Page 1 of 4
Piper Tomahawk 60 dari V-Mar......
Posted: 01 May 2012, 12:06
by hulmannapit
Saya punya pesawat yang belum selesai dirakit,
Piper Tomahawk 60, low wing..
Saat ini servo2nya sudah terpasang dan pemasangan kelengkapan lain, sedang dalam progress...menunggu waktu luang.
wingspan - 1955mm ; lumayan lebar..
Secara umum, menurut saya sih kualitas pembuatan pesawat dan kelengkapannya lumaya bagus...
Saya masih bingung memilih mesin yang akan digunakan.
Saat ini saya masih punya engine RCGF 15cc gasoline; tapi belum tau apakah kira2 cocok dengan pesawat ini....?
Mohon tanggapan dan arahan dari para suhu, senior dan rekan-2....

Uploaded with
ImageShack.us
Re: Piper Tomahawk 60 dari V-Mar......
Posted: 01 May 2012, 14:41
by aurasyifa
wuih mantaps banget pak
Re: Piper Tomahawk 60 dari V-Mar......
Posted: 01 May 2012, 15:42
by justinus
Kalo lihat tulisannya Tomahawk 60, berarti pakai engine nitro 60 ~ 10cc. Jadi kalau pakai engine bensin 15cc rasanya masih sesuai.
Engine RCGF 15cc pakai prop berapa?
Re: Piper Tomahawk 60 dari V-Mar......
Posted: 01 May 2012, 16:31
by unding
RCGF 15 cc setara dgn 0.91 glow engine ( 15cc/2.54^3 = 0.915 cu in), jadi sangat memungkinkan.
Re: Piper Tomahawk 60 dari V-Mar......
Posted: 01 May 2012, 17:06
by hery_s
berapa berat kosong dan berat setelah ditambah engine , fuel , dll ?, saya pake engine RCGF 15 cc untuk pswt mustang berat 2700 g, ngak kuat ngangkat tuh pswt, prop.10x8, katanya RCGF 15 cc untuk model yg beratnya ngak lebih dari 3000 gr.....

Re: Piper Tomahawk 60 dari V-Mar......
Posted: 01 May 2012, 17:07
by fidaero94
muantabssssss pswt nya, pabrikan mana ni???

Re: Piper Tomahawk 60 dari V-Mar......
Posted: 01 May 2012, 17:45
by mcat
Cakep om pesawatnya, karakter aslinya lincah, low wing trainer
Re: Piper Tomahawk 60 dari V-Mar......
Posted: 01 May 2012, 21:13
by toto
mumpung lagi ada diskusi engine gas vs glow mohon penjelasan dari para suhu tentang rumus empiris yg katanya kondisi power :
1. engine glow 2S ~ 3/4 x 4S, maka disini kalau di implementasikan misalnya engine .70/4S tenaganya ~ engine .46/2S
2. engine glow ~ 2/3 gasoline atau, kalau diaplikasikan berarti engine gas 15cc secara volume equiv dengan engine glow .91cu akan tetapi secara tenaga sebetulnya si engine 15cc ~ dengan engine glow .60cu
nah dengan rumus empiris no.2 berarti kalau pakai engine gas 15cc secara volume metriknya ~ dengan engine glow .60cu, akan tetapi mengingat bobot engine gas lebih berat banding engine glow maka ada kemungkinan tenaga sang engine gas 15cc pas2an dan tidak tertutup kemungkinan untuk take off agar throttle tidak dibuka terlalu besar membutuhkan runway yg relatif lebih panjang. disini sekali lagi yang saya maksudkan bukan tidak bisa digunakan loh ya, kalau mau lebih jreng pasang gas 20cc maka untuk takeoff dan loop tidak membutuhkan bukaan throttle yg terlalu besar
kira2 gitu deh pandangan saya sebagai pemula yang beru belajar membandingkan antara performance antara engine gas vs glow terkait dengan volume metriknya dengan tenaga yang bisa disemburkannya
saran lainnya mengingat cantiknya pesawat kayanya lebih manis entar untuk kerapihan cowl dan suaranya biar mendekati scale si pesawat dipasangkan dengan engine glow .90/4S ...... wuih pasti manis deh
mohon maaf apabila perkiraan dan saran saya ini salah karena beginilah saya sebagai pemula sangat mungkin salah ......
salam
Re: Piper Tomahawk 60 dari V-Mar......
Posted: 02 May 2012, 07:26
by wa2n
eyang suhu TOTO ngasih wejangan yang muaaantaf tenan.....

Re: Piper Tomahawk 60 dari V-Mar......
Posted: 02 May 2012, 07:50
by justinus
toto wrote:2. engine glow ~ 2/3 gasoline atau, kalau diaplikasikan berarti engine gas 15cc secara volume equiv dengan engine glow .91cu akan tetapi secara tenaga sebetulnya si engine 15cc ~ dengan engine glow .60cu
Seperti yang ditulis suhu Toto diatas, power engine glow tidak sama dengan engine gas pada volume yang sama. Jadi powernya tidak bisa dihitung seperti yang ditulis suhu Unding dibawah ini (dengan hanya menghitung volumenya).
unding wrote:RCGF 15 cc setara dgn 0.91 glow engine ( 15cc/2.54^3 = 0.915 cu in), jadi sangat memungkinkan.
Dengan cc yang sama, engine glow lebih powerfull dibanding engine gas.
Demikian juga engine glow 2st dan 4st tidak bisa hanya dihitung secara volumenya saja. Dengan volume yang sama, powernya berbeda.