Page 1 of 5
perbandingan yg bnr ny gi mn ya
Posted: 15 Mar 2012, 00:14
by dodi07
maaf sblmnya buat para suhu2, mau nanya, klo pake fuel oplosan sebenarnya perbandingan yg tepat itu methanol brp liter n jarak brp liter? ada yg bilang 4:1 (katanya terlalu kental) mau d experimen 5:1 apa yg bakal terjadi n udh ada yg pernah nyoba blm? salam
Re: perbandingan yg bnr ny gi mn ya
Posted: 15 Mar 2012, 01:06
by Ari21
dodi07 wrote:maaf sblmnya buat para suhu2, mau nanya, klo pake fuel oplosan sebenarnya perbandingan yg tepat itu methanol brp liter n jarak brp liter? ada yg bilang 4:1 (katanya terlalu kental) mau d experimen 5:1 apa yg bakal terjadi n udh ada yg pernah nyoba blm? salam
Kl saya pake perbandingan 20:1 (20 Liter methanol vs 1 liter castor oil), sering juga pake perbandingan 25:1.
Nah takaran oplosannya 1:1 (1 liter oplosan vs 1 liter fuel yg asli) kl buat pesawat lebih bagus pake fuel yg kadar nitronya 15/ 17%.
Jadi kalau dioplos turun menjadi 5 - 8%, masih aman buat pesawat, kl buat heli ngak recomend.
Kl 4:1 atau 5:1 terlalu kental oplosannya, ntar mesin ngak nyala.
Re: perbandingan yg bnr ny gi mn ya
Posted: 15 Mar 2012, 01:48
by christoffel
hmmm ....
4:1 itu 20%
5:1 itu 16.7%
20:1 itu nggak sampe 5%
25:1 itu nggak sampe 4%
kalau saya sendiri selalu pakai 20%. dulu sekali, malah pakai 25% untuk break-in.
kalau untuk experimen, boleh saja nyoba yg 16.7%, namanya juga experimen (thinking out of the box) ... tapi juga harus siap resiko mesin rusak ...
5% ?????? ini sih bunuh diri namanya ....
coba baca lagi buku petunjuk mesin nya ...
atau ada rekan2 lain yg juga sudah sukses dg 5% ini ??? tolong di share deh ...
kalau bener bisa, bakal bisalebih murah ... karena harga castor itu lebih mahal dari harga methanol nya ...
setahu saya yg jual BBM jadi rata2 paling rendah 18%
Re: perbandingan yg bnr ny gi mn ya
Posted: 15 Mar 2012, 01:51
by haacer07
Re: perbandingan yg bnr ny gi mn ya
Posted: 15 Mar 2012, 07:37
by unding
Yang saya gunakan selama ini adalah perbandingan 4.5 : 1.
Persennya = 1/(4.5 + 1) x 100% = 18%
Re: perbandingan yg bnr ny gi mn ya
Posted: 15 Mar 2012, 07:38
by setyo antarikso
christoffel wrote:hmmm ....
4:1 itu 20%
5:1 itu 16.7%
20:1 itu nggak sampe 5%
25:1 itu nggak sampe 4%
kalau saya sendiri selalu pakai 20%. dulu sekali, malah pakai 25% untuk break-in.
kalau untuk experimen, boleh saja nyoba yg 16.7%, namanya juga experimen (thinking out of the box) ... tapi juga harus siap resiko mesin rusak ...
5% ?????? ini sih bunuh diri namanya ....
coba baca lagi buku petunjuk mesin nya ...
atau ada rekan2 lain yg juga sudah sukses dg 5% ini ??? tolong di share deh ...
kalau bener bisa, bakal bisalebih murah ... karena harga castor itu lebih mahal dari harga methanol nya ...
setahu saya yg jual BBM jadi rata2 paling rendah 18%
Paling rendah saya oplos di 18%, sesuai standar buku manual 2 stroke
Selama ini pake gelas ukur saja biar lebih presisi.
