Skyartec Cessna 182 Bangkit Dari Kubur
Posted: 07 Mar 2012, 13:50
Sejak bergabung dengan GAERO, racun aeromodelling meresap semakin dalam. Setelah hancurnya Skyartec Cessna 182 karena kenekatan dan kebodohan nubie karena tidak mengikuti anjuran suhu-suhu aeromodelling, maka diputuskan untuk memulai dari awal lagi hobby yg mulai menjangkiti sejak January 2012 ini.
Diawali dengan membuat pesawat sendiri (home made foamy) sebanyak 2x yang semuanya gagal dan sia-sia (ilmu belum nyampe) hingga diputuskan membeli kit GWS Slowstick yg murah meriah dan tahan banting. Karena Kota Balikpapan sering dihembus angin kencang, akhirnya diputuskan untuk menambah armada dengan membeli Artech Wing Dragon Sportster V2 dan merupakan keputusan yang sangat baik sehingga nubie bisa belajar terbang walau angin cukup kencang
Hingga suatu hari teman-teman di Balikpapan membawa pesawat-pesawat engine nya ke lapangan Bendali 3, suara mesin bercampur bau asap membuat nubie ini teringat petuah salah satu suhu GAERO yaitu Pakdhe Toto, yang walaupun belum pernah bertemu namun kata-kata di forum selalu tergiang-ngiang yang intinya mengatakan "Pake WD nya ampe bonyok trus ganti ama yg bisa keluar asepnya" dan racun tersebut semakin menggila setelah lihat WD Copet Suhu AA
Waktu liat-liat forum conversion timbul suatu ide
dirumah ada bangkai Cessna 182 yg blom dibuang (untung ga jadi dibuang waktu itu walaupun istri dah ngomel....pesawat ancur...buang aja napa sih!) dengan kondisi seperti dibawah:
http://picasaweb.google.com/110181746221842498116/DropBox?authkey=Gv1sRgCPiSr-OU48igWg#5717025937078187042
Motor+elektronik sudah dikanibal oleh GWS Slowstick hingga sisa tulang-belulangnya (body) saja yang tersisa......dalam kondisi sayap yang patah jadi 3, elevator patah jadi 2, cowl robek, hanya rudder dan fuselage yg tidak parah rusaknya. Setelah kemarin berkonsultasi dengan Suhu Iwan dan Suhu Toto akhirnya diputuskan untuk membeli engine OS-15 LA karena awalnya ingin nyoba engine Thunder Tiger GP-18 namun sepertinya nanti akan kesulitan sparepart dan semua suhu aeromodelling juga menyarankan OS (supaya ga kualat kek waktu dulu disuruh beli wd malah beli cessna)
Setelah dihitung-hitung dengan seksama (walaupun MenKeu selalu setuju
tapi tetap dengan asas GAERO yg minimalis realistis) akhirnya hari ini telah dipesan dan dibayar untuk OS-15 LA, Mounting Engine OS, Hobbywing UBEC.
Demi kelancaran proyek ini, besar harapan saya untuk bantuan dari suhu-suhu disini agar proyek konversi ini tidak sia-sia dan pesawat tersebut dapat terbang dan bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya. Adapun detail spek yg direncanakan:
Body: Skyartec Cessna 182 rencana dilapis tipis lem putih lalu di lakban transparan karena semua decal dicopot seluruh tubuh....dan supaya oil resistant
WS: 980mm (pake sayap yg patah, sudah di araldite dan di perkuat pakai carbon tube 4mm bawah dan carbon stick 2.5mm dibagian atas dan nanti dilakban full!)
Mesin: OS-15 LA
UBEC: Hobbywing (ga jadi bikin dan ga jadi beli battery pack karena kalo dihitung battery charge nya udah 150rb sendiri)
Servo: Towerpro 9gr x 4pcs (aileron x2, elevator, rudder) 1 pcs metal gear servo untuk throttle (mohon info servo yg cocok& enteng bukan cuma bobot tapi juga harga)
Tangki : 90 cc
RX: Futaba R2006GS
Batt: Sementara yg ada 2S 7,4V 1300mAh (kegedean kali ya? kalo kegedean nanti saya beli yg 850mAh deh pas di surabaya)
Firewall: triplek 3mm dilapisin silicone merah (high temp silicone) plus fire blanket yg dipotong sesuai bentuk triplek
Engine mounting : OS
Berat yg direncanakan: 800gr
Mohon masukannya bila ada yang harus di revisi.......
TO BE CONTINUED.......
Diawali dengan membuat pesawat sendiri (home made foamy) sebanyak 2x yang semuanya gagal dan sia-sia (ilmu belum nyampe) hingga diputuskan membeli kit GWS Slowstick yg murah meriah dan tahan banting. Karena Kota Balikpapan sering dihembus angin kencang, akhirnya diputuskan untuk menambah armada dengan membeli Artech Wing Dragon Sportster V2 dan merupakan keputusan yang sangat baik sehingga nubie bisa belajar terbang walau angin cukup kencang

