Page 9 of 24

Re: DLE-30, Review of the New 30cc Gasoline Engine.

Posted: 01 Oct 2009, 08:03
by justinus
su-31 wrote:ah, tanya sikit lagi lah..., @Pak Bli-Ary & pakDe Justinus...
Itu kan katanya (kata si polan) Castor-Oil itu pelumas yg paling tahan panas.
Cemana kalo kita buat campuran gasoline, bisa/boleh gak ya ???



Castor oil digunakan anak2 yang balapan sepeda motor. Coba rasakan bau asap anak2 balapan jalanan. Tapi ya itu, akibatnya banyak kerak.

Untuk engine gasoline ini, menurut saya ga usah dibikin repot. Break in atau terbang, pakai aja oli yang sama. Campurannya juga sama. 1:40. Dan dia juga tidak perlu high octane. Baca aja manualnya DA. High octane cuma cocok buat pake tune pipe.

Kalo udah bisa ISO-TT kaya mas Dimas ato om Budi, apa lagi yang kita butuhkan? Masih kurang power?

Untuk eyang, DA, 3W, DL sekalipun, menurut saya ga cocok sama saya. Ga cocok harganya. Yang cocok sama saya cuma pertamaxnya. :(

Re: DLE-30, Review of the New 30cc Gasoline Engine.

Posted: 01 Oct 2009, 08:31
by justinus
su-31 wrote:Ini mainan barunya komandan Cikempong DLE-111, DLE-55.
Mulus lho.., cuma masih mahal ! O:)
Kata oom P.1 mahal itu relatif.., kalo punya duit 3W ato DA juga murah kok...
Image


Ndan. Semoga sukses selalu. Majulah terus Cikempong plus reviewnya. :)

Re: DLE-30, Review of the New 30cc Gasoline Engine.

Posted: 01 Oct 2009, 09:15
by Ary
Kalau masalah fuel untuk gasoline , untuk breakin sy biasa pakai oli castrol mineral 2t kemasan merah,
saya pakai oli ini kerena ini oli mineral jadi perlindungan terhadap piston liner kurang,sehingga breakin bisa lebih cepat selesai
biasa saya gunakan perbandingan premium:oli 32:1 ,sy gunakan breakin sekitar 12 lt bbm,biasanya sudah bagus hasilnya...

Dan setelah selesai breakin sy gunakan castrol sintetis 2t kemasan putih dgn perbandingan premium:oli 40:1
saya gunakan oli tsb karena setelah selesai breakin, saya butuh perlindungan max dr oli sintetis dan bau asepnya yg gurih.....

Re: DLE-30, Review of the New 30cc Gasoline Engine.

Posted: 01 Oct 2009, 10:18
by justinus
Ary wrote:Kalau masalah fuel untuk gasoline , untuk breakin sy biasa pakai oli castrol mineral 2t kemasan merah,
saya pakai oli ini kerena ini oli mineral jadi perlindungan terhadap piston liner kurang,sehingga breakin bisa lebih cepat selesai
biasa saya gunakan perbandingan premium:oli 32:1 ,sy gunakan breakin sekitar 12 lt bbm,biasanya sudah bagus hasilnya...

Dan setelah selesai breakin sy gunakan castrol sintetis 2t kemasan putih dgn perbandingan premium:oli 40:1
saya gunakan oli tsb karena setelah selesai breakin, saya butuh perlindungan max dr oli sintetis dan bau asepnya yg gurih.....


Soalnya bbm nya ga beli, tinggal serok. :lol:

Re: DLE-30, Review of the New 30cc Gasoline Engine.

Posted: 01 Oct 2009, 12:14
by richard
Om Jus, Bli Ary dan om su-31 yang baik...
Mohon pencerahan para suhu.

Perbandingan 32:1 itu arti nya 1 Liter BBM + 0,032 Liter Oli kah ?
Soale saya coba racikan itu, (Pertamax + Castrol 2 tak) sesuai manual MLD (bawaan mesin), tapi ko nyaris ga ada asap nya ya dan suara "garing" banget.
Propeller 16x10 fibre, spinner aluminium.
Setelah kira2 2 tanki, saya ganti racikan 1 L Petronas + 100 ML Castrol 2 tak (botol abu2), ga ada masalah menyalakan.
Sampai sekarang saya pakai racikan 100:1 itu. Racikan 100:1 saya dapat dari manual MLD yang versi Cermark (distributor MLD di Amrik).
Performa sama saja, tapi suara lebih empuk dan asap na bikin hati tenang.
Sampai sekarang sudah habis 6 L dan rencana mau pakai racikan itu terus sampai dapat 10 L.

Mohon petunjuk suhu, ini gasoline pertama ku.
@om Justinus, saya pernah pakai Bensin dgn racikan 32:1, sampai tangan mau copot, ga mau nyala.

Re: DLE-30, Review of the New 30cc Gasoline Engine.

Posted: 01 Oct 2009, 12:40
by justinus
richard wrote:Om Jus, Bli Ary dan om su-31 yang baik...
Mohon pencerahan para suhu.

