Page 1 of 3

Engine gasoline 26 cc turnigy (kompresi kurang padat)

Posted: 28 Apr 2012, 21:53
by Marasandra
Sebenaranya kejadian ini (kompresi kurang padat)..... Tidak akan terjadi, jika saya tidak iseng untuk membongkarnya.....
Karena keingin tahuan saya, saya akhirnya membongkar engine gasoline 26 cc turnigy saya....
Pertama saya lepas knalpotnya, lalu saya lepas silinder headnya, dengan bayangan, silinder head terpisah dengan boring (rumah seker)....eeee ternyata boring dan silinder head jadi satu..... Setelah saya tarik maka keluarlah seker dari rumah nya......lalu silinder head saya bersihkan
Seperti kebiasaan saya dulu waktu merawat motor 2 tak .......
Setelah saya bersihkan, saya kembalikan ke asal, dengan konsekwensi saya mengganti packing nya dengan ukuran 0,8 mm.....
Lalu mesin saya hidupkan..... Tentunnya dengan memasang propeler terlebih dahulu....... Dan ternyata mesin tidak mau hidup.......
Lalu proleler saya putar putar.... Dan ternyata kompresi nya kurang nendang alias kurang padat.....saya cek cdi.. Tidak apa apa.....saya liat aliran bensin..... Juga tidak apa apa... Alis mengalir ke carburator.........

Yang saya tanyakan kenapa dengan engine saya ini ya....

MUNGKIN PARA SUHU BISA MEMBANTU SAYA....... TERIMA KASIH...... :thx

Re: Engine gasoline 26 cc turnigy (kompresi kurang padat)

Posted: 28 Apr 2012, 22:25
by rachmatjeny
ooo..

gini loh...

Re: Engine gasoline 26 cc turnigy (kompresi kurang padat)

Posted: 28 Apr 2012, 22:25
by fadliray
:tlt ikut menyimak suhu,smoga ada solusinya.....

Re: Engine gasoline 26 cc turnigy (kompresi kurang padat)

Posted: 29 Apr 2012, 02:17
by toto
pasti udah di cek semuanya kan .................... :wek



salam dan selamat

Re: Engine gasoline 26 cc turnigy (kompresi kurang padat)

Posted: 29 Apr 2012, 08:36
by barubisaterbang
:tlt waduh penjelasan suhu kok singkat padat dan tidak jelas...
Padahal saya juga mau numpang gali ilmu...

Re: Engine gasoline 26 cc turnigy (kompresi kurang padat)

Posted: 29 Apr 2012, 08:43
by topankaltim
:tlt
catatan sudah siap ini Pakde dan Om Suhu...
siap menimba ilmu...monggo dilanjut...

Re: Engine gasoline 26 cc turnigy (kompresi kurang padat)

Posted: 29 Apr 2012, 08:53
by dino
:tlt karena keraknya di bersihkan kalee... jd nya longgar :hah :ngl :flu ato packingnya ketebalan kalee bOz...

Re: Engine gasoline 26 cc turnigy (kompresi kurang padat)

Posted: 29 Apr 2012, 17:47
by beta_james
Marasandra wrote:Sebenaranya kejadian ini (kompresi kurang padat)..... Tidak akan terjadi, jika saya tidak iseng untuk membongkarnya.....
Karena keingin tahuan saya, saya akhirnya membongkar engine gasoline 26 cc turnigy saya....
Pertama saya lepas knalpotnya, lalu saya lepas silinder headnya, dengan bayangan, silinder head terpisah dengan boring (rumah seker)....eeee ternyata boring dan silinder head jadi satu..... Setelah saya tarik maka keluarlah seker dari rumah nya......lalu silinder head saya bersihkan
Seperti kebiasaan saya dulu waktu merawat motor 2 tak .......
Setelah saya bersihkan, saya kembalikan ke asal, dengan konsekwensi saya mengganti packing nya dengan ukuran 0,8 mm.....
Lalu mesin saya hidupkan..... Tentunnya dengan memasang propeler terlebih dahulu....... Dan ternyata mesin tidak mau hidup.......
Lalu proleler saya putar putar.... Dan ternyata kompresi nya kurang nendang alias kurang padat.....saya cek cdi.. Tidak apa apa.....saya liat aliran bensin..... Juga tidak apa apa... Alis mengalir ke carburator.........

Yang saya tanyakan kenapa dengan engine saya ini ya....

MUNGKIN PARA SUHU BISA MEMBANTU SAYA....... TERIMA KASIH...... :thx


Paking yang lama ukuran berapa Om......

