Heli buat saya perlu keterampilan lebih, jadi ada baiknya memperdalam dulu dengan yg relatif lbh mudah untuk dioperasikan, baru beralih ke yang lebih sulit...untuk heli atau fixed wing, itu masalah pilihan saja....jadi kalau memang merasa nyaman di heli atau sebaliknya, kenapa tidak ??...dan kalau sdh suka, apapun akan dilakukan...( tapi tetap perlu berhitung juga ) dan satu lagi...fixed wing memang lebih aman, karena masih bisa gliding kalau trouble di udara...kalau crash, ongkos repairnya masih bs terjangkau....saya rasa itu permasalahannya
Heli buat saya perlu keterampilan lebih, jadi ada baiknya memperdalam dulu dengan yg relatif lbh mudah untuk dioperasikan, baru beralih ke yang lebih sulit...untuk heli atau fixed wing, itu masalah pilihan saja....jadi kalau memang merasa nyaman di heli atau sebaliknya, kenapa tidak ??...dan kalau sdh suka, apapun akan dilakukan...( tapi tetap perlu berhitung juga ) dan satu lagi...fixed wing memang lebih aman, karena masih bisa gliding kalau trouble di udara...kalau crash, ongkos repairnya masih bs terjangkau....saya rasa itu permasalahannya
Ya,Om Yustitia, saya sependapat dengan Anda, mengenai soal selera..artinya berselera ke Fixed wing ato berselera ke heli...lebih masuk akal kedengarannya..
Kalo soal "crash" cost...saya masi memandangnya sebagai hal yg relatif saja, tidak bisa diukur dengan pasti...namanya juga hobby...ada sedikit duit, secara sadar atopun tidak kita akan menyisihkan sebagian...
Dan mengenai gliding, sekedar informasi buat Anda...heli pun memiliki kemampuan yg sama, namun dengan istilah yang lain yaitu "AUTO-ROTATION"....memanfaatkan sisa putaran main blade utk dapat landing dengan aman...
Main heli banyak tantangannya terutama saat pertama belajar....itu aja udah sulit banget..jadi yg bisa hover dan patroli sudah syukur banget bisa mainnya dan enak dilihatnya apalagi kalo pake heli scale yg gede, buat saya untuk 3D itu adalah pilihan aja sih buat menambah rasa pd ketika patroli bisa dilakukan latihan di simulator aja juga bisa, 3D bisa juga merupakan tantangan berikutnya mo diteruskan atau gak tergantung sikon kalu memang mau pro ya harus ngoyo dan banyak latihannya, salut dah sama yg sudah pro jadi menurut saya sayang heli rc ditinggalkan padahal waktu awal2 belajarnya aja sudah susah
Ikutan sharing...menurut saya setiap orang mempunyai kemampuan yg berbeda dalam mengendalikan r/c baik heli ataupun pesawat. Heli diatas 6 ch yang tersulit untuk dikendalikan...dan bila seseorang telah dapat mengendalikan heli dengan baik, maka akan dapat mengendalikan pesawat dengan mudahnya... Ada lagi faktor bakat, mungkin ada orang yang telah belajar heli bertahun- tahun tetap tidak bisa padahal telah belajar dengan heli yang cukup bagus dan metode yang baik... Jika mengalami seperti ini mungkin sudah saatnya meninggalkan r/c heli dan beralih ke pesawat...atau malah r/c car...pokoke carilah hobby yg menyenangkan bagi kita sendiri....
Sebenernya bukan meninggalkan heli om Budiman, tapi istirahat sejenak untuk kembali lagi,
Kalau main heli terus, lama2 jadinya yah bosen, pelampiasannya main pesawat. kalau main pesawat terus2 an , yah sama juga jadinya bosen juga, pelampiasannya main pesawat.
Ada orang yang harus bermanuver 3D baru merasa puas, ada juga yang cuman hover doang rasa bahagianya setengah mati. Intinya semua itu terserah Pilotnya, gak ada yang bisa memaksakan, yang tau cuman si penerbang itu sendiri. Berati termasuk HAM= Hak Asasi Main (heli/pesawat)....
@Om dino, Kuwat kopter ..memang memiliki tantangan tersendiri, yg kalo saya melihatnya secara sekilas justru lebih rumit dari single blade sendiri..nah yg saya herankan, heli single blade collective pitch dijauhi, tapi kuwat kopter yg rumit dan kalo menilik design2 yg ada saat ini, ya kalo bole saya katakan tidak bisa menyamai performance dari heli single blade, malah dirangkul..hehehehe....tapi ya saya mau bilang apa...namanya juga selera... kalo saya si, kuwat kopter tidak bisa disamakan dengan heli single blade collective pitch
@Om rizalchakep, Ya betul kejenuhan setelah memahami sesuatu memang menimbulkan keinginan utk mencoba sesuatu yg lain pula..hak asasi?...ya bisa juga...memang tidak ada pemaksaan kehendak di sini..nah, kebanyakan dari kita, termasuk saya adalah...mempelajari sesuatu dengan setengah2...belum tamat yg ini, udah pengen yg itu...akhirnya menimbulkan persepsi yg kurang tepat, setelah kita membanding antara hal yg pertama (heli) dengan hal yg kedua (pesawat), atopun hal yg ketiga (kuwatkopter,misalkan)....kebanyakan pada masa lampau, kebanyakan rekan ,termasuk saya, tertarik terhadap aeromodelling melalui helikopter...namun saat berjalannya proses, termasuk melalui proses belajar heli yg lumayan sulit dan banyaknya pilihan yg ada, maka helikopter malah ditinggalkan....ini adalah kenyataan yg sering saya lihat...
Komen2 selanjutnya, Rekan2..silahkan...Terima Kasih ...jujur saja, komen2 Anda sekalian sangat membuka cakrawala saya mengenai mengapa helikopter cenderung dijauhi, akhir2 ini