Page 7 of 18

Re: It begins with a spark !! ( Now part II )

Posted: 21 Apr 2011, 09:02
by Budiman
:hmm :hmm :hmm

Re: It begins with a spark !! ( Now part II )

Posted: 21 Apr 2011, 09:35
by Wind Raider
@pakdhe toto :
wah kalau RnD Gaero Cikempong mau mencobanya tentunya tambah mantap lagi ...
Di bawah ahlinya dengan perlengkapan instrumentasi yang mumpuni ( wahhh aku iri dengan meter FLUKE nya ) , financingnya bagus ; dengan pengetesan standard Grade A plus ; tentunya hasilnya bisa dipertanggungjawabkan .
Kalau saya itu memang ndak tahu mengenai permesinan ... kalau sekedar kode resistor sih masih inget2 dikit2 hehehe ..
Saya berterima kasih karena para suhu sudi meladeni pertanyaan saya sangat basic ( malah kadang2 ngawur ) .
Paling tidak aye jadi lebih pinter dari kemaren ...
Mengenai harga castor saya sudah lupa karena itu stock 1 yang lalu ... Mungkin berkisar 15 - 20 rb an / liter .
metanol dulunya beli 10 rb / liter
keduax eh premium di pom bensin sebelah masih 4500 / liter
Saya ragu2 juga apakah experimen sukses atau tidak , karena tolok ukurnya cuman satu sloki ( kira2 40 cc ) .
Saya juga ndak tahu efeknya pada mesin ....

@suhu iwan21 : maaf , maksudnya , campuran premium : castor = 4 bag premium : 1 bag castor
Castornya beli di bratachem .
Sebelumnya saya sering baca bahwa castor tidak mau bercampur dengan bensin , tapi daripada penasaran ya saya coba .
Suhu ditunggu reportnya ... Kalau suhu sudah turun kesawah , saya jadi ikut pede ...

@budiman : biasa pak .. kalau saya waktunya lebih banyak tuning ( atau malah de-tuning ) mesin daripada terbang hehehe ..

Re: It begins with a spark !! ( Now part II )

Posted: 21 Apr 2011, 09:52
by justinus
Percobaan saya menggunakan oli Castrol, bukan Castor oil. (ga sama).

Untuk tulisan saya yang lain coba tengok:

viewtopic.php?f=18&p=233090#p233090

Re: It begins with a spark !! ( Now part II )

Posted: 21 Apr 2011, 10:07
by Wind Raider
saya kutip ya om Justin ..
justinus wrote:
su-31 wrote:ooo, ndak oom, bukan ide kreatif saya.



Pak de Suhu su-31. Berhubung topic yang diprakarsai tester pilot Gaero Suhu Pemula satu itu sudah mulai ngalor-ngidul, maka saya coba agak membuatnya menjadi ngetan-ngulon (ngerti gak maksudnya). :pyg

Saya mau cerita sedikit tentang glow engine conversion to gas engine yang sudah saya lakukan dan gagal. Hiks. Sebetulnya malu cerita kegagalan. Jadi cerita gak ya?

Ya sudah, ceritain aja deh. Sudah kadung ngomong sih.

Engine OS 55 AX ini sebenarnya bukan engine yang masih bagus, tapi sudah jelek, sehingga saya buat percobaan (karena belum ada yang mau mendanai saya untuk melakukan percobaan), jadi harus dari kantong sendiri.

Singkat cerita, engine ini pada suatu hari dead stick, mati diudara. Berhubung yang saya inginkan sudah tercapai, yaitu menerbangkan mesin ini dengan dengan bahan bakar bensin tanpa modifikasi apapun sudah tercapai, maka saya taruh begitu saja pesawat dan enginenya. (salah satu sebab saya tidak melanjutkan proyek ini adalah karena meskipun engine ini menyala, namun power yang dihasilkan mungkin hanya separo kalau menggunakan methanol).

Beberapa waktu kemudian, saya mendapat hibahan pesawat, yang kemudian saya pikir akan saya pakai untuk anak saya. Berhubung cuma dapat pesawatnya, maka engine OS ini saya pasang dipesawat ini, dan saya beri minum metanol lagi. Mesin menyala dengan mudah, karburator saya setel, putaran semakin tinggi, dengan power yang masih galak. Tiba2: ada suara dakkkk dan engine langsung berhenti. Mesin macet tidak bisa berputar.

Dirumah, mesin saya bongkar dan saya temukan connecting rodnya jebol pada lubang crankshaft. Bagian kuningannya ternyata rusak. Mungkin ada yang berpikir ini karena less lubrication.

Ini analisa saya. Engine ini menggunakan glowplug bukan sparkplug seperti yang digunakan suhu su-31. Dengan penggunaan glowplug yang selalu membara, bahan bakar bensin sudah meledak sebelum piston mencapai TDC. Akibatnya mesin selalu knocking yang berakibat pukulan pada piston berlanjut ke con rodnya. Con rod mempunyai bushing kuningan yang tahan gesek, tetapi lebih lunak. Akibat knocking, bushing akhirnya berbentuk menjadi bulat telur, kemudian jebol. Ini juga salah satu tanda kenapa powernya cuma separo dari biasanya.

Harapan saya, yang sudah dilakukan su-31 tidak terjadi knocking, sehingga power juga lebih keluar.

