Page 1 of 3

Efek pada motor rekomendasi 2s tapi pake 3s

Posted: 09 Jun 2012, 17:59
by Bodyguard
Permisi om2 dan suhu2 gareo smua....
Sebelumnya mohon maaf kalo sudah pernah dibahas...
kalo pernah dibahas minta linknya...
kebetulan sy punya motor recomended batre 2s tapi berhubung sy hanya punya 3s, kira2 apa efek atau akibat yg diitmbulkan pada motor maupun powernya...

Terima kasih...
Salam
Bodyguard-GAC

Re: Efek pada motor rekomendasi 2s tapi pake 3s

Posted: 09 Jun 2012, 19:52
by farhanalfarisi
Panas Om , tapi Kalau ESCnya bsa nampung batre 3 sell ,kyknya ok ok saja .

Tapi ga tau ,suhu-suhu yang lain ada yang bsa bantu ...

Re: Efek pada motor rekomendasi 2s tapi pake 3s

Posted: 09 Jun 2012, 20:02
by AgoesAurelz
lebih kenceng, dan lebih panas...
hati-hati om.. musti lihat specnya dulu... kalo ga pas bisa-bisa motor gosong, atau esc meledux, atau battery panas dan bunting... antara ketiga itu pasti terjadi...

Re: Efek pada motor rekomendasi 2s tapi pake 3s

Posted: 09 Jun 2012, 20:23
by Bodyguard
AgoesAurelz wrote:lebih kenceng, dan lebih panas...
hati-hati om.. musti lihat specnya dulu... kalo ga pas bisa-bisa motor gosong, atau esc meledux, atau battery panas dan bunting... antara ketiga itu pasti terjadi...


Om AA...ini lho linknya...
http://www.hobby-aeromodelling.com/inde ... ts_id=4862
sebelumnya makasih banyak atas infonya...

Re: Efek pada motor rekomendasi 2s tapi pake 3s

Posted: 09 Jun 2012, 20:25
by farhanalfarisi
itu kan "Max Current: 14.4A"
Berarti max 14,4 . Berarti Escnya yg sekitar itu om ,untuk berapa sellnya saya kurang tahu

Suhu gaero mungkin ada yg bsa bantu :ide

Re: Efek pada motor rekomendasi 2s tapi pake 3s

Posted: 09 Jun 2012, 20:33
by Bodyguard
farhanalfarisi wrote:itu kan "Max Current: 14.4A"
Berarti max 14,4 . Berarti Escnya yg sekitar itu om ,untuk berapa sellnya saya kurang tahu

Suhu gaero mungkin ada yg bsa bantu :ide


Nah itu dia om...sy juga bingung..
kalo stock ESC yang ada sich 25 Amp om....

Re: Efek pada motor rekomendasi 2s tapi pake 3s

Posted: 09 Jun 2012, 20:44
by farhanalfarisi
Bodyguard wrote:
farhanalfarisi wrote:itu kan "Max Current: 14.4A"
Berarti max 14,4 . Berarti Escnya yg sekitar itu om ,untuk berapa sellnya saya kurang tahu

Suhu gaero mungkin ada yg bsa bantu :ide


Nah itu dia om...sy juga bingung..
kalo stock ESC yang ada sich 25 Amp om....


ESC 25 A ,tapi kalau max Current si motor/arusnya 14,4 A apa ga berbahaya om ?

Suhu gaero mohon koreksinya

Re: Efek pada motor rekomendasi 2s tapi pake 3s

Posted: 09 Jun 2012, 21:08
by yoyonh
Sebaiknya jangan di paksain om.
spec nya memang hanya untuk 2s, sayang motornya bisa angus.

kalau tetep maksa, saran saya proppelernya pakai ukuran lebih kecil karena RPM nya akan naik lebih tinggi dan jangan pasang full throttle ya.

Ya tapi kalau bisa nunggu battere 2s sebaiknya nunggu saja om.

Re: Efek pada motor rekomendasi 2s tapi pake 3s

Posted: 09 Jun 2012, 21:55
by iwan21
Boleh2 aja motor ini pake lipo 3s, dg syarat arus maksimal tetep 14,4 Amp, yaitu dg cara menurunkan ukuran propeler, mungkin jadi 4x4 propelernya.
Nah disini memang diperlukan Wattmeter, karena itu sebaiknya dalam satu komunitas yg mainya elektrik, sebaiknya ada satu WAttmeter buat ngukur2 begini

Re: Efek pada motor rekomendasi 2s tapi pake 3s

Posted: 09 Jun 2012, 23:26
by Bodyguard
iwan21 wrote:Boleh2 aja motor ini pake lipo 3s, dg syarat arus maksimal tetep 14,4 Amp, yaitu dg cara menurunkan ukuran propeler, mungkin jadi 4x4 propelernya.
Nah disini memang diperlukan Wattmeter, karena itu sebaiknya dalam satu komunitas yg mainya elektrik, sebaiknya ada satu WAttmeter buat ngukur2 begini


Naaah...ini dia om suhu yg saya tunggu muncul ke permukaan....
berawal dari 1 pertanyaan, muncul pertanyaan lain lagi dibenak sy...karena jujur aja masalah hitung2an yg ini yg belum sy ngerti sampe sekarang...
1. Dengan diboleh2kannya batre 3s dipasangkan dengan motor ini dengan syarat menurunkan ukuran prop menjadi 4x4, kira2 gimana cara ngitungnya..???paling gak ada rumus yg bisa dijadikan acuan tuk ngitung spy mau gak mau harus pake prop 4x4.
2. Dengan arus maksimal yg ditentukan 14,4 Amp, maka ESC yang harus sy gunakan minimal berapa Amp...?
3. Berhubung sy gak ngerti cara pake Wattmeter dan ketika diperhadapkan dengan masalah seperti hitung2an diatas,maka mau gak mau sy harus punya wattmeter...namun bagaimana cara sy untuk bisa pake alat ini...???

Terima kasih om suhu iwan atas perkenannya menjelaskan kepada sy jawaban atas pertanyaan baru yg timbul... :thx :thx