Page 9 of 14
Re: Merakit RC Paramotor w/ HK Parachute
Posted: 05 Feb 2012, 14:09
by budi.santoso
Waduuh..di video terakhirnya nyangkut ya pak?
Susah juga yaa ternyata dapeting setting yg pas.
Kalo dikasih throttle canopy ketinggalan apa AOAnya kebesaran(kelewat nunduk payungnya) yaa?
Oh ya, seperti pak Didin katakan td spt keberatan. Memang total berat gondolanya jd berapa pak?
Re: Merakit RC Paramotor w/ HK Parachute
Posted: 05 Feb 2012, 14:14
by didin
budi.santoso wrote:Waduuh..di video terakhirnya nyangkut ya pak?
Susah juga yaa ternyata dapeting setting yg pas.
Kalo dikasih throttle canopy ketinggalan apa AOAnya kebesaran(kelewat nunduk payungnya) yaa?
Oh ya, seperti pak Didin katakan td spt keberatan. Memang total berat gondolanya jd berapa pak?
Iya mas budi.santoso nyangkut pohon,
tapi tdk ada yg rusak.
Berat gondola total termasuk bat 3 sell 2200mah adalah 1100 gram.
tdk bisa full throtel, kalau full throtel gondolanya terlalu maju.
jadi di 1/2 throtel saja sudah terbang tapi itu tadi terasa berat sekali untuk bisa naik.
Apanya yg salah juga bingung nich,...

Re: Merakit RC Paramotor w/ HK Parachute
Posted: 05 Feb 2012, 14:23
by christoffel
om didin ...
respon belok memang sangat lambat karena itu saya bilang mesti di giring dan ditunggu (responnya).
kalau saya lihat video nya, om didin nggak sabar menunggu respon nya, throtle nya naik turun terus, jadinya gondola mengayun terus.
coba throtle di tahan saja pada 80% misalnya, jadi bisa lebih fokus ke belok2 nya.
kalau saya sarankan, cari lapangan yg lebih luas dan terbuka. take off dulu, throtle konstan di satu titik, nggak usah di belok kan dulu ... dilihat hasilnya dulu, throtle di atur lagi supaya ketinggian bisa pas ( nggak naik nggak turun), baru coba belok perlahan (ditahan saja aileron nya, sambil dilihat/ditunggu reaksinya). saat belok, throtle bisa di tambah (justru disini asyiknya, waktu belok gondola bisa terlempar sampai horisontal). coba lagi deh ... yg sabar ...
yg terjadi sebenarnya : saat kita beri aileron untuk belok, sisi payung yg di brake akan tertahan sedangkan yg tidak di brake akan terus melaju. masalahnya, gondola tidak bisa langsung mengikuti gerakan ini karena penghubung nya cuman tali lemas. Jadi payung sudah belok, gondola masih mau lurus, akibatnya gondola akan tertarik mengayun dulu (disini waktunya kita tambah throtle) dan akan menyebabkan payung jadi miring, sehingga belok nya bisa lebih tajam. (kalau di sepeda motor atau mobil, semakin ngebut semakin nggak bisa belok tajam, kalau di sini malah terbalik, untuk bisa belok tajam malah harus di tambah throtle).
nb: kalau dirasa canopy terlalu ketinggalan, AoA bisa di kecilkan lagi ..
Re: Merakit RC Paramotor w/ HK Parachute
Posted: 05 Feb 2012, 14:55
by budi.santoso
Sepertinya kasus pak Didin bukan gondola yg ketinggalan pak Christ, tp parachute/canopynya yg ketinggalan..
Re: Merakit RC Paramotor w/ HK Parachute
Posted: 05 Feb 2012, 15:30
by didin
christoffel wrote:om didin ...
respon belok memang sangat lambat karena itu saya bilang mesti di giring dan ditunggu (responnya).
kalau saya lihat video nya, om didin nggak sabar menunggu respon nya, throtle nya naik turun terus, jadinya gondola mengayun terus.
coba throtle di tahan saja pada 80% misalnya, jadi bisa lebih fokus ke belok2 nya.
kalau saya sarankan, cari lapangan yg lebih luas dan terbuka. take off dulu, throtle konstan di satu titik, nggak usah di belok kan dulu ... dilihat hasilnya dulu, throtle di atur lagi supaya ketinggian bisa pas ( nggak naik nggak turun), baru coba belok perlahan (ditahan saja aileron nya, sambil dilihat/ditunggu reaksinya). saat belok, throtle bisa di tambah (justru disini asyiknya, waktu belok gondola bisa terlempar sampai horisontal). coba lagi deh ... yg sabar ...
yg terjadi sebenarnya : saat kita beri aileron untuk belok, sisi payung yg di brake akan tertahan sedangkan yg tidak di brake akan terus melaju. masalahnya, gondola tidak bisa langsung mengikuti gerakan ini karena penghubung nya cuman tali lemas. Jadi payung sudah belok, gondola masih mau lurus, akibatnya gondola akan tertarik mengayun dulu (disini waktunya kita tambah throtle) dan akan menyebabkan payung jadi miring, sehingga belok nya bisa lebih tajam. (kalau di sepeda motor atau mobil, semakin ngebut semakin nggak bisa belok tajam, kalau di sini malah terbalik, untuk bisa belok tajam malah harus di tambah throtle).
nb: kalau dirasa gondola terlalu ketinggalan, AoA bisa di kecilkan lagi ..
Dari penjelasan om Christ di atas, hal-hal yang akan saya koreksi:
- Manajemen throttel,....maklum Om Christ baru mulai mempelajarinya
- Lebih mengenalai kendali aeleronnya,...terutama ketika belok
- Berlatih di lapangan yg lebih luas, kalau yang tadi lokasinya memang sangat terbatas luasnya.
- Mengatur AoA biar bisa lebih bagus lagi lift nya.
terima kasih om Christ....

