Nah, di gambar ini kan kelihatan jelas ... Ini posisi sesaat sebelum take-off, posisi payung masih ketinggalan, tapi brake-nya sudah masuk separo (coba perhatikan trailing edge-nya yg sudah turun sedikit). Kalau brake sudah masuk, berarti payung akan cenderung ngerem, padahal untuk take-off kita perlu speed maju nya besar.
pantas kemaren kok susah sekali take off, padahal sudah rogging kisaran 20 mtr dgn parasut terkembang. Tambah gas, malah gondola yg terbalik, parasut ketinggalan. Ternyata sudah masuk brake systemnya...
Nah, di gambar ini kan kelihatan jelas ... Ini posisi sesaat sebelum take-off, posisi payung masih ketinggalan, tapi brake-nya sudah masuk separo (coba perhatikan trailing edge-nya yg sudah turun sedikit). Kalau brake sudah masuk, berarti payung akan cenderung ngerem, padahal untuk take-off kita perlu speed maju nya besar.
pantas kemaren kok susah sekali take off, padahal sudah rogging kisaran 20 mtr dgn parasut terkembang. Tambah gas, malah gondola yg terbalik, parasut ketinggalan. Ternyata sudah masuk brake systemnya...
jadi ....
Jadi tali break itu hrs dibiarkan kendor dan kedua lengan servo break hrs pd posisi paling atas yaa? (Note) Ada lagi suhu yg mau sy tanyakan..(jd kebanyakan nanya nih ) Saya pernah lihat foto org nyetting tali temali canopynya dgn cara dibalik. Gondola berada diposisi atas dan canopy dibiarkan tergantung ke bawah. Apakah cara demikian juga untuk mengikat simpul tali break ke lengan servo break pak, agar tali break tdk dalam posisi tertarik nantinya saat diterbangkan?
betul om. ini cara yg paling mudah untuk bikin payung nya ngembang (meskipun nggak terlalu penuh) tanpa harus ada angin. Kalau payung masih baru biasanya agak susah pake cara ini, jadi perlu di bantu ... saya biasanya kasih spar sementara dari batang carbon dan diberi beban supaya agak tegang.
christoffel wrote:betul om. ini cara yg paling mudah untuk bikin payung nya ngembang (meskipun nggak terlalu penuh) tanpa harus ada angin. Kalau payung masih baru biasanya agak susah pake cara ini, jadi perlu di bantu ... saya biasanya kasih spar sementara dari batang carbon dan diberi beban supaya agak tegang.
Ooo bgtu.. Wuah dpt satu tips lagi, trims pak Christ
christoffel wrote: seting di tx, kalau saya pake futaba 9C, acro, pakai mixing standart elevon saja. untuk mematikan elevator down bisa pake mixing "elev to elev" (mixing ke diri sendiri). untuk meng offset (karena saat stick netral, brake harus keatas full) bisa pake mix ke salah satu channel kosong (saya pake ch5). kalau nanti mau pasang servo buat narik LE nya, bisa dipasang di channel ini.
Saya pakai futaba 10C, tapi yang saya matikan elev up, kalau elev down artinya narik brake lines.
lho ... yg di video om didin itu elevator up. itu sudah benar om ...
maksudnya elevator up itu kalau dipesawat elevatornya ke atas dan menyebabkan pesawat jadi menghadap keatas. memang pada stick tx nya malah ke bawah... biar nggak rancu, saya pakai istilah "elevator stick" ke bawah itu artinya "elevator up" (elevatornya ke atas). dalam hal canopy/parasut ini berarti break nya di tarik.
christoffel wrote:lho ... yg di video om didin itu elevator up. itu sudah benar om ...
maksudnya elevator up itu kalau dipesawat elevatornya ke atas dan menyebabkan pesawat jadi menghadap keatas. memang pada stick tx nya malah ke bawah... biar nggak rancu, saya pakai istilah "elevator stick" ke bawah itu artinya "elevator up" (elevatornya ke atas). dalam hal canopy/parasut ini berarti break nya di tarik.
owalah....salah memahami saya, ternyata setting di Tx saya sudah benar. Maklum om Christ....namanya aja belajar...
christoffel wrote:lho ... yg di video om didin itu elevator up. itu sudah benar om ...
maksudnya elevator up itu kalau dipesawat elevatornya ke atas dan menyebabkan pesawat jadi menghadap keatas. memang pada stick tx nya malah ke bawah... biar nggak rancu, saya pakai istilah "elevator stick" ke bawah itu artinya "elevator up" (elevatornya ke atas). dalam hal canopy/parasut ini berarti break nya di tarik.
owalah....salah memahami saya, ternyata setting di Tx saya sudah benar. Maklum om Christ....namanya aja belajar...
makasih sudah banyak membantu...
Ayo pak Didin segera dicoba lagi, klo berhasil maiden kan gak susah utk masuk ke full-scalenya.
Naah, sy mau tanya lagi doong.. Untuk spec servo break, kalo pake gondola yg dr HK punya dan batere pake 2200mAh, motor Turnigy 3639-1100kv, pake torque servo yg minimal berapa yaa? Apakah perlu servo yg digital, mengingat yg dipegang itu adalah tali break, perlu presisi sekalikah servonya? Sebab rekomended dr yg pernah sy baca diforumnya pake servo BB760DMG.