
Throttle dan Pitch curve
Moderators: Budiman, e12ry, Yudha
Forum rules
Ini room khusus untuk membahas heli rc secara mendasar.
Ini room khusus untuk membahas heli rc secara mendasar.
- levpardede
- Airman First Class
- Posts: 89
- Joined: 22 Aug 2010, 22:34
- Location: bintaro
- Contact:
Re: Throttle dan Pitch curve
ijin nyimak mas...tapi masih belum berani kutak katik,takut salah...serem juga yaa suara bladenya 

- levpardede
- Airman First Class
- Posts: 89
- Joined: 22 Aug 2010, 22:34
- Location: bintaro
- Contact:
Re: Throttle dan Pitch curve
salam kenal yaa,
gimana sih pake pitch gauge caranya yg benar, kalo kurva pitch di tx saya sudah mulai tau..tadi iseng iseng coba seragamkan panjang linkage 5 biji yg di rotor sesuai instruktur manual trex 450pro karena setelah saya ukur hasilnya tidak sesuai dgn yg dimanual, setelah selesai n saya coba terbang kok helinya spt kurang pitch yaa, spt butuh naik throttle yg banyak baru dia naik.. smentara ini cuman buat hover'' aja sama patroli. tx pake fut 7c, trima kasih yaa..
gimana sih pake pitch gauge caranya yg benar, kalo kurva pitch di tx saya sudah mulai tau..tadi iseng iseng coba seragamkan panjang linkage 5 biji yg di rotor sesuai instruktur manual trex 450pro karena setelah saya ukur hasilnya tidak sesuai dgn yg dimanual, setelah selesai n saya coba terbang kok helinya spt kurang pitch yaa, spt butuh naik throttle yg banyak baru dia naik.. smentara ini cuman buat hover'' aja sama patroli. tx pake fut 7c, trima kasih yaa..
- levpardede
- Airman First Class
- Posts: 89
- Joined: 22 Aug 2010, 22:34
- Location: bintaro
- Contact:
Re: Throttle dan Pitch curve
oke deh dah ketemu caranya kyknya... @ stunt mode, pitch stick @ the middle..value 0 degree dan hasil akhirnya +10/-10 kalo pitch stik top/bottom
bener gk sih

