Page 1 of 22
Low Wing tunggu kameramen :D
Posted: 02 Dec 2011, 11:12
by fidaero94
Bahan yang diperlukan :
Styrofoam 2x1 m = 18.000
Pipa 6mm Alumunium 2 m = 20.000
Lem Putih = 10.000
Isolasi = 12.000
Double Tape = 15.000
Elektronika 1 pesawat:
Servo 4 buah; 2 buah > aileron, 1 buah rudder, 1 buah elevator
ESC 15Amp
Motor Brushless 2409
Propeller 7x4
Dimensi pesawat :
1) Low Wing
Wing Span = 76,5 cm
Fuselage = 50 cm
READY...
Re: PROJECT IS RUNNING !!! Low Wing
Posted: 02 Dec 2011, 11:18
by Abdinik
pake motor BL 2409 dan pake ESC 15amp?
apakah ESC tidak terlalu kecil om?
bisa2 ESC terbakar..
kalo pake BL 2409 pake ESC 25A ke atas
it sepengetahuan saya...
mungkin ada suhu2 yang menambahkan
Re: PROJECT IS RUNNING !!! Low Wing
Posted: 02 Dec 2011, 11:23
by randomid
setau saya juga,2409 paling ga pake 25 amp..
CMIIW
Re: PROJECT IS RUNNING !!! Low Wing
Posted: 02 Dec 2011, 11:30
by qiebar
jangan yg 15, kebakar...
Re: PROJECT IS RUNNING !!! Low Wing
Posted: 02 Dec 2011, 11:37
by equator
Re: PROJECT IS RUNNING !!! Low Wing
Posted: 02 Dec 2011, 11:43
by fidaero94
Oke saya ganti 25Amp deh.... hehehe maklum persediaan terbatas... sipsip

Re: PROJECT IS RUNNING !!! Low Wing
Posted: 02 Dec 2011, 14:52
by fidaero94
ESC sudah diganti...
Ready..
mulai ngeprint plan...
sabtu dilanjut....

Re: PROJECT IS RUNNING !!! Low Wing
Posted: 02 Dec 2011, 21:15
by unding
fidaero94 wrote:Bahan yang diperlukan :
Styrofoam 2x1 m = 18.000
Pipa 6mm Alumunium 2 m = 20.000
Lem Putih = 10.000
Isolasi = 12.000
Double Tape = 15.000
Elektronika 1 pesawat:
Servo 4 buah; 2 buah > aileron, 1 buah rudder, 1 buah elevator
ESC 15Amp
Motor Brushless 2409
Propeller 7x4
Dimensi pesawat :
1) Low Wing
Wing Span = 76,5 cm
Fuselage = 50 cm
READY...
Sedikit masukan sebelum proyeknya dilanjut
1. Tentukan dahulu jenis/class pesawatnya, apakah Glider, Trainer, Sport ataukah Pylon.
Agar nilai Wing Loadingnya (WL) bisa ketahuan.
2. Setelah nilai WL sudah ada, maka Luas Sayap (Wingarea) bisa dihitung, yaitu WL dibagi
dgn berat pesawat. Jadi motor, propeller, esc, batrei, roda dllnya harus ditimbang semuanya.
3. Setelah Luas Sayap sudah didapat, maka lebar sayap (root/tip chord) juga sudah
bisa dihitung sebab panjang sayap ( wing span ) sdh ditentukan 76,5 cm
Mohon maaf kalau ada yang salah, mungkin teman2 yang lain bisa menambahkan
Re: PROJECT IS RUNNING !!! Low Wing
Posted: 02 Dec 2011, 21:33
by iwan21
unding wrote:
Sedikit masukan sebelum proyeknya dilanjut
1. Tentukan dahulu jenis/class pesawatnya, apakah Glider, Trainer, Sport ataukah Pylon.
Agar nilai Wing Loadingnya (WL) bisa ketahuan.
2. Setelah nilai WL sudah ada, maka Luas Sayap (Wingarea) bisa dihitung, yaitu WL dibagi
dgn berat pesawat. Jadi motor, propeller, esc, batrei, roda dllnya harus ditimbang semuanya.
3. Setelah Luas Sayap sudah didapat, maka lebar sayap (root/tip chord) juga sudah
bisa dihitung sebab panjang sayap ( wing span ) sdh ditentukan 76,5 cm
Mohon maaf kalau ada yang salah, mungkin teman2 yang lain bisa menambahkan
saya tambahin dikit pak
dengan penentuan jenis pesawat di awal, maka kalo motornya udah dipilih, power loading juga bisa dipilih, dg demikian target berat total sudah bisa diperkirakan didepan, dan itulah yg harus dikejar supaya pesawat gak jadi overweight
Re: PROJECT IS RUNNING !!! Low Wing
Posted: 02 Dec 2011, 21:56
by jakatawakalna
iwan21 wrote:unding wrote:
Sedikit masukan sebelum proyeknya dilanjut
1. Tentukan dahulu jenis/class pesawatnya, apakah Glider, Trainer, Sport ataukah Pylon.
Agar nilai Wing Loadingnya (WL) bisa ketahuan.
2. Setelah nilai WL sudah ada, maka Luas Sayap (Wingarea) bisa dihitung, yaitu WL dibagi
dgn berat pesawat. Jadi motor, propeller, esc, batrei, roda dllnya harus ditimbang semuanya.
3. Setelah Luas Sayap sudah didapat, maka lebar sayap (root/tip chord) juga sudah
bisa dihitung sebab panjang sayap ( wing span ) sdh ditentukan 76,5 cm
Mohon maaf kalau ada yang salah, mungkin teman2 yang lain bisa menambahkan
saya tambahin dikit pak
dengan penentuan jenis pesawat di awal, maka kalo motornya udah dipilih, power loading juga bisa dipilih, dg demikian target berat total sudah bisa diperkirakan didepan, dan itulah yg harus dikejar supaya pesawat gak jadi overweight
Nach...hitung2 an kayak gini yg kadang tdk sy perhatikan, trm ksh infonya.