Mis 1 liter campuran, jadi perlu 180cc castor, 720cc methanol.
Hasilnya ngga terlalu belepotan oli di pesawat
cmiiw
Re: perbandingan yg bnr ny gi mn ya
Posted: 15 Mar 2012, 08:20
by toto
setyo antarikso wrote:
Paling rendah saya oplos di 18%, sesuai standar buku manual 2 stroke
Selama ini pake gelas ukur saja biar lebih presisi.
Mis 1 liter campuran, jadi perlu 180cc castor, 720cc methanol.
Hasilnya ngga terlalu belepotan oli di pesawat
cmiiw
eyang setyo kok campurannya mau bikin 1000cc setelah ngadon kok jadi ilang 100cc itu nguap kemana ya ....
salam
Re: perbandingan yg bnr ny gi mn ya
Posted: 15 Mar 2012, 08:21
by Ari21
Ari21 wrote:dodi07 wrote:maaf sblmnya buat para suhu2, mau nanya, klo pake fuel oplosan sebenarnya perbandingan yg tepat itu methanol brp liter n jarak brp liter? ada yg bilang 4:1 (katanya terlalu kental) mau d experimen 5:1 apa yg bakal terjadi n udh ada yg pernah nyoba blm? salam
Kl saya pake perbandingan 20:1 (20 Liter methanol vs 1 liter castor oil), sering juga pake perbandingan 25:1.
Nah takaran oplosannya 1:1 (1 liter oplosan vs 1 liter fuel yg asli) kl buat pesawat lebih bagus pake fuel yg kadar nitronya 15/ 17%.
Jadi kalau dioplos turun menjadi 5 - 8%, masih aman buat pesawat, kl buat heli ngak recomend.
Kl 4:1 atau 5:1 terlalu kental oplosannya, ntar mesin ngak nyala.
Kl racikan yg saya pakai ini udah 3 tahun mesin2 saya masih oke...di club juga kita pake racikaar ini..so far ngak ada masalah.
Racikan ini buat ngoplos fuel asli yg udah ada kadar nitro dan castor oilnya..
Re: perbandingan yg bnr ny gi mn ya
Posted: 15 Mar 2012, 08:32
by setyo antarikso
toto wrote:setyo antarikso wrote:
Paling rendah saya oplos di 18%, sesuai standar buku manual 2 stroke
Selama ini pake gelas ukur saja biar lebih presisi.
Mis 1 liter campuran, jadi perlu 180cc castor, 720cc methanol.
Hasilnya ngga terlalu belepotan oli di pesawat
cmiiw
eyang setyo kok campurannya mau bikin 1000cc setelah ngadon kok jadi ilang 100cc itu nguap kemana ya ....
salam
wekekek maksudnya methanol 820 cc suhu...emang deh teliti banget guru eyang Toto ini...
Re: perbandingan yg bnr ny gi mn ya
Posted: 15 Mar 2012, 09:22
by iwan21
Ari21 wrote:Kl saya pake perbandingan 20:1 (20 Liter methanol vs 1 liter castor oil), sering juga pake perbandingan 25:1.
Nah takaran oplosannya 1:1 (1 liter oplosan vs 1 liter fuel yg asli) kl buat pesawat lebih bagus pake fuel yg kadar nitronya 15/ 17%.
Jadi kalau dioplos turun menjadi 5 - 8%, masih aman buat pesawat, kl buat heli ngak recomend.
Kl 4:1 atau 5:1 terlalu kental oplosannya, ntar mesin ngak nyala.
Hahaha, ya pantes pada bingung, termasuk om Christ,kok 20 : 1 ?,
lah yg ditanya TS kan perbandingan campuran yg bener utk fuel oplosan,
lah om Ari jawabnya beda, campuran yg 20 : 1 dicampur lagi sama fuel pabrikan...
jadi oplosan 20 : 1 di oplos lagi sama fuel pabrikan ( padahal bukan ini lo om yg dibahas, tapi bener2 ngoplos methanol + castor langsung)