bener gk sih

- Budiman
- First Lieutenant
- Posts: 1263
- Joined: 17 Jan 2007, 15:27
- Location: bekasi-surabaya
- Contact:
Re: Throttle dan Pitch curve
levpardede wrote:oke deh dah ketemu caranya kyknya... @ stunt mode, pitch stick @ the middle..value 0 degree dan hasil akhirnya +10/-10 kalo pitch stik top/bottom![]()
bener gk sih
Untuk heli 450 EP ..
Ada yg perlu Anda waspadai...karena Anda menggunakan Stunt mode...ato pada radio lain mengatakan posisi "IDLE"...maka fungsi fail safe harap diaktifkan pada radio..ato ketiga kabel dari ESC Anda cabut semuanya dari motor...agar tidak terjadi hal2 tidak diinginkan...
Kemudian pada stunt mode ato idle mode...kurva throttle biasanya menggunakan nilai 100%-100%..sbg contoh :
100% , INH, 85%, INH, 100%...karena pada mode ini, heli akan diaplikasikan pada manuver2 3D.
Pitch range yang Anda temukan telah memenuhi persyaratan yaitu 0 - 100%....sekarang tinggal Anda mengubah kurva pitch dan throttle untuk normal flight mode...
Kurva pitch biasanya menggunakan nilai sudut 0 s/d 10/11 deg...ato dlm prosentase adalah 50 - 100%...ini adalah teori yg perna saya baca...namun pada aplikasinya ada yg berbeda...dan bukan menjadi hal yg perlu diperdebatkan..
tapi hal yg paling penting adalah pada point ke-3 dr kurva pitch...pada point ini, stick throttle/pitch/rudder adalah pada posisi di tengah..dan heli akan take-off pd point tersebut..karena heli 450 EP yg torque nya sendiri sangat kecil..maka pitch pada point ke-3 adalah sekitar 5 deg positif...dan point ke-3 dr kurva throttle adalah sebesar kira2 antara 85-88%...ini untuk mengimbangi beban mekanis yg 5 deg tadi...
Hal ini akan sedikit berbeda pada aplikasi heli engine..kebetulan saya menerbangkan heli engine kelas 50...dimana pada dasarnya ...heli engine kelas 50 akan take off pada normal flight mode dg pitch sekitar 4.5 deg positif...ini teori..
Bahkan saya menggunakan pitch 0 deg pada point ke-3 ini pada normal flight mode...dan point selanjutnya saya mengaktifkan fungsi INH..dimana Transmitter(saya menggunakan DX7 Spektrum) akan melakukan perhitungan sendiri secara computerized...maka saat posisi stick diatas sedikit dr posisi tengah, namun belum mencapai posisi 3/4 ya...heli justru telah take-off..
Satu lagi yg perlu kita ingat...jangan sampai kurva throttle lebih kecil dr pada beban mekanis dr pitch main blade..ini untuk mencegah terbakarnya ESC pada heli 450EP krn over heat..hal ini juga berlaku pada heli engine
Demikian semoga dapat memberikan inspirasi kepada Anda
salam,
Budiman
- levpardede
- Airman First Class
- Posts: 89
- Joined: 22 Aug 2010, 22:34
- Location: bintaro
- Contact:
Re: Throttle dan Pitch curve
iya mas, hari ini saya praktekan kurva throttle 0,75,88,95,100(N)
hasilnya tenaga serasa besar sekali kwkwkwkw, setelah hover n patroli kira'' 5 menit saya landing, esc & motor terasa panas tapi masih bisa di pegang (esc letaknya di sisi kiri heli) apakah itu normal atau tidak.
mohon pencerahannya mas, skrg lg saya mau coba 0,50,75,90,100(N) spt mas syafik
terima kasih mas sebelumnya,tulisan anda mmg selalu saya baca...maklum masih newbie:)
hasilnya tenaga serasa besar sekali kwkwkwkw, setelah hover n patroli kira'' 5 menit saya landing, esc & motor terasa panas tapi masih bisa di pegang (esc letaknya di sisi kiri heli) apakah itu normal atau tidak.
mohon pencerahannya mas, skrg lg saya mau coba 0,50,75,90,100(N) spt mas syafik
terima kasih mas sebelumnya,tulisan anda mmg selalu saya baca...maklum masih newbie:)
- Budiman
- First Lieutenant
- Posts: 1263
- Joined: 17 Jan 2007, 15:27
- Location: bekasi-surabaya
- Contact:
Re: Throttle dan Pitch curve
levpardede wrote:iya mas, hari ini saya praktekan kurva throttle 0,75,88,95,100(N)
hasilnya tenaga serasa besar sekali kwkwkwkw, setelah hover n patroli kira'' 5 menit saya landing, esc & motor terasa panas tapi masih bisa di pegang (esc letaknya di sisi kiri heli) apakah itu normal atau tidak.
mohon pencerahannya mas, skrg lg saya mau coba 0,50,75,90,100(N) spt mas syafik
terima kasih mas sebelumnya,tulisan anda mmg selalu saya baca...maklum masih newbie:)
Pak levpardede,
Saya juga masi belajar kok,Pak...

Begini,Pak...posisi ESC pada fuselage heli sebaiknya diletakkan pada area yg lebih mudah utk mendapatkan angin..misalkan posisi kiri atopun kanan...yg mana akan mudah utk mendapatkan down wash air flow dari main rotor..dan satu lagi anjuran saya..untuk memperlebar area heat-sink pd ESC, agar proses pendinginan menjadi lebih efektif..ini disebabkan heat-shrink(pembungkus) ESC hanya memberikan area pendinginan yg terlalu sempit pd heat-sink ESC...cara yg saya tempuh adalah merobek heat-shrink ini sedemikian rupa sehingga heat-sink akan lebih nampak secara visual..ato dg kata lain saya telah memperluas bidang pendinginan pada heat-sink
Hovering adalah manuver helikopter yang justru lebih banyak mengkonsumsi power lebi banyak, daripada forward flying/fast fying forward....ini dikarenakan helikopter bergantung pada pitch main blade..sedangkan pitch adalah beban mekanis yg ditanggung oleh BL motor,ESC dan Lipo battery.
Jika Anda mengalami indikasi ESC terasa panas, maka ada beberapa kemungkinan, yaitu :
1.pitch main blade heli terlalu besar...karena Anda sebelumnya telah menemukan pitch range 0-100% yang telah sinkron, baik Tx dan mekanikal pada helikopter sendiri..maka Anda cukup bermain-main dengan nilai2 pada pitch curve dan menggunakan pitch gauge utk mengetahui berapa sudut mekanis yg real nya..
Di sinilah salah satu seni dlm R/C helicopter ...tuning pitch main blade dg batasan, agar tidak terlalu membebani ESC.......throttle curve yg disarankan Mas Syafik juga saya persilahkan utk dicoba..beliau adalah salah satu senior
saya ..

