wasiardhi wrote:terbangnya cukup anteng, meskipun harus cepet-cepet koreksi saat ng-bang. meskipun bisa slow, tapi gampang stall... intinya...maiden kemarin saya rasa puas banget.
motor menggunakan TR 3530-1700, prop 3 blade 8x6, saya rasa sudah pas.
gampang stall? mungkin msh sdkt berat kali yach dgn WL 47gr/dm2 ?...
mungkin saja... dugaan saya karena wing-nya tanpa dihedral, coba nanti saya buatkan wing dengan dihedral 10drjt tanpa aileron, biar lebih ringan, stabil dan menghemat servo.
wasiardhi wrote:mungkin saja... dugaan saya karena wing-nya tanpa dihedral, coba nanti saya buatkan wing dengan dihedral 10drjt tanpa aileron, biar lebih ringan dan menghemat servo.
lah ?, ini masalah stall ( speed) akibat wingloading gede , apa masalah tip stall sih ?, atau masalah stabilisasi ? kok jadi lari ke dihedral ?
wasiardhi wrote:mungkin saja... dugaan saya karena wing-nya tanpa dihedral, coba nanti saya buatkan wing dengan dihedral 10drjt tanpa aileron, biar lebih ringan dan menghemat servo.
lah ?, ini masalah stall ( speed) akibat wingloading gede , apa masalah tip stall sih ?, kok jadi lari ke dihedral ?
kalo yang ada dibenak saya tip stall, karena hanya stall saat belok.
jakatawakalna wrote: gampang stall? mungkin msh sdkt berat kali yach dgn WL 47gr/dm2 ?...
tepatnya sih bukan gampang stall, tapi dg wingloading segitu ya stall speednya masih tinggi, jadi emang gak bisa terbang pelan
ini rumus pendekatannya sebagai perkiraan berapa stall speed berkaitan dg berapa wingloading, ( kalo rumus lengkap aslinya sih njlimet karena ada faktor2 lain yg diikutkan, seperti kepadatan udara dan koefisien lift saat stall) :
stall speed = 3.7 * akar pangkat dua (wing loading)
jd emang ngak bs pelan...JCub sangat dikenal dgn slow dan short take off & landing, nach kira2 kisaran WL brp yach? cukupkah dgn WL 30 s/d 35 gr/dm2 ? dgn auw sekitar 800 s/d 900 gr....mungkin terbangnya bs lbh slow?