Page 7 of 13

Re: Twin motor, contraprop, sebuah pemikiran dari pojokan Bekasi

Posted: 27 Oct 2011, 19:37
by christoffel
urun rembuk suhu ...

seandainya prop depan nggak di jalanin, cuman prop belakang yg di jalanin, kan udaranya juga mengalir dari depan kebelakang ... akhirnya prop depan juga akan ikut berputar ... artinya prop yg depan memang meringankan kerja prop belakang, tapi demikian juga prop belakang akan meringankan kerja prop depan ...

jadi menurut hemat saya, ukuran prop depan dan belakang seharusnya sama karena sudah saling membantu. kalau untuk lebih jelasnya, bisa dicoba pasang prop yg sama ukuran, lalu dibandingkan ampere nya. kalau sama berarti kedua motor sudah seimbang kerjanya, sehingga kalau salah satu prop dikecilkan malah motor nya jadi nggak optimal kerjanya.

mohon maaf kalau keliru .... hehehe ...

Re: Twin motor, contraprop, sebuah pemikiran dari pojokan Bekasi

Posted: 27 Oct 2011, 20:02
by iwan21
om Chris, Berkaitan dg beda pitch antara prpo depan dan belakang, saya ngerefernya disini :

http://www.rcgroups.com/forums/showthre ... ontra+prop

http://www.djaerotech.com/dj_askjd/dj_q ... -prop.html

"A prop makes thrust by accelerating the air going through it. Because of
this, the rear prop sees a greater inflow airspeed than the forward prop,
and therefore the rear prop NEEDS MORE PITCH
"

begitu katanya... ( bisa jadi si bule juga keliru, namanya juga manusia..)

Re: Twin motor, contraprop, sebuah pemikiran dari pojokan Bekasi

Posted: 27 Oct 2011, 20:36
by christoffel
nah itu dia suhu ...
kalau kita coba ukur ampernya (pake 2 esc dg 1 batt) depan belakang (prop sama). kalau si bule benar, berarti ampere motor belakang harusnya lebih kecil dari yg depan kan. nah ternyata nggak demikian ....
hehehe ... ternyata bule juga bisa salah koq ...
dia lupa kalau prop belakang juga mengalirkan udara dari depan (yg berarti ngelewatin prop didepan juga) ...
eh, tapi sebaiknya dicoba dulu sendiri suhu ... bisa jadi percobaan saya yg kurang valid ...

nb: tips ngukur RPM pake tachometer yg biasanya : pasang stiker /selotip hitam 2 buah di bodi luar rotor masing2 motor lalu tachometer dihadapkan ke situ (bukan ke prop).

Re: Twin motor, contraprop, sebuah pemikiran dari pojokan Bekasi

Posted: 27 Oct 2011, 20:46
by christoffel
sorry suhu ... saya lupa kalau magnetnya kan belum datang ... hehehe
tapi begini, saya nyobanya pake motor bl biasa (sama jenis) dipasang saling berhadapan. (ex multicopter / piring terbang / apalah namanya ?????).

Re: Twin motor, contraprop, sebuah pemikiran dari pojokan Bekasi

Posted: 27 Oct 2011, 20:47
by iwan21
christoffel wrote:nah itu dia suhu ...
kalau kita coba ukur ampernya (pake 2 esc dg 1 batt) depan belakang (prop sama). kalau si bule benar, berarti ampere motor belakang harusnya lebih kecil dari yg depan kan. nah ternyata nggak demikian ....
hehehe ... ternyata bule juga bisa salah koq ...
dia lupa kalau prop belakang juga mengalirkan udara dari depan (yg berarti ngelewatin prop didepan juga) ...
eh, tapi sebaiknya dicoba dulu sendiri suhu ... bisa jadi percobaan saya yg kurang valid ...

nb: tips ngukur RPM pake tachometer yg biasanya : pasang stiker /selotip hitam 2 buah di bodi luar rotor masing2 motor lalu tachometer dihadapkan ke situ (bukan ke prop).



siap om, nanti saya coba dg 2 konfigurasi

1. 7x3,5 normal dan reverse
2. 7x3,5 reverse dan 7x4 normal

Re: Twin motor, contraprop, sebuah pemikiran dari pojokan Bekasi

Posted: 29 Oct 2011, 09:17
by iwan21
les polles supaya clong kinclong

Image
Image
Image

Re: Twin motor, contraprop, sebuah pemikiran dari pojokan Bekasi

Posted: 29 Oct 2011, 09:23
by iwan21
lagi beberes, eh gak nyangka nemu sisa curve magnet sebanyak 6 pasang ( 6N dan 6S), wah bis autk dua motor noh

Image

pasang dibell depan dan belakang, masing2 3N dan 3S
Image

hasli test
motor belakang, lancar jaya, dg prop 6x3 dan Lipo 2s , dapet 10 ampere pada tegangan 7,7 Votl, artinyya power sekitar 80 watt, motor gak terlalu panas

nah kendala ada dimotor depan, gap antara stator dan magnet tipis banget, dan bell nya kurang center saat saya solder prop hubnya, jadi deh magnet kegesek stator saat muter dan mengakibatkan panas akibat gesekan tsb, rpm gak maksimal kayak motor belakang

perlu perbaikan dullu pada bel depan ( bongka solderan dan bikin center prop hubnya ) sebelum test kedua motor bersamaan

Re: Twin motor, contraprop, sebuah pemikiran dari pojokan Bekasi

Posted: 29 Oct 2011, 09:26
by iwan21
oh iya, juga sempet test dg lipo 3sel...arus naik sampe 13 ampere.waw gak diterusin deh, artinya prop kegedean, karena maksimal power tuk motor cdrom adalah 70 watt ( 80 watt itu udah gede banget), itupun dg prop 5x3 kalo pake 3 sel

Re: Twin motor, contraprop, sebuah pemikiran dari pojokan Bekasi

Posted: 29 Oct 2011, 09:43
by aristnt
:plok :plok :plok
inovasi baru dari sang suhu..
bravo..

Re: Twin motor, contraprop, sebuah pemikiran dari pojokan Bekasi

Posted: 29 Oct 2011, 16:18
by iwan21
barusan iseng2 lagi bell depan disenterin...voila...kedua motor berputar berlawanan arah dg suara yg yg sama ( kalo ditelinga saya itu artinya rpm kedua motor sama , karena gak punya tachometer saya cuman ngandalin telinga aja)

cuman sayang prop hub bell depan bagian dalam kurang kuat soldernya, jadi copot saat full throttle, tapi gak apa2 gampang itu disolder lagin nanti

Prop juga belom dipasang karena ini baru test awal sambil nunggu magnetnya dateng, nantinya kan pake 12 magnet permotor :mwr