Page 1 of 2

Siapa mau bantu saya?

Posted: 02 Mar 2012, 10:02
by Kiki_54
Tadi malem saya belajat hely di simulator, saya pakai Radio Futaba 7 CAP/CHP, biasanya saya pakai Model 10 tapi entah kenapa saya salah liat (maklum udah tua :shy) mungkin yang saya utak atik Model 01 untuk Tyrex 600, saya baru tahu tadi pagi waktu saya ke lapangan dengan tujuan mau latihan Helly, eh itu setingan helly berantakan, waktu mulai radio on posisi trhrotle stick dibawa throtle ada di maksimum waktu saya naikan stick ke posisi tengah bari bladenya rata, dan yang lainnya semua berubah.
Kepada teman yang bersedia mohon berikan panduan seting ulang (hanya untuk hover dan patroli koki gak neko2)......mulai reset sampai step demi step sehingga saya bisa mulai belajar terbang lagi.
Terus terang urusan Helly saya 0,0 deh, yang kemarin itu Pak Agus E Helly yang seting, saya bawa raio dan helly kesana, tapi untuk sekarang kalau ada yang bersedia berikan panduan akan saya coba sendiri mudah2an saya bisa.Terima kasih sebelumnya kepada teman yang dengan suka rela mau membantu saya.
Wqssalam

Re: Siapa mau bantu saya?

Posted: 02 Mar 2012, 11:14
by danielgti
Wah Kalo ini , minta izin ikut nyimak aja ABAH, maklum elmu Belon nyampe . . . :pis

Re: Siapa mau bantu saya?

Posted: 02 Mar 2012, 12:35
by asoenhauw
ayo para suhu heli mohon dibantu supaya Abah Kiki kembali ceria :mwr :ha3 :ha3 :ha3

Re: Siapa mau bantu saya?

Posted: 02 Mar 2012, 13:45
by Kiki_54
Hasilpenyelidikan sementara.....bukan seting radio yang salah tapi ada salah satu servo (karena CCPM) yang tidak berfungsi.

Re: Siapa mau bantu saya?

Posted: 02 Mar 2012, 18:40
by Budiman
Pak Dadang,
Metode yang saya gunakan ini belum tentu akan sesuai dengan Anda. Saya lebih ber-orientasi pada "precision flight" bukan 3D.
Silahkan bertanya jika ada yang belum jelas dengan hal2 yang akan saya utarakan. Juga 'klik' setiap gambar untuk memperbesar tampilan

Hal pertama yang biasa saya lakukan :
1. Memeriksa panjang setiap linkage rod pada heli berdasarkan ukuran yang disebutkan dalam manual T-Rex 600 Nitro

2. Semua servo bergerak sesuai dengan arahnya masing2, artinya jika ada yang terbalik arah nya, maka fungsi "Reverse" pada di Radio dapat digunakan untuk memperbaiki servo yang bersangkutan.

3. Fungsi EPA(End Point Adjustment) atopun ATV pada masing2 servo, biarkan pada nilai 100% semua pada awalnya dan Trim/sub trim pada nilai 0% semua.

4.Fungsi "Swash Mix" pada Aeleron, Elevator dan Pitch set pada nilai 50% masing2.Jika ada yang terbalik tinggal diubah nilai + atopun nilai -,...misalkan pitch mix terbalik pada +50% maka dpat diubah dengan -50%

5. Fungsi "Throttle Hold" pada radio perlu Anda assign pada toggle switch mana saja yang menurut Anda nyaman. Biarkan pada nilai 0% dulu.


Hal kedua yang biasa saya lakukan :
======================

Swashplate
------------
Swashplate saya usahakan untuk level pada setiap gerak. Untuk itu, saya harus memastikan bahwa masing2 servo harus :
1. memposisikan setiap horn nya pada sudut 90 deg ato tegak lurus terhadap shaft pada saat semua stick pada posisi di tengah.
2. setiap servo bergerak sesuai degan arah nya masing2
3. pada saat horn servo pada posisi 90 deg yg kita anggap sebagai titik tengah, maka horn juga harus memiliki ruang gerak yang sama besar saat servo bergerak dari 90 deg ke 0 deg serta sama besar saat bergerak dari 90 deg ke 180 deg.
4. Fungsi "swash mix" telah sesuai ke segalah arah. Jika terbalik,maka nilai prosentase pada menu ini untuk masing aeleron, elevator dan pitch dapat di-ubah2 dari positif ke negatif dan sebaliknya.Sekarang tergantung mana yang bermasalah, apakah aeleron, elevator atopun pitch
Yang perlu Anda perhatikan adalah hindari terjadinya tarik menarik antara servo2 yang terlibat pada CCPM system di Swashplate...misalkan servo salah arah dan terjadi "binding" antar servo. Soal salah arah untuk masing2 servo dapat diatasi dengan fungsi "Reverse" dapat .Sedangkan jika terjadi "binding" antar servo maka yang dapat dilakukan adalah sebagai berikut :
1. mengurangi ato menambah EPA pada servo yang bermasalah
2. melakukan adjustment pada linkage rod, seperti memperpanjang atopun memperpendek.
3. memindahkan posisi ball-link pada servo horn

