Twin motor, contraprop, sebuah pemikiran dari pojokan Bekasi
- christoffel
- First Lieutenant
- Posts: 1291
- Joined: 04 Jan 2008, 13:42
- Location: Pondok Chandra Surabaya
Re: Twin motor, contraprop, sebuah pemikiran dari pojokan Bekasi
urun rembuk suhu ...
seandainya prop depan nggak di jalanin, cuman prop belakang yg di jalanin, kan udaranya juga mengalir dari depan kebelakang ... akhirnya prop depan juga akan ikut berputar ... artinya prop yg depan memang meringankan kerja prop belakang, tapi demikian juga prop belakang akan meringankan kerja prop depan ...
jadi menurut hemat saya, ukuran prop depan dan belakang seharusnya sama karena sudah saling membantu. kalau untuk lebih jelasnya, bisa dicoba pasang prop yg sama ukuran, lalu dibandingkan ampere nya. kalau sama berarti kedua motor sudah seimbang kerjanya, sehingga kalau salah satu prop dikecilkan malah motor nya jadi nggak optimal kerjanya.
mohon maaf kalau keliru .... hehehe ...
seandainya prop depan nggak di jalanin, cuman prop belakang yg di jalanin, kan udaranya juga mengalir dari depan kebelakang ... akhirnya prop depan juga akan ikut berputar ... artinya prop yg depan memang meringankan kerja prop belakang, tapi demikian juga prop belakang akan meringankan kerja prop depan ...
jadi menurut hemat saya, ukuran prop depan dan belakang seharusnya sama karena sudah saling membantu. kalau untuk lebih jelasnya, bisa dicoba pasang prop yg sama ukuran, lalu dibandingkan ampere nya. kalau sama berarti kedua motor sudah seimbang kerjanya, sehingga kalau salah satu prop dikecilkan malah motor nya jadi nggak optimal kerjanya.
mohon maaf kalau keliru .... hehehe ...
- iwan21
- Administrator
- Posts: 9640
- Joined: 17 Jan 2007, 14:11
- Location: Bekasi
- Contact:
Re: Twin motor, contraprop, sebuah pemikiran dari pojokan Bekasi
om Chris, Berkaitan dg beda pitch antara prpo depan dan belakang, saya ngerefernya disini :
http://www.rcgroups.com/forums/showthre ... ontra+prop
http://www.djaerotech.com/dj_askjd/dj_q ... -prop.html
"A prop makes thrust by accelerating the air going through it. Because of
this, the rear prop sees a greater inflow airspeed than the forward prop,
and therefore the rear prop NEEDS MORE PITCH "
begitu katanya... ( bisa jadi si bule juga keliru, namanya juga manusia..)
http://www.rcgroups.com/forums/showthre ... ontra+prop
http://www.djaerotech.com/dj_askjd/dj_q ... -prop.html
"A prop makes thrust by accelerating the air going through it. Because of
this, the rear prop sees a greater inflow airspeed than the forward prop,
and therefore the rear prop NEEDS MORE PITCH "
begitu katanya... ( bisa jadi si bule juga keliru, namanya juga manusia..)
- christoffel
- First Lieutenant
- Posts: 1291
- Joined: 04 Jan 2008, 13:42
- Location: Pondok Chandra Surabaya
Re: Twin motor, contraprop, sebuah pemikiran dari pojokan Bekasi
nah itu dia suhu ...
kalau kita coba ukur ampernya (pake 2 esc dg 1 batt) depan belakang (prop sama). kalau si bule benar, berarti ampere motor belakang harusnya lebih kecil dari yg depan kan. nah ternyata nggak demikian ....
hehehe ... ternyata bule juga bisa salah koq ...
dia lupa kalau prop belakang juga mengalirkan udara dari depan (yg berarti ngelewatin prop didepan juga) ...
eh, tapi sebaiknya dicoba dulu sendiri suhu ... bisa jadi percobaan saya yg kurang valid ...
nb: tips ngukur RPM pake tachometer yg biasanya : pasang stiker /selotip hitam 2 buah di bodi luar rotor masing2 motor lalu tachometer dihadapkan ke situ (bukan ke prop).
kalau kita coba ukur ampernya (pake 2 esc dg 1 batt) depan belakang (prop sama). kalau si bule benar, berarti ampere motor belakang harusnya lebih kecil dari yg depan kan. nah ternyata nggak demikian ....
hehehe ... ternyata bule juga bisa salah koq ...
dia lupa kalau prop belakang juga mengalirkan udara dari depan (yg berarti ngelewatin prop didepan juga) ...
eh, tapi sebaiknya dicoba dulu sendiri suhu ... bisa jadi percobaan saya yg kurang valid ...
nb: tips ngukur RPM pake tachometer yg biasanya : pasang stiker /selotip hitam 2 buah di bodi luar rotor masing2 motor lalu tachometer dihadapkan ke situ (bukan ke prop).
- christoffel
- First Lieutenant
- Posts: 1291
- Joined: 04 Jan 2008, 13:42
- Location: Pondok Chandra Surabaya
Re: Twin motor, contraprop, sebuah pemikiran dari pojokan Bekasi
sorry suhu ... saya lupa kalau magnetnya kan belum datang ... hehehe
tapi begini, saya nyobanya pake motor bl biasa (sama jenis) dipasang saling berhadapan. (ex multicopter / piring terbang / apalah namanya ?????).
tapi begini, saya nyobanya pake motor bl biasa (sama jenis) dipasang saling berhadapan. (ex multicopter / piring terbang / apalah namanya ?????).
Last edited by christoffel on 27 Oct 2011, 20:47, edited 1 time in total.
- iwan21
- Administrator
- Posts: 9640
- Joined: 17 Jan 2007, 14:11
- Location: Bekasi
- Contact:
Re: Twin motor, contraprop, sebuah pemikiran dari pojokan Bekasi
christoffel wrote:nah itu dia suhu ...
kalau kita coba ukur ampernya (pake 2 esc dg 1 batt) depan belakang (prop sama). kalau si bule benar, berarti ampere motor belakang harusnya lebih kecil dari yg depan kan. nah ternyata nggak demikian ....
hehehe ... ternyata bule juga bisa salah koq ...
dia lupa kalau prop belakang juga mengalirkan udara dari depan (yg berarti ngelewatin prop didepan juga) ...
eh, tapi sebaiknya dicoba dulu sendiri suhu ... bisa jadi percobaan saya yg kurang valid ...
nb: tips ngukur RPM pake tachometer yg biasanya : pasang stiker /selotip hitam 2 buah di bodi luar rotor masing2 motor lalu tachometer dihadapkan ke situ (bukan ke prop).
siap om, nanti saya coba dg 2 konfigurasi
1. 7x3,5 normal dan reverse
2. 7x3,5 reverse dan 7x4 normal
- iwan21
- Administrator
- Posts: 9640
- Joined: 17 Jan 2007, 14:11
- Location: Bekasi
- Contact:
Re: Twin motor, contraprop, sebuah pemikiran dari pojokan Bekasi
les polles supaya clong kinclong






