Page 8 of 11
Posted: 29 Oct 2008, 22:29
by sahid
atari7up wrote:Rodanya bikinan sendiri om..dari busa yg keras di cetak pake botol kaleng minuman yg di bakar...porosnya aye pake gear CD ROM....lubang porosnya pas 3mm..

wah..benar2 realistis...mantap g' pakai nunggu paket datang...cemerlang....

Posted: 29 Oct 2008, 22:46
by atari7up
Mr. Dom's wrote:om Atari7up; wah simple juga rupanya.... kayaknya perlu ke mesjid nih (nyari sendal)... hehehe...

..awas ketangkap ama pak haji om....ntar masuk koran pos metro pulak...dengan judul.."babak belur akibat aeromodelling"..hahahahahha
Posted: 30 Oct 2008, 00:55
by su-31
Apalagi saya oom, bingung banget.., wong matematik sekolah dulu cuma dapet 6 (itupun karena gurunya kasian sm saya)
Kalo AUW itu katanya kamus
All
Up
Weight.., berat keseluruhan (dry) tanpa fuel kali ya...
Tapi, sejak berkenalan sama pesawat yg bikin saya spoiled.., FunFly, Planker dll, saya selalu perhatiin WL.
Sementara sebagian RCer ada yg sukanya perhatiin berat.., dlsb.
Gini aja nih buat oom P1 & oom Dom's
Wing Loading -
This is the amount of weight per square foot that has to be overcome to provide lift. It is normally expressed in ounces per square foot. This specification can be easily calculated as follows: If you know the square inches of the wing, simply divide by 144 to obtain square feet. Divide the total weight (in ounces) of the airplane by the wing area (in square feet). This information is valuable when deciding on which airplane to build next. Planes with high wing loading numbers must fly faster to stay in the air. These are generally "performance" airplanes. Conversely, planes with lower numbers do not need as much air flowing around the wing to keep it flying. Gliders and trainer airplanes fall into this category because slow, efficient flight is desirable.
Wing loading: ratio of weight to wing area. Lower wing loading permits slower flight without stalling.
Ada
Calculatornya, saya cari2 belum nemu programnya.
Tapi kalo mau yg
Web Based.., haa bisa coba ini, sekalian ngitung Areanya :
http://www.csd.net/~cgadd/eflight/calcs_wingload.htm
Posted: 30 Oct 2008, 06:48
by Budi

haaaa..........ini baru ilmu......ini jg ilmu baru untuk saya...........jadi kalo WL nya semakin kecil maka semakin bisa 'ngambang' dan nggak perlu angin/speed gede2 untuk bisa terbang......benerkan suhu?
taambah pinter deh muridnya.......hore
tapi kalo Pesawat Electrik AUW mungkin sudah termasuk Battery ya Suhu?
BTW, back to laptop(?) Minggu ini Re-maiden
GeDe(apa pula ini? EdGe maksudnya?) jadi kan Oom Dom's Kalau Engine mati baru 1/3 throttle mungkin kurang buka dikit high needlenya. Tapi kalau ber buih di selang bukan di tanki, ada kemungkinan per selangan ada yg bocor.........termasuk selang untuk clunk....
eh....mode sombong masih ON kan....?? kalo gitu engine baru aja deh Oom..... masak Master Piece begitu pakai engine bekas?
Posted: 30 Oct 2008, 07:51
by emilhp
Pemula 1 wrote:=D> haaaa..........ini baru ilmu......ini jg ilmu baru untuk saya...........jadi kalo WL nya semakin kecil maka semakin bisa 'ngambang' dan nggak perlu angin/speed gede2 untuk bisa terbang......benerkan suhu?
taambah pinter deh muridnya.......hore
eh....mode sombong masih ON kan....?? kalo gitu engine baru aja deh Oom..... masak Master Piece begitu pakai engine bekas?
Padahal itu enjin dari Mustang yang baru di korbankan demi si "GeDe" biar bisa bikin "GeEr" kali (mode Sombong: FIX)
Salam kenal Om Pemula 1, om Su-31
Saya baru join aja sudah dapat ilmu dan tips brilliant dari para suhu2 senior..
Salam
Posted: 30 Oct 2008, 08:00
by Budi
emilhp wrote:Salam kenal Om Pemula 1, om Su-31
Saya baru join aja sudah dapat ilmu dan tips brilliant dari para suhu2 senior..
Salam
Salam kenal juga Oom Emil, saya juga baru mula-i......gabung bulan July 2008, tapi kemajuan pesat karena tiap hari baca Grage, ilmunya banyak........
Posted: 30 Oct 2008, 08:16
by MrDoms
enak pake kalkulator hehehe....
hasilnya = 8.87 oz/sq. inch
12.77 oz/sq. ft
40 g/sq. dm
kayaknya oke eyang.....
Posted: 30 Oct 2008, 08:23
by MrDoms
emilhp wrote:(mode Sombong: FIX)
huahahahaha......
pak Emil... tolong di posting dong pesawat cesna yang sexy itu.... mulai dari awal sampai akhir... postingnya di kolom foamy ya bukan pekanbaru
Posted: 30 Oct 2008, 08:24
by didin
Mr. Dom's wrote:enak pake kalkulator hehehe....
hasilnya = 8.87 oz/sq. inch
12.77 oz/sq. ft
40 g/sq. dm
kayaknya oke eyang.....
Wah...manstab pak Dom's,

range glider - trainer,...pasti bisa melayang cantik di atas lapangan ska.
Terbang minggu kemaren....ternyata tetangga banyak yg lihat dan lapor Pak Dom's, malah ada yg mesan minta dibuatkan pesawat kecial seperti yg saya buat.
Cuman bisa

....he....he.....yg terbaru harus bisa terbang nich pak Dom's

Posted: 30 Oct 2008, 08:26
by sahid
betul...bener...tepat......gabung di forum ini banyak ilmu,banyak teman......
@Oom Dom's, sebuah tantangan yg indah.....engine pk OS dunk...jgn "Merk yang itu" lah...hari minggu perlu liputan pidio?