2. jenis main blade
Apakah jenis main blade yg Anda gunakan sekarang?...fiber, wooden ato carbon?....untuk heli 450 EP, saya tidak merekomendasikan utk menggunakan fiber, dikarenakan terlalu lentur dan terlalu berat sehingga hanya akan menghabiskan power saja.
Wooden, lebih baik dr pada fiber..perbandingan antara stiffness dan softness berada di tengah2, juga beratnya cukup ringan, namun wooden lama kelamaan akan mengalami keretakan juga saat beban pitch berlebihan atopun terbang pada kondisi berangin. Hal yg nyata perna saya alami sendiri...wooden main blade heli saya, pecah diudara..
Carbon..ini lebih dari Ok...sangat ringan...stiff dan heli terasa lebi agressif dg menggunakan main blade jenis carbon
Hanya satu kekurangannya..carbon lebih mahal harga nya ...

Dari ketiga jenis bahan tadi, saya pribadi lebih suka menggunakan jenis wooden atopun carbon...
Demikian semoga dapat membantu Anda
salam,
Budiman
- levpardede
- Airman First Class
- Posts: 89
- Joined: 22 Aug 2010, 22:34
- Location: bintaro
- Contact:
Re: Throttle dan Pitch curve
iya mas budiman, skrg saya ada 2 model settingan dimana ke 22nya memiliki karakter yg agak berbeda, kalo kurva: 0,75,88,95,100(N) saya sudah coba dan memang terasa powerfull ketika ff dan patroli, terasa headspeednya kencang (agresif).
kalo tuk kurva throttle: 0,50,75,90,100(N) baru kemarin coba tuk hover di samping rumah, nah ini keliatannya lebih kalem tuk hover'' saja tapi saya belum coba tuk patroli di lapangan.
memang benar yg mas katakan bahwa helikopter itu sendiri memiliki banyak variabel setting yg harus dicari lalu disandingkan dgn variabel settingan terbaik pada TX yg intinya supaya kita memperoleh titik variabel yg efisien&efektif terhadap seluruh komponen model kita,thanks..
salam,
lev pardede @bintaro9
kalo tuk kurva throttle: 0,50,75,90,100(N) baru kemarin coba tuk hover di samping rumah, nah ini keliatannya lebih kalem tuk hover'' saja tapi saya belum coba tuk patroli di lapangan.
memang benar yg mas katakan bahwa helikopter itu sendiri memiliki banyak variabel setting yg harus dicari lalu disandingkan dgn variabel settingan terbaik pada TX yg intinya supaya kita memperoleh titik variabel yg efisien&efektif terhadap seluruh komponen model kita,thanks..
salam,
lev pardede @bintaro9
- Budiman
- First Lieutenant
- Posts: 1263
- Joined: 17 Jan 2007, 15:27
- Location: bekasi-surabaya
- Contact:
Re: Throttle dan Pitch curve
levpardede wrote:iya mas budiman, skrg saya ada 2 model settingan dimana ke 22nya memiliki karakter yg agak berbeda, kalo kurva: 0,75,88,95,100(N) saya sudah coba dan memang terasa powerfull ketika ff dan patroli, terasa headspeednya kencang (agresif).
kalo tuk kurva throttle: 0,50,75,90,100(N) baru kemarin coba tuk hover di samping rumah, nah ini keliatannya lebih kalem tuk hover'' saja tapi saya belum coba tuk patroli di lapangan.
memang benar yg mas katakan bahwa helikopter itu sendiri memiliki banyak variabel setting yg harus dicari lalu disandingkan dgn variabel settingan terbaik pada TX yg intinya supaya kita memperoleh titik variabel yg efisien&efektif terhadap seluruh komponen model kita,thanks..
salam,
lev pardede @bintaro9
Betul, Pak...

salam,
budiman
- dedy01
- Posts: 4
- Joined: 25 Sep 2010, 14:12
- Location: Cinere
Re: Throttle dan Pitch curve
Maap nih para suhu semuanya saya baru bgt main heli saya pake heli 450,tx dx6i, motor pake (3500KV), ESC RCE-BL35X bagaimana cara setting kurva pitch dan kurva throttle karena heli saya ko tidak mau terbang yah saya naikan stik throttlenya perlahan - lahan juga tetap tidak mau terbang
mohon pencerahannya para suhu



mohon pencerahannya para suhu
- andreansyah
- Technical Sergeant
- Posts: 348
- Joined: 12 Oct 2010, 21:13
- Location: jak-tim
- Contact:
Re: Throttle dan Pitch curve
throtlle full ga terbang juga om .....