Page 1 of 2
bentuk Flap yang tepat
Posted: 01 Jul 2012, 15:17
by wibawana
buat rem udara pas mendarat.. biar pesawat bisa pelan sudut paling bagus berapa derajat ya?? biar tidak kelebihan.. nanti malah berabe

Re: bentuk Flap yang tepat
Posted: 01 Jul 2012, 17:51
by topankaltim
wibawana wrote:buat rem udara pas mendarat.. biar pesawat bisa pelan sudut paling bagus berapa derajat ya?? biar tidak kelebihan.. nanti malah berabe

Aduh Bli...itu kacamata bisa kena semprit loh sama Om Admin....

sekiranya ada foto yang lebih ganteng dengan tanpa kacamata hitam lebih afdol kayaknya sesuai anjuran Admin Gaero.
salam
Re: bentuk Flap yang tepat
Posted: 01 Jul 2012, 19:44
by christoffel
rem udara = air brake, bukan flap.
kalau air brake, sebaiknya sebesar/ se-frontal mungkin (90 derajat ke arah atas).
kalau flap paling optimal 30 derajat ke arah bawah (untuk nambah lift, bukan untuk brake). lebih dari itu drag nya jadi lebih dominan daripada lift nya.
tapi ini pertanyaan nya kan tentang brake, jadi saya juga bingung jawab nya.
Re: bentuk Flap yang tepat
Posted: 02 Jul 2012, 15:23
by wibawana
topankaltim wrote:wibawana wrote:buat rem udara pas mendarat.. biar pesawat bisa pelan sudut paling bagus berapa derajat ya?? biar tidak kelebihan.. nanti malah berabe

Aduh Bli...itu kacamata bisa kena semprit loh sama Om Admin....

sekiranya ada foto yang lebih ganteng dengan tanpa kacamata hitam lebih afdol kayaknya sesuai anjuran Admin Gaero.
salam
waduh... maaf saya gak tau.

itu saya pake kama mata silinder tapi bentuk nya gitu

.. wah iya deh makasi buat infonya bos... ekarang juga saya akan ganti saya ganti dengan foto terganteng saya

.
Re: bentuk Flap yang tepat
Posted: 02 Jul 2012, 19:30
by wibawana
avatar tergantikan..

terimakasih om admin

Re: bentuk Flap yang tepat
Posted: 02 Jul 2012, 19:31
by wibawana
christoffel wrote:rem udara = air brake, bukan flap.
kalau air brake, sebaiknya sebesar/ se-frontal mungkin (90 derajat ke arah atas).
kalau flap paling optimal 30 derajat ke arah bawah (untuk nambah lift, bukan untuk brake). lebih dari itu drag nya jadi lebih dominan daripada lift nya.
tapi ini pertanyaan nya kan tentang brake, jadi saya juga bingung jawab nya.
terus flap itu bukan buat rem udara ya om???

saya kira berfungsi sebagai penghambat biar pesawat lebih pelan
](./images/smilies/eusa_wall.gif)
Re: bentuk Flap yang tepat
Posted: 02 Jul 2012, 19:57
by candratriadnyana
christoffel wrote:rem udara = air brake, bukan flap.
kalau air brake, sebaiknya sebesar/ se-frontal mungkin (90 derajat ke arah atas).
kalau flap paling optimal 30 derajat ke arah bawah (untuk nambah lift, bukan untuk brake). lebih dari itu drag nya jadi lebih dominan daripada lift nya.
tapi ini pertanyaan nya kan tentang brake, jadi saya juga bingung jawab nya.
nah ini menarik, kalau diaplikasikan di f22 raptor kebetulan saya pake elevon mixing jadi pada sayap kan masih ngaanggur jadi sebaiknya kalo pasang remnya pada sayap dengan 90derajat keatas apa 9o keatas dan sebagian lg kebawah
Re: bentuk Flap yang tepat
Posted: 03 Jul 2012, 00:30
by wibawana
waduh... salah pengertian saya....

kalau saya ambil contoh pesawat high wing trainer, rem udaranya pake apa nih??? ternyata flap gunanya buat nambah lift nya
Re: bentuk Flap yang tepat
Posted: 03 Jul 2012, 17:37
by opikandy
Apabila om pake tx digital
1. Om bisa mengaktifkan menu Flaptrim (mohon koreksi apabila salah)
2. Dengan cara servo aileron sblh kiri om sambungkan ke ch1
Servo aileron sblh kanan om sambungkan ke ch6
apabila kita gerakkan aileron arah servo antara kanan dan kiri harus berlawanan
apabila masih searah bisa kita koreksi pada menu reserve
3. Setelah itu om aktifkan menu airbrake
Seting berapa besaran sudut pada aileron tsb waktu airbrake diaktifkan
Klo menggunakan airbrake jangan sampe pesawat kelewat pelan
Hal tersebut bisa mengakibatkan pesawat menjadi stall
saya menggunakan airbrake dikala pesawat terlalu kencang waktu mendarat
setelah itu saya nonaktifkan apabila speed saya rasa sudah cukup untuk landing
Airbrake kembali saya aktifkan ketika pesawat sudah landing dan landing gear sudah menyentuh runway
gunanya dapat memperlambat pesawat apabila runway tidak terlalu panjang
Demikian semoga dapat membantu
Salam
Re: bentuk Flap yang tepat
Posted: 25 Jul 2012, 20:39
by wibawana
christoffel wrote:rem udara = air brake, bukan flap.
kalau air brake, sebaiknya sebesar/ se-frontal mungkin (90 derajat ke arah atas).
kalau flap paling optimal 30 derajat ke arah bawah (untuk nambah lift, bukan untuk brake). lebih dari itu drag nya jadi lebih dominan daripada lift nya.
tapi ini pertanyaan nya kan tentang brake, jadi saya juga bingung jawab nya.
ada contoh gambar ai brake gak ya? biar lebih gampang...maklum saya sedikit oot..