Jika semua aspek yang telah saya sebutkan di atas dapat Anda pahami dan aplikasikan maka Anda akan mendapatkan range pitch sekitar -10,5 deg sampai dengan +10 deg.
Dan swashplate akan berposisi sebagai berikut saat servo horn 90 deg(pitch 0 deg)

Image Image Image Image




Dan ini adalah saat servo horn pada posisi 90 deg(pitch 0 deg)
Image Image



Untuk membuktikan bahwa swashplate bergerak sama besar baik pada fungsi aeleron dan elevator adalah sebagai berikut
Catatan, dikarenakan saya menggunakan D/R (Dual Rate) pada aeleron dan elevator masing2 sebesar 95%, maka yang saya dapatkan adalah swash degree sebesar +- 6 deg

Elevator down -6 deg
Image Image



Elevator up +6 deg
Image Image



Aeleron -6deg
Image Image



Aeleron +6deg
Image Image





Dan dibawah ini adalah bagaimana heli diposisikan untuk pengukuran di atas

Elevator check
Image



Aeleron check
Image







Throttle
--------
Berikut ini adalah bila kita set nilai prosentase throttle curve pada titik tengah 50%
Image






Dan Throttle pada posisi 100%
Image




Untuk throttle,Anda harus usahakan untuk mendapatkan hasil yang kurang lebih seperti di atas..meng-utak atik EPA dan linkage pada servo throttle dapat membantu Anda
Saya menggunakan Throttle curve sebagai berikut :

0%, 37%, 65%, 84% dan 100%

Sedangkan pitch curve 0 - 100% saya mendapatkan -10.5 deg sampai dengan +10.5 deg
Dan pitch untuk hover saya menggunakan -5deg, +3.5 deg, +4.5 deg, +5.5deg dan +10.5 deg
Saya tidak bisa menjelaskan bagaimana tuning governor pada heli Anda.Setting throttle di atas adalah dalam kondisi tidak menggunakan Governor.
Throttle hold ,Anda harus set untuk safety reason, berapa banyaknya tergantung selera, yang penting engine mampu untuk 'langsam' tanpa mati.

Pada prinsipnya adalah EPA, sub trim/trimm, serta panjang setiap linkage dapat digunakan sebagai cara untuk mendapatkan kondisi di atas. Mana yang akan digunakan,silahkan Anda untuk memilihnya..

berikut adalh modifikasi yang saya aplikasikan pada T-Rex 600 Nitro untuk mendapatkankarakter hover yang stabil.


Image

Flybar lebih pendek dan paddle yang berbeda dari original ALIGN

Re: Siapa mau bantu saya?

Posted: 02 Mar 2012, 19:07
by DedDredd
[quote="Budiman"]
Image

Suhu Budiman lagi stress? koq rokoknya pake merk Lagi Stress.... :pis

Re: Siapa mau bantu saya?

Posted: 02 Mar 2012, 19:14
by Budiman
DedDredd wrote:
Budiman wrote:Image

Suhu Budiman lagi stress? koq rokoknya pake merk Lagi Stress.... :pis


iyo, stress beraaaat.... :pyg :pyg ...

Re: Siapa mau bantu saya?

Posted: 02 Mar 2012, 19:31
by toto
ora nyandak lan wes pasti ora iso nututi ..... kanjeng kangmas suhu budiman semakin jauh .... :tlt .... entar heli shuttle +2 saya mau di hidupkan lagimah dan mau berguru ke embah suhu nya heli, kali aja tuh heli masih bisa diajak senang ..... :shy




salam

Re: Siapa mau bantu saya?

Posted: 02 Mar 2012, 19:39
by Budiman
toto wrote:ora nyandak lan wes pasti ora iso nututi ..... kanjeng kangmas suhu budiman semakin jauh .... :tlt .... entar heli shuttle +2 saya mau di hidupkan lagimah dan mau berguru ke embah suhu nya heli, kali aja tuh heli masih bisa diajak senang ..... :shy




salam



Gampang Pak Dhe Suhu..barang katon wae kok :wk3 ..kalo "halus"..nah ini baru yang susah.. :pyg

Re: Siapa mau bantu saya?

Posted: 02 Mar 2012, 19:59
by serlata
asik P.Dadang mulai maen heli lg.. nimbrung ah nanti di cirebon..
heli sy bru mo frst meden mnggu ini..

ikut mnyimak wejangan2 suhu disini..
ngliat foto2 om suhu budiman,, dpt pncerahan bner2 urgent spertinya pnggunaan cable tie, maklum blom ada gambaran kyk gmn getaranny heli enjin,, thnks suhu :thx
lgsg dicontek.. :pis