Sangat menarik ternyata...berawal ingin MENURUNKAN kadar NITRO aka menghemat belanja Fuel...diskusinya sangat hidup dan puannnnjang tenan... sampai perbandingan mutu Oli , ada yang gampang di jumpai spt castor sampai yang sangat sulit di peroleh di provinsiku...mungkin juga di Indonesia. untuk sekedar nerbangkan heli ...pengisi waktu luang ( bagi saya, mungkin teman2 yang lain lebih serius...) perlu riset mutu oli, sepesialized carbu, bubut head dll Ayo mas Ahmad Beny aku setia menemanimu....
saya daftar juga loh ya ............... lanjod .....
sekedar info saja hasil ngoprek modif engine glow to spark terus di kasih minum methanol + castor aja emang oye tenan kok walau pakai carbu standrad glow apalagi kalau olienya pakai klotz dijamin semakin enteng deh teorinya tapi sayang enggak punya tuh olie idaman jadi belum coba sendiri ......
eksperimen semua dilakukan di pesawat terbang dan terakhir sudah pakai carbu gasoline semakin oye buanget deh ampe pegel terbangnya untuk terbang santai sampai harus ganti 4 penerbang ........
pengen nyoba di heli sayang enggak punya unitnya dan abis gitu emang kagak bakat nerbangin heli jadi belum bisa menginformasikan bagaimana kalau engine konversi ini kinerjanya di heli menantikan yang bersedia meminjamkan unit heli tapi tanpa syarat ya .........
toto wrote:saya daftar juga loh ya ............... lanjod .....
sekedar info saja hasil ngoprek modif engine glow to spark terus di kasih minum methanol + castor aja emang oye tenan kok walau pakai carbu standrad glow apalagi kalau olienya pakai klotz dijamin semakin enteng deh teorinya tapi sayang enggak punya tuh olie idaman jadi belum coba sendiri ......
eksperimen semua dilakukan di pesawat terbang dan terakhir sudah pakai carbu gasoline semakin oye buanget deh ampe pegel terbangnya untuk terbang santai sampai harus ganti 4 penerbang ........
pengen nyoba di heli sayang enggak punya unitnya dan abis gitu emang kagak bakat nerbangin heli jadi belum bisa menginformasikan bagaimana kalau engine konversi ini kinerjanya di heli menantikan yang bersedia meminjamkan unit heli tapi tanpa syarat ya .........
salam
Nahh....om suhu toto dah mulai buka rahasia nih... btw dimana suhu bsa dpetin kit konversi glow to spark'y,kaya'y jadi pengen coba yang ini dlu nih....
toto wrote:saya daftar juga loh ya ............... lanjod .....
sekedar info saja hasil ngoprek modif engine glow to spark terus di kasih minum methanol + castor aja emang oye tenan kok walau pakai carbu standrad glow apalagi kalau olienya pakai klotz dijamin semakin enteng deh teorinya tapi sayang enggak punya tuh olie idaman jadi belum coba sendiri ......
eksperimen semua dilakukan di pesawat terbang dan terakhir sudah pakai carbu gasoline semakin oye buanget deh ampe pegel terbangnya untuk terbang santai sampai harus ganti 4 penerbang ........
pengen nyoba di heli sayang enggak punya unitnya dan abis gitu emang kagak bakat nerbangin heli jadi belum bisa menginformasikan bagaimana kalau engine konversi ini kinerjanya di heli menantikan yang bersedia meminjamkan unit heli tapi tanpa syarat ya .........
salam
Wah, Terimakasih buat info nya Pak Toto. Saya jadi tertarik coba nih (buat aeroplanes).
panjitohaga wrote:saya penggemar electric heli tapi kalo misalnya saya mo coba utak atik bahan bakar tanpa nitro mungkin saya bakalan coba dari yang paling basic dulu tanpa harus ribetin bubut cylinder head atau ganti carb yg baru..
1. coba dengan bahan bakar methanol + castor oil karena lebih aman kalo belom pernah tuning engine dgn campuran tanpa nitro. cobain 1-2 tank terbang santai sambil di utak atik pelan2
2. Kalo udah mulai merasa nyaman dengan kemampuan tuning engine nya, baru mulai mencoba campuran dengan dengan klotz oil
Tapi ini dilakukan tanpa ekspetasi tinggi untuk masalah power; karena bagaimanapun juga ngga akan bisa sama tenaganya dengan campuran nitro.
selamat mencoba om ahmadbenny, ditunggu report nya nih
Selamat malam Pak Panjitohaga, Wah, sepertinya ini jawaban ampuh buat pak Ahmadbenny. kalau boleh tambahin ide supaya mantap , pake CDI + spark plug, oli pake fully synthetic, muffler box ganti pake tune pipe.... dahsyat......semoga nggak jebol tuh engine....
Buat Pak Ahmadbenny dan rekan lainnya, pilihan fully synthetic oil Klotz Benol atau Klotz Techniplate tolong jangan dijadikan acuan. Klotz cuma salah satu merek dari banyak pilihan oli di pasaran. Saya percaya banyak merek merek lain yang lebih bagus dari Klotz. saya pakai Klotz karena personal reference saja dan saya mudah mendapatkannya. Silakan research sendiri sesuai pertimbangan Pak Benny ( merek, harga, kualitas, dan availability di market setempat tentunya...cuma main heli ngapain beli oli jauh jauh di Texas...kecuali mungkin nanti kalau mas Benny ikut kejuaraan dunia 3D ) Mohon maaf kalau ada kesalahan. Saya sendiri masih banyak belajar. Salam
sekedar sharing aja dalam rangka mencari biaya murah untuk meneruskan kegemeran hobby aero maka ceritanya dimulai bisa di baca disini ni ............ viewtopic.php?f=18&t=8611 ............ semoga bisa menginspirasi rekan2 semua dan alhamdulillah hasil eksperimennya udah keabusan ide lagi mentara merenung dulu mencari ilham apalagi yang bisa di irit ..........