BERTHIE FLYER wrote:
Ini luar biasa gila....
Trims om Berthie
iwan21 wrote:kalo saya liat videonya, power dan thrust motor udah lumayan om, tinggal geser batere mundur dikit aja kebalakang itu.
Kalo saya sih begitu ada gejala nose heavy ( up elevator terus) langsung landing dulu buat dibetulin, gak berani saya malah nikmatin terbang sambil cari tau karakternya karena ada resiko cukup tinggi disini yg bisa bikin pesawat gak terkontrol
secara keseluruhan cuman bisa bilang mantaf, ancur satu bikin lagi yg banyak

trims suhu om Roji masukannya, padahal udah khawatir tail heavy di awal, hasil CG dari pesawat chuck glider kecil itu saya majuin 1,5 cm di RCnya eh malah nose heavy ya.
Di video saya pakein pemberat batu2 di ujung hidungnya, jadinya tinggal saya copot aja tanpa perlu geser batere.
Nah pas bisa terbang dengan keadaan begitu apalagi pintu hatch terbuka saya memang langsung kepikiran langsung mau landing.
Cuma terpikir juga saya ga mau nyesel untuk gagal observe yang lain (gliding, control) sebelum crash, makanya saya sempetin puter2 sebentar.
Dan sebenernya itu bisa saya naikkan tinggi, tapi karena mau siap2 landing jadinya saya turunin terus. Waktu nabrak ilalang itu sebenernya
udah final approach hanya kehilangan tenaga dan terpaksa turun lebih awal dan untungnya nabrak ilalang jadinya ga terlalu parah rusaknya.
KBSantoso wrote:Data thrust motor apakah cukup valid?
Coba diukur pakai timbangan digital gantung, ketelitiannya sampai 10gr.
Kalau ngga punya, pakai karet ban (macam tali ketapel), diikat di sebuah papan (diujung).
Beri simpul di karetnya sebagai acuan. Panjang papan sesuaikan dengan daya regang karet.
Nanti pesawat diikat pakai tali atau kawat ke karet itu.
Pada saat full throtle, posisi simpul (pasti meregang) ditandai pada papan.
Nah, setelah ditandai papan diletakkan posisi vertikal, lalu diberi pemberat pakai kantong plastik diisi beras atau pasir sampai posisi simpul sesuai dengan yg kita tandai.
Setelah itu timbang pasir/berasnya pakai timbangan kue.
Itu cara saya dulu waktu ngukur thrust roket kembang api (jaman SMA).
Bisa juga cara langsung, posisi pesawat ditunggingin di timbangan kue lalu difull throttle....hehe
Patokannya bukan dari data motor tapi dari pengalaman sebelumnya, motor ini bekas motor Durafly mustang 1100 mm dengan berat AUW 1260 gram.
Menurut static thrust calculator pakai 4 blade 10 inch, 3 blade 11 inch dan 2 blade 12 inch bisa 1600 gram thrustnya.
Dan motor ini juga yang saya pakai di :
1. Stearman Biplane dengan berat 1360 gram
2. Wilga 1200 gram
3. Corsair 1200 gram
4. Bronco 1100 gram
5. MD-11 1350 gram, seharusnya motor ini kuat tapi kliatannya udah turun jauh powernya
Makanya sekarang udah saya kirim ke bandung buat di gulung ulang, kebetulan ada temen di grup menawarkan jasa gratis gulung
hanya ongkirnya saja yang saya tanggung
iya betul om Kris kenapa ga diukur dulu ya? Padahal dulu ngukur thrust T-50i juga begitu caranya, timbangan dimiringin hehehe.
