Page 9 of 18
Re: It begins with a spark !! ( Now part II )
Posted: 22 Apr 2011, 00:45
by Wind Raider
christoffel wrote:Wind Raider wrote:Yang paling baik ya mengunakan smart glow driver seperti yang dikemukakan pakdhe Toto .
Kalau pakdhe sempat mohon dijelaskan lebih mendetil lagi cara kerjanya ...
cara kerjanya, unit control memberikan arus ke glow-plug apabila signal throtle dibawah nilai tertentu yg sudah di set sebelumnya. intinya adalah membuat "on" glow-plug apabila throtle nya rendah.
asumsinya karena ledakan terjadi dg interval yg jauh, bara pada kawat nikelin jadi kurang sehingga pembakaran jadi kurang sempurna.
Hemat saya, kalau engine di break-in dg benar, dan di setting dg benar juga, nggak pernah ada masalah saat idle. engine saya (umumnya OS32FX) nggak pernah tersedak saat tiba2 WOT walaupun di idle 5 menit sekalipun, padahal itu dg bbm tanpa nitro. Tapi memang kalau dibantu glow-plug "on" setelan spuyer idle bisa ditutup lagi 2 click dan mesin jadi lebih kontan ...
Kalau ndak salah , pada smart glow pakdhe toto ada sensor suhu nya juga .
Jadi saya penasaran dengan hubungan parameter temperatur dengan sistem pengaturan smart glow driver
Re: It begins with a spark !! ( Now part II )
Posted: 22 Apr 2011, 00:47
by Wind Raider
christoffel wrote:lha bukannya glow engine ini sistem kerjanya sudah separuh diesel suhu ...
ehhh benar juga ya ...
maksud saya , saya belum terpikirkan untuk memakai fuel solar ..
Re: It begins with a spark !! ( Now part II )
Posted: 22 Apr 2011, 00:48
by christoffel
kalau pake tuas kompresi (tapi tetap ada glow nya) kan untuk ganti jenis bbm tinggal rubah setting saja.
misalnya untuk methanol tuas ditutup full, untuk bensin dibuka 4 putaran ....
atau malah 2 putaran untuk solar ??????
wah, jadi menarik nih ...
Re: It begins with a spark !! ( Now part II )
Posted: 22 Apr 2011, 00:49
by Wind Raider
Mohon diulas lebih jelas lagi pak ...
Oh ya mohon maaf , saya mesti tidur dulu karena besok ditunggu pak dadang pagi2 ..
Terima banyak atas responsnya ...

Re: It begins with a spark !! ( Now part II )
Posted: 22 Apr 2011, 00:52
by christoffel
Wind Raider wrote: Kalau ndak salah , pada smart glow pakdhe toto ada sensor suhu nya juga .
Jadi saya penasaran dengan hubungan parameter temperatur dengan sistem pengaturan smart glow driver
sensor suhu ini cuman digunakan untuk sedikit menggeser ambang saja. prinsipnya, mesin dingin perlu lebih banyak dibantu daripada kalau sudah panas ...
Re: It begins with a spark !! ( Now part II )
Posted: 22 Apr 2011, 01:13
by christoffel
saya belum pernah lihat sendiri mesin eter ini, karena waktu saya mulai main rc, mesin ini udah nggak ada yg make lagi ...
mestinya om justinus lebih familier karena beliau kan murid langsung dari salah satu senior yg pernah produksi mesin ini di indonesia.
gambarnya seperti ini :


yg seperti huruf T itu yg namanya tuas kompresi. bila diputar akan menyebabkan perubahan volume ruang bakar ...
Re: It begins with a spark !! ( Now part II )
Posted: 22 Apr 2011, 14:17
by Wind Raider
christoffel wrote:Wind Raider wrote: Kalau ndak salah , pada smart glow pakdhe toto ada sensor suhu nya juga .
Jadi saya penasaran dengan hubungan parameter temperatur dengan sistem pengaturan smart glow driver
sensor suhu ini cuman digunakan untuk sedikit menggeser ambang saja. prinsipnya, mesin dingin perlu lebih banyak dibantu daripada kalau sudah panas ...
ooo begitu rupanya ....
Re: It begins with a spark !! ( Now part II )
Posted: 22 Apr 2011, 14:20
by Wind Raider
christoffel wrote:saya belum pernah lihat sendiri mesin eter ini, karena waktu saya mulai main rc, mesin ini udah nggak ada yg make lagi ...
mestinya om justinus lebih familier karena beliau kan murid langsung dari salah satu senior yg pernah produksi mesin ini di indonesia.
gambarnya seperti ini :

yg seperti huruf T itu yg namanya tuas kompresi. bila diputar akan menyebabkan perubahan volume ruang bakar ...
Yang ini malah ndak pakai glow plug ya ??? Wahhh mantep ini ....
Kalau engine glow , busi kita copot dan ganti pake tuas ... kira2 bisa berfungsi ndak sebagai engine diesel ??
Re: It begins with a spark !! ( Now part II )
Posted: 22 Apr 2011, 17:47
by christoffel
nah, itu yg saya nggak tau, perlu dicoba saja suhu ...
itu yg digambar kan pake bbm eter ...
yg ada di pikiran saya, bagaimana supaya ada tuas (supaya bisa atur sudut ledaknya nggak knocking) tapi tetep ada glow plugnya juga (supaya bisa pake bensin, kan oktan-nya lebih rendah). apa perlu pake os yg glowplugnya 2 itu ya ... yg satunya dipasangin tuas ...
Re: It begins with a spark !! ( Now part II )
Posted: 22 Apr 2011, 19:16
by Wind Raider
@christ : wahhh bener pak ... bisa dwi fungsi ...
seandainya bisa diaplikasikan berarti pilihan buat fuel semakin banyak ...
btw , kalau yang single plug kita buatin lubang plug lagi disampingnya kira2 bisa ndak ya ?