Yudha wrote:Katana 70 ??? gede ya om gimana bawanya tuh kan wing ngga bisa di lepas2
Kalo untuk katana yang kayak om toto enakanya pake engine apa ya terus boleh minta ngga spek2 servonya apa harus pake yang high torque semua
Sekilas info KATANA 46 V2 yang saya gunakan akan tetapi sudah melalui beberapa modifikasi yang dilakukan oleh suhu Cibinong-2 pak su-31
1. Engine, Saito70/4c
2. Propeller, APC 13x4W
3. Servo aileron dan elevator, analog ESky
4. Servo throttle, analog HS81MG
5. Servo rudder, high tourqe digital Royal DS1020MG
6. Battery 6Volt 1000mah (5buah NiCD tipe AAA)
7. Gyro dipasangkan utk rudder, GYA-350
8. Fuel, produk rumahan dengan komposisi Nitro 10% dan oli campuran synthetic dan castor
9. Posisi baterai, receiver, engine diubah peletakannya
Catatan:
1. sebetulnya pakai engine 46 juga bisa tapi sayang tenaganya pas2an dengan kata lain tidak mempunyai tenaga cadangan untuk bail-out dan sangat terasa kalo dipakai untuk hover kasian denger jeritan suara mesinnya trus kalo mo diterusin dari hover mo mlejit vertikal ya begitulah jadinya bisa2 enggak naik malah merosot
2. dengan menggunakan engine 70/4c yang selama ini saya rasakan untuk terbang normal relatif hanya memerlukan 30% ~ 50% throttle dan untuk hover yang membutuhkan power besar cukup dengan membuka throttle 60% ~ 80% jadi masih ada spare sekitar 30% ~ 20% apabila dibutuhkan untuk recover/bail-out ato kalo iseng-iseng mo digenjot vertikal
3. trus dengan propeller 13x4 enaknya dengan rpm rendah udah cukup menghasilkan thrust jadi pesawat bisa diajak merangkak dan sangat besar dirasakan untuk landing dengan jurus burung bango menclok di sarangnya (ini versi persilatan seperti saya baca di buku2 silat karangan kho ping ho ... he he he ...) begitu juga untuk take off dengan cara dipegang kaya kalo kita main petasan roket gituh (tapi tidak direkomendasikan bang terlalu bahaya tapi gimana lagi adrenalinnya ada disitu ......... racunnya om su-31 neh), nah makanya kemarin becek2 hajar terus bleh .....
nah kira2 gitu deh bang yang saya inget, trus tungguin aja entar kiriman yang utk bang raven dari suhu su-31, yang itu sih jauh lebih nurut lagi tapi kayanya jadi enggak mendidik deh soalnya pesawat2 jenis itu sangat forgiving dan praktis bisa dikatakan relatif tidak mengenal tip stall, kalo terjadi stall pun nosenya cuman nunduk doang trus dikasih power dikit aja langsung dongak tutup lagi bisa mrosot level. nah dari pengalaman saya yang masih pemula bisa diambil kesimbulan dengan melakukan setting yg pas pada tx pesawat ini bisa dikatakan lebih trainer dari pesawat yang memang di kategorikan pesawat trainer ....... jadi bener2 menerbangkan pesawat ini tidak dihantui oleh tip stall ............
tapi jangan coba2 deh entar bisa2 males nyentuh pesawat yang lain, kalo ampe kejadian saya enggak turut bertanggung jawab atas tidak disentuhnya lagi pesawat yang lain ...........