- iwan21
- Administrator
- Posts: 9640
- Joined: 17 Jan 2007, 14:11
- Location: Bekasi
- Contact:
Re: Twin motor, contraprop, sebuah pemikiran dari pojokan Bekasi
lagi beberes, eh gak nyangka nemu sisa curve magnet sebanyak 6 pasang ( 6N dan 6S), wah bis autk dua motor noh

pasang dibell depan dan belakang, masing2 3N dan 3S

hasli test
motor belakang, lancar jaya, dg prop 6x3 dan Lipo 2s , dapet 10 ampere pada tegangan 7,7 Votl, artinyya power sekitar 80 watt, motor gak terlalu panas
nah kendala ada dimotor depan, gap antara stator dan magnet tipis banget, dan bell nya kurang center saat saya solder prop hubnya, jadi deh magnet kegesek stator saat muter dan mengakibatkan panas akibat gesekan tsb, rpm gak maksimal kayak motor belakang
perlu perbaikan dullu pada bel depan ( bongka solderan dan bikin center prop hubnya ) sebelum test kedua motor bersamaan

pasang dibell depan dan belakang, masing2 3N dan 3S

hasli test
motor belakang, lancar jaya, dg prop 6x3 dan Lipo 2s , dapet 10 ampere pada tegangan 7,7 Votl, artinyya power sekitar 80 watt, motor gak terlalu panas
nah kendala ada dimotor depan, gap antara stator dan magnet tipis banget, dan bell nya kurang center saat saya solder prop hubnya, jadi deh magnet kegesek stator saat muter dan mengakibatkan panas akibat gesekan tsb, rpm gak maksimal kayak motor belakang
perlu perbaikan dullu pada bel depan ( bongka solderan dan bikin center prop hubnya ) sebelum test kedua motor bersamaan
- iwan21
- Administrator
- Posts: 9640
- Joined: 17 Jan 2007, 14:11
- Location: Bekasi
- Contact:
Re: Twin motor, contraprop, sebuah pemikiran dari pojokan Bekasi
oh iya, juga sempet test dg lipo 3sel...arus naik sampe 13 ampere.waw gak diterusin deh, artinya prop kegedean, karena maksimal power tuk motor cdrom adalah 70 watt ( 80 watt itu udah gede banget), itupun dg prop 5x3 kalo pake 3 sel
- aristnt
- Airman First Class
- Posts: 89
- Joined: 29 Mar 2010, 13:17
- Location: MGT, Bekasi Timur
- Contact:
Re: Twin motor, contraprop, sebuah pemikiran dari pojokan Bekasi
:plok :plok :plok
inovasi baru dari sang suhu..
bravo..
inovasi baru dari sang suhu..
bravo..
- iwan21
- Administrator
- Posts: 9640
- Joined: 17 Jan 2007, 14:11
- Location: Bekasi
- Contact:
Re: Twin motor, contraprop, sebuah pemikiran dari pojokan Bekasi
barusan iseng2 lagi bell depan disenterin...voila...kedua motor berputar berlawanan arah dg suara yg yg sama ( kalo ditelinga saya itu artinya rpm kedua motor sama , karena gak punya tachometer saya cuman ngandalin telinga aja)
cuman sayang prop hub bell depan bagian dalam kurang kuat soldernya, jadi copot saat full throttle, tapi gak apa2 gampang itu disolder lagin nanti
Prop juga belom dipasang karena ini baru test awal sambil nunggu magnetnya dateng, nantinya kan pake 12 magnet permotor
cuman sayang prop hub bell depan bagian dalam kurang kuat soldernya, jadi copot saat full throttle, tapi gak apa2 gampang itu disolder lagin nanti
Prop juga belom dipasang karena ini baru test awal sambil nunggu magnetnya dateng, nantinya kan pake 12 magnet permotor