Hingga suatu hari teman-teman di Balikpapan membawa pesawat-pesawat engine nya ke lapangan Bendali 3, suara mesin bercampur bau asap membuat nubie ini teringat petuah salah satu suhu GAERO yaitu Pakdhe Toto, yang walaupun belum pernah bertemu namun kata-kata di forum selalu tergiang-ngiang yang intinya mengatakan "Pake WD nya ampe bonyok trus ganti ama yg bisa keluar asepnya" dan racun tersebut semakin menggila setelah lihat WD Copet Suhu AA

Waktu liat-liat forum conversion timbul suatu ide

http://picasaweb.google.com/110181746221842498116/DropBox?authkey=Gv1sRgCPiSr-OU48igWg#5717025937078187042
Motor+elektronik sudah dikanibal oleh GWS Slowstick hingga sisa tulang-belulangnya (body) saja yang tersisa......dalam kondisi sayap yang patah jadi 3, elevator patah jadi 2, cowl robek, hanya rudder dan fuselage yg tidak parah rusaknya. Setelah kemarin berkonsultasi dengan Suhu Iwan dan Suhu Toto akhirnya diputuskan untuk membeli engine OS-15 LA karena awalnya ingin nyoba engine Thunder Tiger GP-18 namun sepertinya nanti akan kesulitan sparepart dan semua suhu aeromodelling juga menyarankan OS (supaya ga kualat kek waktu dulu disuruh beli wd malah beli cessna)
Setelah dihitung-hitung dengan seksama (walaupun MenKeu selalu setuju

Demi kelancaran proyek ini, besar harapan saya untuk bantuan dari suhu-suhu disini agar proyek konversi ini tidak sia-sia dan pesawat tersebut dapat terbang dan bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya. Adapun detail spek yg direncanakan:
Body: Skyartec Cessna 182 rencana dilapis tipis lem putih lalu di lakban transparan karena semua decal dicopot seluruh tubuh....dan supaya oil resistant
WS: 980mm (pake sayap yg patah, sudah di araldite dan di perkuat pakai carbon tube 4mm bawah dan carbon stick 2.5mm dibagian atas dan nanti dilakban full!)
Mesin: OS-15 LA
UBEC: Hobbywing (ga jadi bikin dan ga jadi beli battery pack karena kalo dihitung battery charge nya udah 150rb sendiri)
Servo: Towerpro 9gr x 4pcs (aileron x2, elevator, rudder) 1 pcs metal gear servo untuk throttle (mohon info servo yg cocok& enteng bukan cuma bobot tapi juga harga)
Tangki : 90 cc
RX: Futaba R2006GS
Batt: Sementara yg ada 2S 7,4V 1300mAh (kegedean kali ya? kalo kegedean nanti saya beli yg 850mAh deh pas di surabaya)
Firewall: triplek 3mm dilapisin silicone merah (high temp silicone) plus fire blanket yg dipotong sesuai bentuk triplek
Engine mounting : OS
Berat yg direncanakan: 800gr

Mohon masukannya bila ada yang harus di revisi.......
TO BE CONTINUED.......