Demikian sedikit cerita kegagalan saya, yang penting saya sudah pernah membuat kegagalan. :ide


Menurut saya itu bukan kegagalan tapi sukses tertunda ...
Ini suatu masukan yang berharga ....
Banyak hal yang sebelumnya dianggap gagal / tidak mungkin / impossible ; sebenarnya itu karena we don't know how to do it ...
Dari analisa Om Justin ( well , I like the way you think ), seandainya sistem pembakarannya bisa diatur , ada kemungkin conrod tidak terhantam .... Dan seharusnya lebih bertenaga ...
Plus pelumas castor ... perlindungannya jadi lebih mantap .....

Jadi .... coba lagi dong pakkk :mwr

Re: It begins with a spark !! ( Now part II )

Posted: 21 Apr 2011, 10:14
by justinus
Wind Raider wrote:Jadi .... coba lagi dong pakkk :mwr



Saya kan tidak pernah menghalangi percobaan. Saya juga kan cuma cerita satu kegagalan. Padahal sebenarnya masih banyak lagi kegagalan yang lain.

Seperti kata Thomas Alfa Edison. Yang kamu lihat cuma satu keberhasilan dari seratus kegagalan yang sudah saya buat. :suns:

Re: It begins with a spark !! ( Now part II )

Posted: 21 Apr 2011, 10:18
by Budiman
Anu..uhmm..Pak WR..saya jadi bingung neh..bukan masalah terbang ga terbang..soalnya saya juga sedang ga terbang... :ha3 :ha3 :ha3
Glow Engine diberi minum premium..apa ga terpengaruh material si Glow engine dengan bilangan oktan si premium ya?...saya ga ada dasar ilmu permesinan..jadi bener2 bingung,Pak...kalo masalah terjadinya combustion si memang akan terjadi..namun ya itu tadi..saya mikirnya.. apakah CDI memang akan sebagi solusi terhadap masalah combution yg prematur...?:pyg

salam,
budiman

Re: It begins with a spark !! ( Now part II )

Posted: 21 Apr 2011, 10:29
by Wind Raider
Saya juga kuatir begitu ...
tapi kalau metanol + castor boleh .....
mungkin bensin + castor juga ada kans nya
( maaf , ini jalan pikiran ane yang ndak ngerti kimia dan metalurgy )

nilai oktan premium = 88 , nilai oktan pertamax = 92 , nilai oktan Pertamax Plus = 95 , nilai oktan methanol = 108.7
sumber : http://en.wikipedia.org/wiki/Octane_rating
( mohon dikoreksi kalau salah )

Dengan CDI paling tidak menghilangkan kekuatiran ttg efek pre ignition

Re: It begins with a spark !! ( Now part II )

Posted: 21 Apr 2011, 10:48
by Wind Raider
Satu hal lagi .. , pertanyaan part 2 1/4

Bagaimana kalau gasser diberi minum methanol ??? :pyg

Re: It begins with a spark !! ( Now part II )

Posted: 21 Apr 2011, 11:13
by Wind Raider
Wind Raider wrote:nilai oktan premium = 88 , nilai oktan pertamax = 92 , nilai oktan Pertamax Plus = 95 , nilai oktan methanol = 108.7


Weleh ... ini jadi paradoksal ...
Kalau nilai oktan methanol lebih tinggi dari premium dan kalau methanol masih tersedia , mengapa harus konversi ke premium ya ?
ahhh tambah mumet ...aja aku :flu

Re: It begins with a spark !! ( Now part II )

Posted: 21 Apr 2011, 14:00
by Budiman
Mohon maap...bukan maksud saya membuat Pak WR jadi tambah mumet..nanti malah gagal proyek Alfa Edisson ini... :ha3 ..
Dibawah ini sekedar ringkasan dari apa yg saya baca dari sana-sini mengenai komponen2 pembentuk dari fuel untuk glow engine...mungkin bisa menjadi bahan pembanding,Pak...mudah2an bermanfaat...mohon koreksi kalo ada yg salah... :pis

Fuel untuk engine nitro adalah terbagi dari 3 komponen sebagai berikut :

1.Nitromethane(Nitro)
Nitro tidak bersifat terbakar, namun membantu proses pembakaran dalam engine menjadi lebih cepat, karena secara kimiawi, Nitro memiliki komponen yg membawa Oksigen lebih banyak untuk melakukan pembakaran dalam engine.

2.Methanol
Methanol justru memberikan intercooling effect pada saat terjadi mix antara udara/fuel, diharapkan temperatur engine lebih terjaga, serta lebih banyak oksigen yg terlibat dlm proses pembakaran sehingga power yg didapatkan dr engine akan menjadi lebih optimal lagi

3.Oil
Oil secara umum berfungsi sbg pelumas komponen2 Engine. Ada yg terbuat dr bahan synthethic ato dari tumbuhan(Castor Oil).
Castor oil memberikan keuntungan dan juga masalah. Keuntungannya, Castor oil jika dipanaskan secara terus menerus akan terpecah secara kimiawi, artinya saat engine mencapai suhu operationalnya, castor oil akan memberikan pelumasan yg sangat optimal dan membentuk lapisan film pd komponen2 dlm engine,sehingga lebih melindungi tiap komponen engine. Hanya saja, castor oil bisa menghasilkan lapisan yg sangat kental,sehingga dg kata lain terjadi pembentukan residu di dalam engine.
Synthethic Oil, justru lebih mudah terpecah dan akhirnya terbakar habis begitu saja tanpa meninggalkan lapisan film pada komponen2 dlm engine, hanya saja perlindungan yg diberikan oleh syhthethic oil terhadap komponen engine menjadi lebih rendah daripada castor oil, krn synthethic oil benar2 terbakar habis tanpa sisa.

salam,
budiman