Re: Engine gasoline 26 cc turnigy (kompresi kurang padat)

Posted: 29 Apr 2012, 18:33
by toto
barubisaterbang wrote::tlt waduh penjelasan suhu kok singkat padat dan tidak jelas...
Padahal saya juga mau numpang gali ilmu...


halo om bisa terbang, yang dilakukan oleh suhu mara itu adalah suatu proses belajar dan ciri dari kita2 yg bergabung di SJAC ...... :wek .... dimana coba bikin masalah sendiri untuk bikin pembaca penasaran .... inti nya karena udah enggak ada yg bisa di eksperimen terus timbulah ide bagaimana caranya mesin jalan normal dibuat supaya jadi enggak bisa idup ..... nah yang jadi tantangan sekarang bagaimana posisi dari setiap part yg seharus nya di pasang kembali ..... semakin bertambah usia umumnya semakin berat untuk mengingat yang kecil2, jadi hasilnya gitu deh mesin dari yg ada kompresi jadi bilang ilang kompresinya ..... :hah ..... nah sekarang coba deh perhatikan kembali antara lain :

1. bentuk ring pistonnya, nah dari bentuknya kan nanti jadinya bisa paham harus nya bagaimana memasangnya di piston

2. begitu juga yang namanya ring itu kan ada bagian yang putusnya, inget2 lagi deh posisi bagian ring piston yg terputus itu di sebelah mana seharusnya di tempatkannya

kalau hal itu sudah benar semuanya, ya apa lagi karena terlalu rajin membersihkannya maka terjadilah celah yang membuat hilangnya kompresi, apalagi waktu memasukan bagian ring ke piston dengan cara yg tidak betul yg buntutnya akan membentuk baret, kalo udah gini dan kalau enggak terlalu parah masih ada sih cara menyelamatkannya ..... :ide

nah kira2 sekian saja pandangan saya berdasarkan ilmu kira2 dan semoga enggak bikin semakin om barubisaterbang semakin penasaran ..... :pis



salam

Re: Engine gasoline 26 cc turnigy (kompresi kurang padat)

Posted: 29 Apr 2012, 19:15
by Marasandra
toto wrote:
barubisaterbang wrote::tlt waduh penjelasan suhu kok singkat padat dan tidak jelas...
Padahal saya juga mau numpang gali ilmu...


halo om bisa terbang, yang dilakukan oleh suhu mara itu adalah suatu proses belajar dan ciri dari kita2 yg bergabung di SJAC ...... :wek .... dimana coba bikin masalah sendiri untuk bikin pembaca penasaran .... inti nya karena udah enggak ada yg bisa di eksperimen terus timbulah ide bagaimana caranya mesin jalan normal dibuat supaya jadi enggak bisa idup ..... nah yang jadi tantangan sekarang bagaimana posisi dari setiap part yg seharus nya di pasang kembali ..... semakin bertambah usia umumnya semakin berat untuk mengingat yang kecil2, jadi hasilnya gitu deh mesin dari yg ada kompresi jadi bilang ilang kompresinya ..... :hah ..... nah sekarang coba deh perhatikan kembali antara lain :

1. bentuk ring pistonnya, nah dari bentuknya kan nanti jadinya bisa paham harus nya bagaimana memasangnya di piston

2. begitu juga yang namanya ring itu kan ada bagian yang putusnya, inget2 lagi deh posisi bagian ring piston yg terputus itu di sebelah mana seharusnya di tempatkannya

kalau hal itu sudah benar semuanya, ya apa lagi karena terlalu rajin membersihkannya maka terjadilah celah yang membuat hilangnya kompresi, apalagi waktu memasukan bagian ring ke piston dengan cara yg tidak betul yg buntutnya akan membentuk baret, kalo udah gini dan kalau enggak terlalu parah masih ada sih cara menyelamatkannya ..... :ide

nah kira2 sekian saja pandangan saya berdasarkan ilmu kira2 dan semoga enggak bikin semakin om barubisaterbang semakin penasaran ..... :pis



salam



Terima kasih pak de Toto, atas pandangan nya.......
Tadi pagi saya "bekerja sama" dengan benkel motor deket rumah....dan alhamdulillah udah nyala mesin nya..... Karena yang pak de Toto bilang, kita SJAC udah kekurangan bahan yang oprek..... Maka mesin sekarang saya bongkar lagi, untuk dalam nya di haluskan dengan bor tune.....supaya aliran bensin lebih lancar....dan sama bengkel tersebut sedang di buatkan knalpot yang suara nya sama dengan Yamaha RX king........

He he he....mari kita tunggu hasilnya.... Tambah bobrok atau tambah ancur..... :mwr