Page 9 of 17
Re: A400M (Proyek Ambisius)
Posted: 26 Nov 2010, 23:26
by rachmatjeny
iwan21 wrote:Saya punya penyakit akut, kao ada part nganggur tangan gatel2 otak muter gak bisa disuruh diem...
KALO liat ini bang suhu iwan gatel juga gak ya?

Re: A400M (Proyek Ambisius)
Posted: 14 Dec 2010, 13:08
by redsky767
pas latihan sabtu kemaren... ada ide dari teman jika A400M untuk dipakein rem aja biar mantafff...

...malamnya jadi kepikiran terus...apalagi setelah liat sistem mekanik untuk landing gearnya om hery_s....

...
opsi :
1. cuman pake spoiler di wing....
2. pake spoiler dan di mix dengan thrust vectoring dari motor...
3. cuman pake thrust vectoring dari motor...
hihihihi....gimana yah ??? jadi

nentuin opsi yg mana ??mohon bantuannya para suhu dan teman2 semua...
kalo opsi 1, harus dipotong2 lagi sayapnya ?

trus seberapa efektif untuk dijadikan rem buat pesawat ???
kalo opsi 2 dan 3, udah pasti tambah berat makin ribet lagi...

, trus juga sy masih nyari2 referensi tentang reverse/spoiler position pada pesawat twin engine ????
tapi ini juga kan proyek ambisius... kalo gagal kan tetep dimaklumi ya ???
dulu pernah baca2, tapi lupa dimana ??? kira2 posisi reverse pada pesawat multi engine begini ya ??

mohon bantuannya para suhu dan teman semua...

Re: A400M (Proyek Ambisius)
Posted: 14 Dec 2010, 13:34
by iwan21
rachmatjeny wrote:iwan21 wrote:Saya punya penyakit akut, kao ada part nganggur tangan gatel2 otak muter gak bisa disuruh diem...
KALO liat ini bang suhu iwan gatel juga gak ya?

apanye nih bang?, kan aye lagi nyelesein C5A...yah 11-12 lah ama A400 ini...

Re: A400M (Proyek Ambisius)
Posted: 14 Dec 2010, 13:50
by pamuncak
permisi numpang kasih ide.di pesawat besar ada mekanisme yg disebut feathering atau pitch blade hampir sejajar dengan arah angin jd meskipun muter tiupan angin kearah radial atau searah putaran motor atau pitch 0 derajat artinya prop berfungsi seperti bilah datar.kalo di heli model ada yg begitu malah bisa plus minus derajatnya ( dorong kebelakang dan tiup kedepan ) mgkn bisa dipakai.pake air brake.mgkn dgn menempelkan plat tambahan ke sayap tp mst ttp berbentuk airfoil.mohon koreksi
Re: A400M (Proyek Ambisius)
Posted: 14 Dec 2010, 14:03
by redsky767
pamuncak wrote:permisi numpang kasih ide.di pesawat besar ada mekanisme yg disebut feathering atau pitch blade hampir sejajar dengan arah angin jd meskipun muter tiupan angin kearah radial atau searah putaran motor atau pitch 0 derajat artinya prop berfungsi seperti bilah datar.kalo di heli model ada yg begitu malah bisa plus minus derajatnya ( dorong kebelakang dan tiup kedepan ) mgkn bisa dipakai.pake air brake.mgkn dgn menempelkan plat tambahan ke sayap tp mst ttp berbentuk airfoil.mohon koreksi

makasih oom idenya... benar juga ya, berarti bisa tambah satu opsi lagi pake variable prop ya ?? cuman kalo opsi ini, nanti control nya gimana yah ??? kan takutnya pas terbang trus nurunin throttle prop nya juga bakal ke reverse juga ??? benar gak ya ???
Re: A400M (Proyek Ambisius)
Posted: 14 Dec 2010, 14:30
by pamuncak
variable prop pake 1 servo dan pake 1 link yg agak kuat utk ke 4 mesin spy kalo reverse mesin bisa dikebut jg utk maksimal pengereman sedangkan throtle servo sendiri ( sekedar ide )
Re: A400M (Proyek Ambisius)
Posted: 14 Dec 2010, 15:47
by redsky767
pamuncak wrote:variable prop pake 1 servo dan pake 1 link yg agak kuat utk ke 4 mesin spy kalo reverse mesin bisa dikebut jg utk maksimal pengereman sedangkan throtle servo sendiri ( sekedar ide )
oom pamuncak, bukannya reverse system pada pesawat besar itu, kan pake thrust vectoring ? jadi prinsip kerjanya buat ngerusak aliran udara pas pesawat udah touch down??? jadi sebenarnya arah thrust dari propeller atau engine yang dibelokin ??? sementara putaran mesinnya tetap sama ??? sory oom nanya lagi ... mohon pencerahannya...

Re: A400M (Proyek Ambisius)
Posted: 14 Dec 2010, 16:30
by pamuncak
setahu saya cm jet yg bisa begitu kyk ada ember pengubah arah tiupan posisi di buntut mesin istilahnya "thrust reversing bucket" klo tdk salah.jet tempur tornado dan hampir seluruh mesin turbofan maupun turbojet utk pesawat komersial memakai sistem ini klo propeler ya feathering itu....misal putaran mesin ke kanan dan pitch blade arah belakang ( plus ) arah tiupan kebelakang atau dorong bila arah mesin tetap tp pitch blade kearah depan ( minus ) maka hasilnya tiupan kedepan dgn efek mengerem.spt tail maupun main rotor heli begitu jg,arah putaran mesin ttp tp dgn perubahan sudut pitch blade ( plus atau minus ) maka efek sebaliknya akan didapat.pada pesawat besar ada jg tambahan plat diatas flap yg apabila membuka bersamaan flap ( plat ini membuka keatas flap kebawah ) malah menjadi air brake.jg ada slat yg posisi dileading edge wing jg bs berfungsi sbg air brake dgn catatan mesin tdk dalam posisi ngebut mau take off.sekali lagi sekedar ide mohon ada cross cek.
Re: A400M (Proyek Ambisius)
Posted: 14 Dec 2010, 16:35
by iwan21
kalu thrust reverser hanya ada di pesawat Jet
kalo dipesawat prop aslinya, pake feathering seperti yg dijelaskan om Pamuncak diatas ( C-130 Herky contohnya yg pake), selain utk bantu brake, juga utk meminimalisir drag saat bremti atau engine failure yg mengharuskan shutdown engine tsb sehingga tidak merusak mekanik gearboxnya akibat windmilling effect ( prop muter sendiri karena tiupan angin ).
propnya kayak yg dipake utk 4D om, as motornya bolong utk lewat pushrodnya..
Re: A400M (Proyek Ambisius)
Posted: 16 Dec 2010, 09:23
by pamuncak
dl wkt kecil pernah naik sepeda tp remnya blong kebetulan roda tdk pake penutup ya lsg sj kaki dijejakkan sekuat tenaga ke roda utk rem.dgn ide yg sama mgkn rodanya dibuatkan semacam plat lengkung sama dgn roda utk rem...mau yg lbh ruwet contoh rem sepeda yg pake tromol ukurannya diperkecil