Eksperimen OS .25 dgn gasoline (merged thread Hery_S n WR )

Kepala cenat cenut , sering menghayal , melamun , berhalusinasi , kebanyakan ide ??? Daripada kesambet , lebih baik tuangkan ide Anda disini

Moderators: toto, justinus, christoffel, rachmatjeny

Post Reply
User avatar
Wind Raider
FOUNDER
FOUNDER
Posts: 2278
Joined: 16 Jan 2007, 17:04
Location: Cirebon
Contact:

Re: It begins with a spark !! ( Now part II )

Post by Wind Raider »

christoffel wrote:
Wind Raider wrote:Yang paling baik ya mengunakan smart glow driver seperti yang dikemukakan pakdhe Toto .
Kalau pakdhe sempat mohon dijelaskan lebih mendetil lagi cara kerjanya ... :thx

cara kerjanya, unit control memberikan arus ke glow-plug apabila signal throtle dibawah nilai tertentu yg sudah di set sebelumnya. intinya adalah membuat "on" glow-plug apabila throtle nya rendah.
asumsinya karena ledakan terjadi dg interval yg jauh, bara pada kawat nikelin jadi kurang sehingga pembakaran jadi kurang sempurna.
Hemat saya, kalau engine di break-in dg benar, dan di setting dg benar juga, nggak pernah ada masalah saat idle. engine saya (umumnya OS32FX) nggak pernah tersedak saat tiba2 WOT walaupun di idle 5 menit sekalipun, padahal itu dg bbm tanpa nitro. Tapi memang kalau dibantu glow-plug "on" setelan spuyer idle bisa ditutup lagi 2 click dan mesin jadi lebih kontan ...

Kalau ndak salah , pada smart glow pakdhe toto ada sensor suhu nya juga .
Jadi saya penasaran dengan hubungan parameter temperatur dengan sistem pengaturan smart glow driver
User avatar
Wind Raider
FOUNDER
FOUNDER
Posts: 2278
Joined: 16 Jan 2007, 17:04
Location: Cirebon
Contact:

Re: It begins with a spark !! ( Now part II )

Post by Wind Raider »

christoffel wrote:lha bukannya glow engine ini sistem kerjanya sudah separuh diesel suhu ...

ehhh benar juga ya ...
maksud saya , saya belum terpikirkan untuk memakai fuel solar ..
User avatar
christoffel
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1291
Joined: 04 Jan 2008, 13:42
Location: Pondok Chandra Surabaya

Re: It begins with a spark !! ( Now part II )

Post by christoffel »

kalau pake tuas kompresi (tapi tetap ada glow nya) kan untuk ganti jenis bbm tinggal rubah setting saja.
misalnya untuk methanol tuas ditutup full, untuk bensin dibuka 4 putaran ....
atau malah 2 putaran untuk solar ??????
wah, jadi menarik nih ...
User avatar
Wind Raider
FOUNDER
FOUNDER
Posts: 2278
Joined: 16 Jan 2007, 17:04
Location: Cirebon
Contact:

Re: It begins with a spark !! ( Now part II )

Post by Wind Raider »

Mohon diulas lebih jelas lagi pak ...
Oh ya mohon maaf , saya mesti tidur dulu karena besok ditunggu pak dadang pagi2 ..
Terima banyak atas responsnya ... :thx
User avatar
christoffel
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1291
Joined: 04 Jan 2008, 13:42
Location: Pondok Chandra Surabaya

Re: It begins with a spark !! ( Now part II )

Post by christoffel »

Wind Raider wrote: Kalau ndak salah , pada smart glow pakdhe toto ada sensor suhu nya juga .
Jadi saya penasaran dengan hubungan parameter temperatur dengan sistem pengaturan smart glow driver


sensor suhu ini cuman digunakan untuk sedikit menggeser ambang saja. prinsipnya, mesin dingin perlu lebih banyak dibantu daripada kalau sudah panas ...
User avatar
christoffel
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1291
Joined: 04 Jan 2008, 13:42
Location: Pondok Chandra Surabaya

Re: It begins with a spark !! ( Now part II )

Post by christoffel »

saya belum pernah lihat sendiri mesin eter ini, karena waktu saya mulai main rc, mesin ini udah nggak ada yg make lagi ...
mestinya om justinus lebih familier karena beliau kan murid langsung dari salah satu senior yg pernah produksi mesin ini di indonesia.

gambarnya seperti ini :
Image
Image
yg seperti huruf T itu yg namanya tuas kompresi. bila diputar akan menyebabkan perubahan volume ruang bakar ...
User avatar
Wind Raider
FOUNDER
FOUNDER
Posts: 2278
Joined: 16 Jan 2007, 17:04
Location: Cirebon
Contact:

Re: It begins with a spark !! ( Now part II )

Post by Wind Raider »

christoffel wrote:
Wind Raider wrote: Kalau ndak salah , pada smart glow pakdhe toto ada sensor suhu nya juga .
Jadi saya penasaran dengan hubungan parameter temperatur dengan sistem pengaturan smart glow driver


sensor suhu ini cuman digunakan untuk sedikit menggeser ambang saja. prinsipnya, mesin dingin perlu lebih banyak dibantu daripada kalau sudah panas ...

ooo begitu rupanya ....
User avatar
Wind Raider
FOUNDER
FOUNDER
Posts: 2278
Joined: 16 Jan 2007, 17:04
Location: Cirebon
Contact:

Re: It begins with a spark !! ( Now part II )

Post by Wind Raider »

christoffel wrote:saya belum pernah lihat sendiri mesin eter ini, karena waktu saya mulai main rc, mesin ini udah nggak ada yg make lagi ...
mestinya om justinus lebih familier karena beliau kan murid langsung dari salah satu senior yg pernah produksi mesin ini di indonesia.

gambarnya seperti ini :
Image
yg seperti huruf T itu yg namanya tuas kompresi. bila diputar akan menyebabkan perubahan volume ruang bakar ...


Yang ini malah ndak pakai glow plug ya ??? Wahhh mantep ini ....
Kalau engine glow , busi kita copot dan ganti pake tuas ... kira2 bisa berfungsi ndak sebagai engine diesel ??
User avatar
christoffel
First Lieutenant
First Lieutenant
Posts: 1291
Joined: 04 Jan 2008, 13:42
Location: Pondok Chandra Surabaya

Re: It begins with a spark !! ( Now part II )

Post by christoffel »

nah, itu yg saya nggak tau, perlu dicoba saja suhu ...
itu yg digambar kan pake bbm eter ...
yg ada di pikiran saya, bagaimana supaya ada tuas (supaya bisa atur sudut ledaknya nggak knocking) tapi tetep ada glow plugnya juga (supaya bisa pake bensin, kan oktan-nya lebih rendah). apa perlu pake os yg glowplugnya 2 itu ya ... yg satunya dipasangin tuas ...
User avatar
Wind Raider
FOUNDER
FOUNDER
Posts: 2278
Joined: 16 Jan 2007, 17:04
Location: Cirebon
Contact:

Re: It begins with a spark !! ( Now part II )

Post by Wind Raider »

@christ : wahhh bener pak ... bisa dwi fungsi ...
seandainya bisa diaplikasikan berarti pilihan buat fuel semakin banyak ...

btw , kalau yang single plug kita buatin lubang plug lagi disampingnya kira2 bisa ndak ya ?
Post Reply