yoyokTR3 wrote:nambah satu dari Lombok - NTB
AIR COBRA

Air Cobra pose ama The Owner
(mas AA, monggo reviewnya)

Saya ngga mau reviews... saya cuma mau cerita aja... santai dan asal.... hehehe....
P-39 Air Cobra sebenarnya adalah salah satu pesawat scale yg enak.... Pswt ini adik kandung P51-Mustang, bedanya mustang mesin di depan dengan landing gear gaya dragster... sedang P-39 ini mesinnya di belakang, landing gearnya pakai model trike... nah itu sekilas ttg Air Cobra yg saya tau...
Air Cobra yg saya pakai buatan VQ...
Kemarin saya maiden P-39 di Rembiga.... hasilnya sbb:
1st flight cukup sukses waktu itu sempat saya pakai loop, inverted dan roll... semua aman-aman saja...
2nd flight begitu pesawat airborne terasa sekali underpower... mustinya setelah menyadari hal ini pswt harus saya turunkan... tapi waktu itu saya nekat tetap terbangin....
](./images/smilies/eusa_wall.gif)
Nah berhubung jempol ngga pernah tahan terbang semenit tanpa "bumbu aerobatic" ....akhirnya saya paksain juga.... Saya melakukan beberapa gerakan loop yg cukup lebar... pada loop terakhir kelihatan sekali tenaga mesin ngedrop..... sehingga belum sampai puncak lingkaran, pesawat tiba-tiba stall dan langsung jatuh dengan berputar-putar (stall spin)... uncontrolable!!

(kalo udah kena "hantu stall spin" ini teorinya sih saya sering denger, tapi prakteknya itu yg susaaahh).... cuma sekejapan mata pesawatku udah nyungsep... Berdasarkan saksi mata dan team evakuasi, pesawat sempat gabruk di pohon dan selanjutnya jatuh ke tanah...
Untung aja ngga terlalu parah...

spinner aman, prop patah, cowling tidak mengalami kerusakan, kerusakan yg agak parah cuma pada seputaran mounting landing gear depan, dan beberapa bagian kecil termasuk wingtipnya kena sedikit di ujung... Saya pikir saya masih mujur karena jatuhnya sempat ditahan oleh ranting-ranting pohon.... coba kalo jatuh langsung ke tanah pasti ceritanya lain....
Saat ini Air Cobra sudah saya repair sekaligus saya perkuat... pesawat tsb sekarang kembali mulus, hampir ngga kelihatan bekas crashnya...
3rd Flight, Air Cobra sudah ready to fly... cuma kali ini terbangnya "gaya statis" alias terbang tergantung cantik di plafond rumah....
Bagi yg ingin mencoba pesawat ini saya anjurkan periksa kondisi dan setelan mesin, pakai mesin sekelas OS 61FX mungkin akan sangat mantap... karakter stall P39 cukup tinggi... kalo mesin ngga sehat atau pas-pasan jangan sekali-kali manuver yg aneh-aneh.... Saya waktu itu pakai OS 50 SX-R (Ring) sebenarnya mesin ini sudah sangat mumpuni... tapi bagi saya masih kurang optimum.. apalagi kalo sekelas mesin 2 stroke 40 (sesuai anjuran pabriknya)

dijamin pasti kedodoran terbangnya...
Saya rencana akan ambil lagi warbird sejenis (kalo ngga mustang mungkin fockle wulf)
next time akan saya pakaikan mesin OS 75Ax... (maunya sih mesin kelas 60 cuma OS sudah tidak mengluarin mesin 2 stroke 60 jadinya saya pakai mesin kelas 70.)
salam,
AA