Re: Merakit RC Paramotor w/ HK Parachute
Posted: 05 Feb 2012, 19:29
by didin
budi.santoso wrote:Sepertinya kasus pak Didin bukan gondola yg ketinggalan pak Christ, tp parachute/canopynya yg ketinggalan..
Betul, parasut yang tertinggal.
Nanti akan saya set ulang AoA nya...
Re: Merakit RC Paramotor w/ HK Parachute
Posted: 05 Feb 2012, 19:51
by christoffel
oops ... salah ketik. maksud saya memang parasut nya ketinggalan.
kalau gondola ketinggalan nggak mungkin deh, lha motornya di gondola koq ... hehehe
Re: Merakit RC Paramotor w/ HK Parachute
Posted: 05 Feb 2012, 21:29
by budi.santoso
christoffel wrote:oops ... salah ketik. maksud saya memang parasut nya ketinggalan.
kalau gondola ketinggalan nggak mungkin deh, lha motornya di gondola koq ... hehehe
Hehehe..betul

Nah kalo ngecilin AOA itu raiser A saja yg di adjust atau raiser B,C,D dst jg hrs mengalami penyesuain pak?
Re: Merakit RC Paramotor w/ HK Parachute
Posted: 05 Feb 2012, 22:34
by christoffel
sebenarnya riser A saja bisa, cuman lebih baik dilihat dulu.
Kalau terlalu banyak narik riser A saja, akan timbul lipatan didekat LE. Jadi akan lebih baik kalau riser B dan C juga di adjust dikit supaya bentuk lengkung payung nya (airfoil) tetap smooth.
Re: Merakit RC Paramotor w/ HK Parachute
Posted: 06 Feb 2012, 00:11
by didin
christoffel wrote:sebenarnya riser A saja bisa, cuman lebih baik dilihat dulu.
Kalau terlalu banyak narik riser A saja, akan timbul lipatan didekat LE. Jadi akan lebih baik kalau riser B dan C juga di adjust dikit supaya bentuk lengkung payung nya (airfoil) tetap smooth.
Mau nanya Om Christ,...
bagaimana cara test nya untuk mengetahui bahwa AoA sudah tepat...?
makasih sebelumnya....
