(crash) pada trex 450 sport saya ada 2 cyclic servo yg paling sering rusak, yaitu aileron dan pitch servo, kalo elevator biasanya paling aman dari kerusakan.

Kalo pengalaman pribadi saya(crash) pada trex 450 sport saya ada 2 cyclic servo yg paling sering rusak, yaitu aileron dan pitch servo, kalo elevator biasanya paling aman dari kerusakan.
- Budiman
- First Lieutenant
- Posts: 1263
- Joined: 17 Jan 2007, 15:27
- Location: bekasi-surabaya
- Contact:
Re: Trex 450Pro Loncat2
Pak elhakim,
Servo synch. bekerja secara software,fungsi ini mulai aktif pd periode inisialisasi...tentang bagaimana proses bekerjanya,saya sendiri masi berusaha mencari tau hingga saat ini,Pak
Yang jelas dg adanya fungsi tersebut,3 servo cyclic bekerja pada speed yg nyaris sama...
Mengenai pra syarat CCPM...saya tidak menyarankan utk dilanggar..krn kegagalan pd servo,biasanya susah terdeteksi gejala awalnya sebelum kejadian..ini hal yg umum...seperti yg saya alami contohnya....seblum terbang ok,saat take-off malah mundur...
salam,
budiman
Servo synch. bekerja secara software,fungsi ini mulai aktif pd periode inisialisasi...tentang bagaimana proses bekerjanya,saya sendiri masi berusaha mencari tau hingga saat ini,Pak
Yang jelas dg adanya fungsi tersebut,3 servo cyclic bekerja pada speed yg nyaris sama...
Mengenai pra syarat CCPM...saya tidak menyarankan utk dilanggar..krn kegagalan pd servo,biasanya susah terdeteksi gejala awalnya sebelum kejadian..ini hal yg umum...seperti yg saya alami contohnya....seblum terbang ok,saat take-off malah mundur...
salam,
budiman
- levpardede
- Airman First Class
- Posts: 89
- Joined: 22 Aug 2010, 22:34
- Location: bintaro
- Contact:
Re: Trex 450Pro Loncat2
servonya jitter mas pada posisi mid stik..
bahasa gampangnya..elektronik di servo dah mau mati, baiknya ganti lah gk sebanding drpd jatuh sia'' atau fail saat hover apalagi heli dateng kekita
bahasa gampangnya..elektronik di servo dah mau mati, baiknya ganti lah gk sebanding drpd jatuh sia'' atau fail saat hover apalagi heli dateng kekita

- jstnt
- Airman First Class
- Posts: 78
- Joined: 29 Oct 2007, 22:50
- Location: Jakarta (ASAC)
- Contact:
Re: Trex 450Pro Loncat2
Oooo mantap, ternyata servo cyclicnya rompal 