Perbandingan 32:1 itu arti nya 1 Liter BBM + 0,032 Liter Oli kah ?
Soale saya coba racikan itu, (Pertamax + Castrol 2 tak) sesuai manual MLD (bawaan mesin), tapi ko nyaris ga ada asap nya ya dan suara "garing" banget.
Propeller 16x10 fibre, spinner aluminium.
Setelah kira2 2 tanki, saya ganti racikan 1 L Petronas + 100 ML Castrol 2 tak (botol abu2), ga ada masalah menyalakan.
Sampai sekarang saya pakai racikan 100:1 itu. Racikan 100:1 saya dapat dari manual MLD yang versi Cermark (distributor MLD di Amrik).
Performa sama saja, tapi suara lebih empuk dan asap na bikin hati tenang.
Sampai sekarang sudah habis 6 L dan rencana mau pakai racikan itu terus sampai dapat 10 L.

Mohon petunjuk suhu, ini gasoline pertama ku.
@om Justinus, saya pernah pakai Bensin dgn racikan 32:1, sampai tangan mau copot, ga mau nyala.


Perhitungannya udah bener Om Richard.

Perbandingan 32:1 itu arti nya 1 Liter BBM + 0,032 Liter Oli
Perbandingan 40:1 itu arti nya 1 Liter BBM + 0,025 Liter Oli.

Kalo bisa nyala atau tidak rasanya tidak ada hubungannya dengan perbandingan oli. Perbandingan oli berpengaruh terhadap tarikan dan umur mesin. Kalo olinya banyak, tarikannya kalah, tapi umur mesin lebih baik. Githu mungkin.

Keistimewaan engine gasoline ini memang dikadar olinya yang rendah, jadi tidak mengotori pesawat seperti pake metanol. Masalah asap itu beda lagi, karena sekarang banyak didesign smokeless oil. Berbeda terbalik kalau kita mau bikin asap, malah pake yang smoke oil.

Re: DLE-30, Review of the New 30cc Gasoline Engine.

Posted: 01 Oct 2009, 14:43
by su-31
richard wrote: MLD...


ah iya, teringatnya bang Richard punya MLD-28 ya ?, yg di Akromaster ?
Haaa cemana itu bang ?

Sebelumnya ada SPE-43, dah pernah kuliat dan pingin kali beli.
Tapi menurutku memang kasar.., itulah yg tempohari kutanya sama pakBli Ary.

Lha dengar2 angin, MLD itu satu pabrik, dan kelas atas nya si SPE itu.
Jadi, udah ada penyempurnaan disana/sini.
Apa betul bang ???, cemana pulak performance nya ???.

Aaaa gantian ini.., bikin lah pulak bang.., thread baru review buat MLD-28 ini.
Pasti banyak nya yg pingin tau...,
Apalagi ini kan spt yg dibilang si angin itu, bahwa MLD ini penyempurnaan dari SPE.

Makasih sebelumnya,

Re: DLE-30, Review of the New 30cc Gasoline Engine.

Posted: 01 Oct 2009, 14:51
by su-31
Ah, baru aja googling cari MLD-28, ternyata ini mesin rame juga dibicarain orang.
Bisa swing 18x6 sampai 8000rpm !
Ada MLD-28 ada yg MLD-28S (entah apa pula itu),

Ayo bang, bagi2 tau lah MLD-28 nya...

Re: DLE-30, Review of the New 30cc Gasoline Engine.

Posted: 01 Oct 2009, 16:55
by richard
@om Justinus,
Terima kasih konfirmasi nya. Saya lebih kepada takut terlalu lean karena ga ada asap na om.
Takut umur nya pendek, makanya ganti racikan.

@Om su-31 yang baik,
Dengan campuran 100:1, RPM reading na 7050-7100, Prop 16x10 Fibre.
Cukup lah buat jumpalitan dan take off dari rumput dengan 50% throttle.
Belum berani di hoover, whakakakaka....kembut om kalau hoover.

Kalau menurut Cermark, di SPE itu ibarat Toyota dan MLD itu Lexus na.
Kalau performa aku ga tahu beda ne dimana om, ga pernah pake SPE.
Kalau liat dari gambar, sekilas emang MLD buatan na lebih halus.

Bikin repiew MLD ? wahhh MLD ku dah ga orisinil. Kemarin sempat crash, dudukan tutup membran carbu rusak
Jadi saya ganti beli carburator baru di jalan Pandu, di toko yang jual chainsaw.
Ternyata cocok, harga nya Rp. 125.000.

Vibrasi nya gede om, saya udah abis 1 receiver, whakakakakak.
Kesel juga, tapi itung2 uang sekolah belajar gasoline.
Sekarang lagi saya pakai soft mounting bikinan sendiri.

Kalau MLD28s, itu versi North American ya om. Menurut Cermark dan aku kutip dari forum rcuniverse, bedanya ini:
[i]The areas of improvements are the electronic ignition systems (CDI), the vibration, the low-to-mid range throttle response curve, the carburetor, and other non-disclosed areas. As result of the updates and upgrades, you will have a better SPE or MLD North American engine. For those of you who may be concern with the North American SPE and MLD engines that you already own. Please do not be alarmed. The engines simply undergo improvements. We have simply executed the update process poorly, hence the gap in their availabilities.[/i]

Re: DLE-30, Review of the New 30cc Gasoline Engine.

Posted: 02 Oct 2009, 21:59
by Budi
Eyang......jangan lupa nanti yang 50cc dan 111 cc direview juga ya......terimakasih sebelumnya.....


kalo baca review Eyang ....biar bolak balik nggak mbosenin....... :ym77